SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Harga Tiket Mudik Melambung Tinggi

Harga Tiket Mudik Melambung Tinggi
ilustrasi Foto Arrazy Aditya.

BATAM – Harga tiket mudik untuk keberangkatan menjelang Lebaran melambung tinggi. Sejumlah tour and travel di Batam bahkan kebanjiran pemesanan tiket, meski Idul Fitri masih sebulan lagi.

====

Karyawan Balindo Tour and Travel, Desi mengungkapkan, harga tiket pesawat dari Batam ke sejumlah daerah tujuan naik hingga tiga kali lipat dari harga biasa. Tiket pesawat yang banyak dipesan pemudik Batam adalah untuk tujuan Medan, Jakarta, dan Surabaya.

“Sudah banyak yang booking tiket untuk lebaran. Biasa harganya berkisar Rp400 ribu dan kalau sudah dekat lebaran naiknya bisa jutaan atau hingga tiga kali lipat dari harga biasa,” katanya, Kamis (25/5).

Desi mencontohkan, tiket Batam-Medan dengan Lion Air yang biasa dijual Rp480 ribu, menjelang harganya mencapai Rp1.070.000. Sedangkan Batam-Jakarta yang biasa dijual Rp500 ribu, harganya naik menjadi Rp1.335.000. Untuk harga tiket Batam-Surabaya menjadi Rp2.010.000 dari sebelumnya Rp650 ribu.

“Dari pengalaman, paling banyak pesanan itu untuk tujuan Medan, kemudian Jakarta, baru Surabaya,” katanya.

Karyawan 123 CA Tour n Travel, Dedek juga mengungkapkan hal senada. Menurutnya, tiket pesawat mulai H-7 Lebaran sudah banyak dipesan dan hampir habis. Harganya pun melonjak, seperti Batam-Medan yang biasa Rp400 ribuan naik menjadi Rp900 ribuan dan Batam-Medan mencapai Rp2 jutaan.

“Tujuan Medan, Surabaya, Semarang, Jakarta sudah pada penuh,” ujarnya.

Karyawan Kurnia Travel, Dita menjelaskan, melambungnya harga tiket pesawat memang selalu terjadi saat hari besar dan libur panjang. Namun meski harganya melambung, tiket tetap saja habis terjual.

“Kalau hari biasa, harga normal justru banyak yang kosong. Tapi saat hari besar, mahal pun tetap dibeli,” katanya.

Karyawan Pelangi Tour and Travel, Leni juga mengakui melambungnya harga tiket pesawat untuk mudik Lebaran. Dari data online di masing-masing maskapai, kenaikan harga tiket kali ini sangat tinggi.

“Contohnya Batam-Padang harganya sudah Rp2 jutaan yang hari biasa hanya Rp400 ribuan,” katanya.

Meski di sistem penerbangan Batam-Padang masih tersedia, namun Leni tak bisa memastikan bisa bertahan lama. Sebab, seluruh travel di Batam sama-sama terkoneksi ke setiap maskapai penerbangan, sehingga tidak bisa dijamin masih ada tiket di H-7 Lebaran.

“Lihat saja di sini, Jogja sudah penuh, Semarang juga hampir penuh. Jadi masyarakat segeralah pesat tiket sekarang,” katanya.

Menurut Leni, apabila permintaan tinggi dan tiket sudah habis, biasanya pihak maskapai akan membuka penerbangan tambahan (ekstra flight). Namun dia tidak mengetahui secara persis kapan ekstra flight tersebut akan dibuka.

“Kalau maskapai open ekstra flight, pasti otomatis tiketnya juga open,” ungkapnya.

Risma, agen tiket Sekilak mengatakan, tiket pesawat dari Batam ke beberapa daerah tujuan sudah banyak yang habis mulai H-7 Lebaran. Daerah tujuan seperti Medan, Surabaya, dan Yogyakarta sudah tidak ada tiket lagi, tinggal menunggu open ekstra flight dari pihak maskapai.

“Mungkin jauh-jauh hari masyarakat sudah memesan tiket ke daerah tujuan tersebut,” katanya.

Maskapai Ajukan Ekstra Flight

Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam memprediksi jumlah penumpang arus mudik tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Tren kenaikan itu terlihat dari pengajuan ekstra flight sejumlah maskapai menjelang Ramadan. Biasanya, pengajuan ekstra flight baru muncul pada H-14 Lebaran.

“Maskapai yang sudah mengajukan ekstra flight adalah Citilink untuk empat rute, yakni Batam, Medan, Palembang, dan Pontianak.
Sementara maskapai lain seperti Garuda, Lion Air, dan Sriwijaya masih menunggu arahan dari kantor pusat mereka,” kata General Manager Hang Nadim, Suwarso.

Suwarso menjelaskan, arus mudik akan mulai terlihat pada H-14 Lebaran dan puncaknya diprediksi pada H-5 sampai H-1 Lebaran. Data Hang Nadim tahun lalu, angkutan Lebaran dari 24 Juni sampai 17 Juli 2016 mencapai 1.616 penerbangan dan 251.864 penumpang. Jumlah penumpang yang meninggalkan Batam rata-rata 8.000 per hari dan puncaknya hampir mencapai 12 ribu per hari.

“Untuk arus mudik tahun ini, kami perkirakan jumlah penumpang bisa menyentuh angka 12 ribu orang per hari,” tuturnya.

