Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gubernur New York Andrew Cuomo ‘melecehkan banyak wanita’: Jaksa Agung

Penyelidikan mengatakan Andrew Cuomo “melecehkan secara seksual saat ini dan mantan karyawan Negara Bagian New York”.

New York, Amerika Serikat:

Jaksa Agung negara bagian, Letitia James, mengatakan Selasa bahwa Gubernur New York Andrew Cuomo “melecehkan banyak wanita secara seksual,” termasuk karyawan wanita.

“Penyelidikan independen telah menyimpulkan bahwa Gubernur Andrew Cuomo melakukan pelecehan seksual terhadap banyak wanita yang melanggar hukum federal dan negara bagian,” kata James dalam konferensi pers.

Dia mengatakan penyelidikan menemukan Cuomo “dilecehkan secara seksual saat ini dan mantan karyawan Negara Bagian New York dengan terlibat dalam sentuhan yang tidak diinginkan, tidak konsensual dan membuat banyak komentar yang bersifat sugestif secara seksual yang menciptakan lingkungan kerja yang misoginis.”

Dia mengatakan penyelidikan juga menemukan Cuomo dan tim seniornya mengambil tindakan pembalasan terhadap setidaknya satu mantan karyawan karena memajukan ceritanya.

James mengatakan bahwa bukti yang ditemukan selama penyelidikan akan dipublikasikan, bersama dengan laporannya.

Setidaknya delapan wanita – mantan atau pembantu saat ini – maju untuk mengecam apa yang mereka katakan sebagai kata-kata dan gerakan yang tidak pantas dari Cuomo, yang mendapat pujian nasional atas penanganannya terhadap krisis Covid-19 di New York pada awal pandemi.

Seorang mantan karyawan mengatakan dia meletakkan tangannya di bawah kemejanya tahun lalu.

Cuomo membantah terlibat dalam pelecehan seksual dan menolak seruan untuk mengundurkan diri yang bahkan datang dari sesama Demokrat New York di Kongres AS.

Pada bulan Maret, Presiden Joe Biden mengatakan bahwa jika tuduhan terhadap Cuomo terbukti, dia harus mengundurkan diri.