SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gunakan Bahasa Sesuai PUEBI

  • Reporter:
  • Kamis, 14 November 2019 | 10:32
  • Dibaca : 73 kali
Gunakan Bahasa Sesuai PUEBI
Rombongan mahasiswa NUS berkunjung ke Kantor KORAN SINDO BATAM untuk studi banding belajar bahasa Indonesia, Selasa (25/9). DOK SINDO BATAM

KEPRI – Kantor Bahasa Kepri mengajak seluruh elemen masyarakat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Bahasa Indonesia merupakan identitas bangsa yang harus terus dilestarikan.

Kepala Kantor Bahasa Kepri Zuryetti Muzar mengatakan, penyuluhan Bahasa Indonesia merupakan salah satu program pengendalian dan pengawasan pihaknya. Karena itu, Kantor Bahasa mengundang jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik, bagian kehumasan dan kominfo mengikuti penyuluhan Bahasa Indonesia.

“Kegiatan yang ini diharapkan bisa menguatkan penggunaan Bahasa Indonesia secara benar dalam jurnalistik,” kata Zuryetti di Hotel Harmoni One, Rabu (13/11).

Penguatan bahasa Indonesia sendiri sudah diatur dalam Undang-undang 24/2009 dan dikuatkan oleh Perpres 63/2019 agar melakukan pengawasan penggunaan Bahasa Indonesia. Itu sebabnya, Zuryetti mengingatkan pentingnya dalam penggunaan Bahasa Indonesia.

Secara rinci, disebutkan oleh Zuryetti, ada tiga ruang pengawasan yang dilakukan oleh Kantor Bahasa Kepri sebagai unit pelaksana teknis, yakni bahasa pada badan publik, bahasa pada ruang-ruang publik dan bahasa pada media massa.

“Media mempunyai peranan penting, karena langsung dibaca oleh masyarakat,” katanya.

Di kesempatan itu, Kapala Dinas Kominfo Batam, Salim mengatakan, bahwa media memiliki peran strategis karena bisa menentukan menentukan majunya suatu bangsa, dan bisa juga menghancurkan suatu bangsa.

“Media dituntut menggunaan Bahasa Indonesia secara benar dan arif, karena jurnalis memiliki peran strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Salim

Kegiatan penyuluhan ini akan berlangsung tiga hari, dengan menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidangnya. Tak hanya internal Kantor Bahasa sendiri, tapi juga menghadirkan wartawan senior Majalah Tempo.

Kantor Bahasa Kepulauan Riau adalah unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang kebahasaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com