Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Harga Bensin dan Co sedang naik: apakah supermarket juga akan mengikuti?


cologne –

Menurut Institut Ifo, semakin banyak perusahaan di Jerman yang ingin menaikkan harga. Ini paling jelas di grosir, tetapi banyak perusahaan juga merencanakan harga yang lebih tinggi di sektor ritel, industri, konstruksi dan jasa, ekonom di Institut Riset Ekonomi Munich mengumumkan Jumat.

  • Para ahli mengantisipasi kenaikan harga yang signifikan
  • Rewe, Aldi, Lidl and Co.: Harga juga diperkirakan akan naik secara eceran
  • Harga bensin, kayu, dan sejenisnya sedang naik, dan inflasi tidak pernah lebih tinggi untuk waktu yang lama

Ekonom IFO Klaus Wallrabe menyebutkan dua alasan: Di satu sisi, perusahaan menghadapi harga beli yang lebih tinggi di satu sisi pembelian, yang sekarang Anda teruskan. Minyak dan banyak bahan mentah lainnya menjadi jauh lebih mahal dalam beberapa bulan terakhir.

“Selain itu, ada beberapa efek catch-up karena pemotongan harga sebelumnya selama krisis virus corona,” kata Wallaby. “Kenaikan tajam dalam harga banyak bahan mentah pada akhirnya mempengaruhi seluruh perekonomian.”

Indikator yang sesuai untuk sarjana Ifo naik di seluruh papan; Secara grosir, pada 65 poin, sekarang jauh di atas rata-rata dalam lima tahun terakhir. Saldo ini terdiri dari persentase perusahaan yang berencana menaikkan atau menurunkan harga.

Harga minyak dan kayu sedang naik

Di banyak daerah, harga tinggi sudah bisa dirasakan. Misalnya di SPBU. Sejak awal tahun, harga BBM sudah naik signifikan di sini. Menurut Perusahaan Bandara Abu Dhabi, harga rata-rata bulanan satu liter solar naik dari 123,3 sen pada Januari menjadi 133,1 sen pada Mei, sedangkan harga satu liter Super E10 naik dari 135,1 sen menjadi 148,3 sen pada periode yang sama.

READ  Kusakovo akan membeli real estate di Bandara Gdynia

Kenaikan harga sangat tajam saat ini untuk kayu. lagi Ed Menurut laporan, 2,4 meter kubik kayu akan berharga $250 di Chicago Mercantile Exchange pada Mei 2020. Setahun kemudian, itu adalah $1,500 – enam kali lebih tinggi.

Tingkat inflasi di Jerman pada level tertinggi dalam satu dekade

Selain itu, inflasi di Jerman meningkat lebih lanjut pada bulan Mei: harga konsumen naik sekitar 2,5 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, Kantor Statistik Federal di Wiesbaden mengumumkan pada hari Senin. Tingkat inflasi naik untuk bulan kelima berturut-turut dan naik ke level tertinggi sejak September 2011.

Kenaikan terakhir terjadi pada September 2008 sebesar 2,8 persen. Dibandingkan dengan Mei 2020, barang menjadi 3,1 persen lebih mahal, dan kenaikan biaya energi sangat kuat di 10 persen. (begitu juga dengan dpa)

READ  PKN Orlen membuka Blok R&D Center