Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hamas menerbitkan video tiga sandera, dan Netanyahu mengatakan “propaganda kejam”

Hamas menerbitkan video tiga sandera, dan Netanyahu mengatakan “propaganda kejam”

Israel mengatakan sedikitnya 239 orang diculik dalam penggerebekan yang dimulai pada 7 Oktober

Yerusalem:

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) pada hari Senin merilis sebuah video yang menunjukkan tiga dari lebih dari 230 orang yang menurut Israel ditahan oleh gerakan Palestina dalam penggerebekan luas pada tanggal 7 Oktober yang menyebabkan perang habis-habisan di Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam gambar menyedihkan dari ketiga wanita tersebut sebagai “propaganda psikologis yang kejam” dan berjanji untuk “melakukan segala daya untuk mengembalikan semua orang yang diculik dan hilang ke tanah air mereka.”

Dalam sebuah pernyataan, Netanyahu menyebutkan nama para sandera tersebut adalah Yelena Trupanov, Daniel Aloni, dan Raymond Kirscht, yang dalam video berdurasi 76 detik yang disiarkan oleh Hamas disebut sebagai “tahanan Zionis yang mengirimkan pesan kepada Netanyahu dan pemerintahannya.”

Perdana Menteri Israel, yang menghadapi tekanan domestik yang meningkat atas krisis penyanderaan, mengatakan: “Saya memeluk Anda. Hati kami bersama Anda dan semua orang yang diculik.”

Video kedua yang diterbitkan oleh Hamas sejak 7 Oktober, yang diduga menunjukkan para sandera berbicara dari penangkaran di Gaza, bertepatan dengan meningkatnya serangan udara dan darat Israel di wilayah sempit Palestina.

Sebelumnya pada hari Senin, keluarga Shani Luke, seorang warga Jerman-Israel, mengatakan mereka telah menerima pemberitahuan tentang kematiannya setelah orang-orang bersenjata menculiknya di sebuah festival musik yang menewaskan sedikitnya 260 orang.

Ketiga wanita tersebut terlihat dalam video pada hari Senin duduk di kursi plastik di dinding ubin di lokasi yang dirahasiakan.

Salah satu dari mereka, berbicara dalam bahasa Ibrani, mendesak Netanyahu untuk menyetujui pertukaran tahanan dengan imbalan pembebasan seluruh tahanan.

– “Upaya yang luar biasa” –

READ  Joe Biden bertujuan untuk memulihkan hak aborsi dan menuntut Mahkamah Agung AS 'keluar dari kendali'

Dia membuat gerakan tangan yang bersemangat dan mulai berteriak, hampir berteriak di akhir kalimat.

Kedua wanita yang duduk di kedua sisinya tetap diam namun gelisah.

Israel mengatakan pejuang Hamas menculik 239 orang yang melintasi perbatasan pada 7 Oktober untuk melancarkan serangan mendadak terhadap komunitas kibbutz, kota-kota dan pangkalan militer, menewaskan 1.400 orang.

Sayap bersenjata Hamas mengatakan “hampir 50” dari mereka tewas dalam serangan Israel, yang menurut Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas, juga menewaskan lebih dari 8.300 orang di Gaza, lebih dari setengahnya adalah wanita dan anak-anak.

Para pejabat Israel mengatakan usia para sandera berkisar dari beberapa bulan hingga lebih dari 80 tahun.

Pihak berwenang yakin para sandera ditahan di jaringan terowongan raksasa yang dibangun oleh Hamas.

Empat perempuan, termasuk dua warga negara AS, dibebaskan setelah mediasi dari Qatar dan Mesir.

Yocheved Lifshitz, 85, yang dibebaskan pekan lalu, mengatakan dia dibawa melalui “jaring laba-laba” terowongan setelah diculik dan diangkut ke Gaza dengan mengendarai sepeda motor.

Beberapa foto dan video para sandera pada hari penggerebekan dibagikan di media sosial, yang membantu Israel mengidentifikasi mereka.

Hamas merilis video yang menunjukkan sandera Israel-Prancis Mia Shem pada 16 Oktober. Pemerintah Israel dan Perancis mengutuk gambar-gambar ini.

Netanyahu, yang pemerintahannya mengakui kegagalan keamanan sebelum serangan tersebut, bertemu dengan beberapa keluarga sandera pada hari Sabtu, dan Presiden Itzhak Herzog bertemu dengan yang lain pada hari Senin setelah kritik bahwa keluarga para sandera diabaikan.

Pemerintah kini menegaskan bahwa pemulangan para tahanan adalah prioritas utama.

“Ada upaya intelijen dan operasional besar-besaran yang belum pernah terjadi dalam sejarah, semuanya dilakukan untuk mendapatkan informasi apa pun,” kata utusan pemerintah untuk urusan penyanderaan, Gal Hirsch, kepada keluarga sandera pada pertemuan akhir pekan lalu, menurut para peserta.

READ  Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di New Hampshire, Nikki Haley bersumpah untuk terus berjuang

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)