Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hadiah Nobel Kedokteran 2023 dibagikan antara Katalin Carrico dan Drew Weissman

Hadiah Nobel Kedokteran 2023 dibagikan antara Katalin Carrico dan Drew Weissman

Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran tahun 2023 dianugerahkan bersama kepada Katalin Carrico dan Drew Weissman atas penemuan mereka terkait modifikasi basa nukleosida yang memungkinkan pengembangan vaksin mRNA yang efektif melawan COVID-19.

Thomas Perlman, Sekretaris Komite Medis, menyerahkan penghargaan tersebut.

Komite Nobel mengatakan temuan Weissman dan Carrico “secara mendasar mengubah pemahaman kita tentang bagaimana mRNA berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh kita.”

“Mereka telah berkontribusi terhadap laju pengembangan vaksin yang belum pernah terjadi sebelumnya selama salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia di zaman modern. Vaksin telah menyelamatkan nyawa jutaan orang dan mencegah penyakit serius pada lebih banyak orang,” kata Komite Nobel.

Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran adalah salah satu penghargaan paling bergengsi. Didirikan atas kehendak Alfred Nobel, ilmuwan Swedia yang menemukan dinamit, untuk menghormati orang-orang yang telah memberikan kontribusi luar biasa pada bidang ilmu kedokteran.

Baca juga | Buzz Hadiah Nobel: Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang penghargaan yang didambakan ini

Hadiah Nobel pertama dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran dianugerahkan pada tahun 1901 kepada Emil von Behring atas karya perintisnya dalam pengobatan difteri dalam darah. Karya Bering meletakkan dasar bagi pengembangan vaksin dan imunoterapi.

Frederick Banting, yang terkenal dengan penemuan insulinnya, menjadi penerima Hadiah Nobel Kedokteran termuda, menerima penghargaan tersebut pada usia 32 tahun. Karya pionirnya dalam manajemen diabetes telah membantu meningkatkan kehidupan jutaan pasien. Orang yang pernah menderita penyakit autoimun ini.

Svante Pääbo dianugerahi Hadiah Nobel Kedokteran 2022 atas penemuannya terkait genom hominin yang punah dan evolusi manusia.

Video teratas

  • Pertemuan UE di Kiev, drone Bayraktar Akinci untuk Ukraina, perselisihan konyol Musk, dan Rusia memprediksi masa depan perang

    READ  Siapakah Khadijah Syah? Ia diduga sebagai tersangka penyerangan rumah Jinnah
  • Apakah Jerman setia kepada Rusia? Perdana Menteri Polandia meninjau sekilas Berlin sebelum pemilu Perang Rusia-Ukraina

  • Apakah Shultz menunggu AS memenuhi janji ATACMS sebelum mengirim rudal Taurus ke Ukraina dan Jerman?

  • Turki mengebom sasaran Kurdi di Irak ketika PKK mengklaim menyerang Ankara, apakah masuknya Swedia ke NATO akan terkena dampaknya?

  • Apakah Putin menguji pertahanan udara Ukraina? Rusia meluncurkan serangan balik robot, dan peretas menargetkan bangsawan Inggris

  • Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran adalah salah satu dari enam Hadiah Nobel yang ditetapkan berdasarkan wasiat Alfred Nobel. Hadiah Nobel Fisika dijadwalkan akan diberikan pada hari Selasa, Hadiah Nobel Kimia pada hari Rabu, dan Hadiah Nobel Sastra pada hari Kamis, diikuti oleh Hadiah Nobel Perdamaian pada hari Jumat, dan Hadiah Nobel Ekonomi pada hari Senin.

    Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran diberikan setiap tahun kepada individu dan tim yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam bidang kedokteran dengan membuat penemuan-penemuan inovatif, perawatan inovatif, atau dengan mengungkapkan wawasan yang sebelumnya tidak diketahui tentang cara kerja tubuh manusia.

    Shankianil SarkarShankianil Sarkar adalah editor senior di News18, yang meliput isu-isu internasional…Baca selengkapnya

    Lokasi: Stockholm, Swedia

    Pertama kali diterbitkan: 02 Okt 2023 pukul 15.18 IST