Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hakim AS tetap skeptis tentang perbandingan Bayer dengan glifosat

Bayer

Tampilan logo di pabrik Bayer. Foto: Hendrik Schmidt / dpa-Zentralbild / dpa / arsip gambar

Sumber: dpa-infocom GmbH

sKepada Francisco (dpa) – Bayer tetap berada di bawah tekanan dalam proses AS atas risiko kanker karena pembunuh gulma yang mengandung glifosat menjelang sidang pengadilan besar. Bahkan sebelum penunjukan pada hari Rabu, Hakim Vince Chhabria menjelaskan keraguannya tentang rancangan penyelesaian untuk menangani tuntutan hukum glifosat di masa depan di Amerika Serikat. Kompromi tersebut adalah bagian dari kesepakatan dengan penggugat yang akan merugikan Bayer lebih dari $ 11 miliar secara total, tetapi pada akhirnya menarik garis di bawah bencana hukum glifosat.

Solusi ini sudah disepakati pada Juni tahun lalu. Tapi Shabria harus setuju dan mempertanyakan legalitas keterlibatan yang direncanakan dengan tuntutan hukum di masa depan. Para pihak yang bersengketa harus meninjau bagian penting dari teka-teki ini dari Great Settlement Pack dan menyerahkannya kembali kepada hakim untuk disetujui. Pada sidang tersebut, kerangka kerja yang lebih besar untuk kesepakatan baru antara Bayer dan penggugat sekarang akan ditentukan. Chhabria telah menggambarkan perjanjian itu terlalu rumit.

Grup farmasi dan agrokimia yang berbasis di Leverkusen mengambil alih sengketa hukum atas glifosat dengan memperoleh $ 1 miliar untuk raksasa benih AS Monsanto pada tahun 2018. Bayer berharap bahwa Chhabria akan segera memberikan lampu hijau untuk penyelesaian tersebut sehingga situs konstruksi legal untuk glifosat di Amerika Serikat bisa ditutup. Banyak persidangan nasional dikumpulkan di Pengadilan Hakim Federal di San Francisco. Inilah mengapa keputusan tersebut memiliki implikasi yang besar.

Tetapi dokumen pengadilan yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan bahwa Chhabria sangat kritis terhadap solusi baru tersebut. Hakim juga meragukan apakah kesepakatan itu untuk kepentingan penggugat. Rencana Bayer untuk membentuk komite ilmiah independen untuk menangani tuntutan hukum glifosat di masa depan masih menimbulkan kecurigaan hakim. Chhabria sekali lagi mengajukan pertanyaan mengapa ini harus menjadi kepentingan terbaik para penggugat. Semua proses glifosat sebelumnya di Amerika Serikat – tanpa objek semacam itu – menguntungkan mereka.

Agar Bayer pada akhirnya mengakhiri masalah hukum yang diambil alih dari Monsanto di AS, Chhabria pertama-tama harus memberikan persetujuan awal atas penyelesaian tersebut sebagai langkah pertama. Tetapi bahkan jika hakim mendengar argumen yang meyakinkan pada hari Rabu, itu masih membutuhkan kesabaran. Karena melihat situasi yang kompleks, detail solusi tidak boleh dibahas sama sekali saat ini. Chhabria telah mengumumkan bahwa dia merencanakan sidang ulang untuk membahas “banyak masalah kecil”.

© dpa-infocom, dpa: 210519-99-654496 / 2

READ  Vaksinasi tanpa registrasi di Bydgoszcz. Antrean panjang pelamar [zdjęcia]