Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gerhana matahari pertama tahun 2021 akan menunjukkan ‘cincin api’ di langit

Gerhana matahari cincin pada tahun 2011.

NASA

Pada pagi hari tanggal 10 Juni, bulan baru yang gelap akan meluncur di depan matahari, menghasilkan gerhana matahari parsial yang akan terlihat dari sebagian besar Amerika Utara dan Eropa. Beberapa pengamat langit yang sangat beruntung di bagian sempit Kanada dan Siberia akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan bagian paling dramatis dari pertunjukan, yaitu Efek “Cincin Api” Itu berasal dari bulan yang menutupi semua tepi matahari.

Nama ilmiah untuk ini adalah gerhana matahari cincin, yang sedikit berbeda dari gerhana matahari total – ketika bulan berada pada jarak yang tepat dari Bumi untuk menutupi matahari sepenuhnya. Letakkan gerhana matahari total di A Pertunjukan Besar di Amerika Utara 2017, kita akan mendapatkannya Satu lagi di tahun 2024.

Jalur fenomena yang mirip dengan mata Sauron disebut jalur annular, dalam hal ini melewati beberapa daerah terpencil dan tak berpenghuni, termasuk Kanada utara, Greenland, dan Arktik Fricken. Tambahkan pembatasan perjalanan COVID di atas segalanya, dan cincin api yang sebenarnya kemungkinan akan dilihat oleh sangat sedikit orang.

Taruhan terbaik Anda saat ini mungkin dengan menjatuhkan beberapa koin atau mencoba mendapatkan apa yang Anda inginkan Penerbangan charter Sky and Telescope Magazine dari Minnesota Untuk menyaksikan gerhana dari udara.

Kabar baik bagi jutaan orang lainnya adalah bahwa gerhana sebagian akan tetap terlihat untuk jangka waktu tertentu dari bagian utara dan timur Amerika Utara dan Amerika Utara. Sebagian besar Eropa. Animasi di bawah ini dari NASA memberikan perkiraan kasar yang baik tentang apa yang akan terlihat dari kapan dan di mana. Bayangan besar di atas globe menunjukkan sisi siang dari sisi malam, sedangkan bayangan sekunder yang lebih terang adalah di mana dan kapan gerhana parsial akan terlihat. Jalur annular diwakili oleh area merah kecil.

Jalur gerhana matahari cincin pada 10 Juni.

NASA

Aspek langka lainnya dari gerhana ini adalah akan terjadi menjelang matahari terbit di banyak lokasi. Ini berarti bahwa dengan cakrawala datar yang lembut di timur, seperti di tepi laut, matahari mungkin terlihat seperti memiliki tanduk saat terbit daripada piringan lengkungnya yang biasa.

“Tempat yang bagus untuk menyaksikan fenomena ini adalah di sekitar Thunder Bay, Sault Ste Marie, Toronto, Philadelphia, New York City dan Atlantic City,” Michael Zeller menjelaskan Dari GreatAmericanEclipse.com. “Tempat lain akan melihat matahari terbit muncul sebagai sirip hiu, seperti Ottawa, Montreal dan Boston.”

ase2021-sunrisefigures

Tempat menonton di Amerika Utara.

Michael Zeller, GreatAmericanEclipse.com

Ingat, jangan pernah melihat langsung ke matahari tanpa pelindung mata yang tepat, bahkan (terutama) saat gerhana. Itu masih bola api di sana.

American Astronomical Society memiliki ini panduan terpercaya Saksikan gerhana matahari dengan aman menggunakan filter, viewer atau lama Metode jatuhkan lubang jarum.

Bagi sebagian besar dari kita yang tidak berhasil mencapai Ring of Fire kali ini, buatlah rencana untuk pergi ke AS bagian barat pada 14 Oktober 2023, saat Ring of Fire akan muncul kembali.

Mengikuti CNET. Kalender Luar Angkasa 2021 Untuk mengikuti berita luar angkasa terbaru tahun ini. Anda bahkan dapat menambahkannya ke Kalender Google Anda.

READ  Rumah sakit Los Angeles County mengatakan setiap pasien dengan COVID belum sepenuhnya divaksinasi