Tiket Feri Tak Naik
Sejumlah pengusaha jasa pelayaran berbenah menjelang musim mudik tahun ini. Seperti PT Lestari Indoma Bahari (Dumai Express Group) kini terus menambah fasilitas seperti tempat salat, juga gencar perawatan dan peremajaan armada.

Humas PT Lestari Indoma Bahari Asmadi mengatakan, Dumai Express Group menyiapkan 11 armada Dumai Express dan empat armada Dumai Line. “Kita rencana tambah satu yang berbahan aluminium. Kita sedang pesan, mudah mudahan terkejar penambahan di saat mudik,” kata Asmadi.

Dumai Express Group berupaya semaksimal mungkin untuk membuat penumpang nyaman dan juga merasa aman selama mudik bersama Dumai Expres Group nantinya.

“Fasilitas musalah (tempat salat) juga sudah kita benahi, jadi masyarakat khusus Muslim bisa tetap beribadah di perjalanan,” kata dia.

Untuk harga tiket, tahun ini pihaknya berkomitemen tak akan menaikkan harga. Untuk perjalanan Batam-Dumai pihaknya memasang tarif Rp350 ribu. Bahkan harga ini terendah saat musim Lebaran. Menurut dia, dua tahun terakhir tiket Batam-Dumai mencapai Rp450 ribu kemudian turun Rp370 ribu dan diberi diskon menjadi Rp350 ribu.

“Jadi di musim Lebaran tujuan Dumai tetap Rp350 ribu,” ujarnya.

Pertimbangannya, jelas Asmadi saat ini kondisi ekonomi masyarakat sedang rendah sehingga pihaknya tetap akan melayani maksimal meskipun tanpa naiknya harga tiket saat mudik nanti. Untuk rute yang dilayani yakni Batam-Karimun-Selatpanjang-Buton-Bengkalis-Dumai
“Harga sekarang sudah kita diskon, semoga tidak ada pencabutan diskon karena kondisi masyarakat sulit, ekonomi lesu,” katanya. fadhil

Tingkatkan Fasilitas Bandara
Mengantisipasi kenaikan arus penumpang, Bandara Internasional Hang Nadim Batam akan meningkatkan pelayanan dan fasilitas. Jumlah petugas Avsec juga akan diperbanyak.

General Manager Hang Nadim, Suwarso mengatakan, sejumlah perbaikan dan penambahan fasilitas sudah dilakukan. Di antaranya perluasan apron 240 x 150 meter, perbaikan toilet, mushala, penambahan eskalator kedatangan, dan perluasan ruang tunggu pada terminal keberangkatan.

“Semua sudah dipersiapkan dengan baik menghadapi musim mudik. Sehingga pelayanan mudik tahun ini akan lebih baik lagi,” katanya.

Selain itu, lanjut Suwarso, juga ada penambahan 46 petugas keselamatan penerbangan (Avsec) yang baru direkrut dan akan menjadi pegawai Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim.

“Untuk saat ini yang 21 orang sudah aktif bekerja dan yang 25 orang lainnya akan segera bertugas. Jadi dari sisi keamanan juga ditingkatkan,” katanya.

Suwarso menjelaskan, mulai 10 hari menjelang Idul Fitri juga akan dibangun tiga posko keamanan, layanan, dan kesehatan di Bandara Hang Nadim. “Seperti biasa akan dibangun posko gabungan. Agar saat terjadi lonjakan semua bisa dilayani dengan baik serta tidak ada gangguan keamanan,” katanya.

Dishub Petakan Arus Mudik
Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri memprediksi jumlah pengguna transportasi laut pada musim mudik Lebaran 2017 meningkat 3,17 persen dibanding tahun sebelumnya. Jumlah penumpang kapal laut tahun ini diperkirakan mencapai 210.0744 orang atau bertambah 204.269 orang dari musim Lebaran 2016.

“Memang saat ini kondisi ekonomi sedang lesu, tapi tahu sendiri, mudik Lebaran sudah seperti perjalanan religius bagi orang Indonesia. Walau tiket mahal dan berdesakan, tetap saja mau pulang kampung,” katanya.

Menurut Yusfa, Pemko Batam sudah memetakan arus pemudik tahun ini, sekaligus perusahaan pelayaran yang akan melayani di setiap pelabuhan. Pelabuhan Penyeberangan Telaga Punggur dilayani dua perusahaan pelayaran nasional yaitu ASDP Telaga Punggur dan Jembatan Nusantara dengan total enam unit armada dan kapasitas angkut sampai 307 penumpang dan 110 unit mobil atau 320 unit motor. Pelabuhan itu melayani trayek Tanjungubang setiap hari, Menangkapan/Buton tiap Rabu dan Minggu, serta Dabo Singkep tiap Sabtu.

Kemudian pelayaran nasional Pelabuhan Domestik Telaga Punggur melayani pelayaran ke Tanjungpinang dan Dabo oleh dua perusahaan, PT Baruna Jaya dan PT Marinatama GMN dengan total armada 29 unit yang berkapasitas total 4.118 kursi.

Pelayaran Rakyat Pelabuhan Domestik Telaga Punggur dilayani lima perusahaan yaitu PT Flora Perkasa dengan sembilan unit kapal berkapasitas 471 kursi, PT Anugrah J Candra dengan empat unit kapal berkapasitas 193 kursi.

Kemudian PT Cahaya Mulya dengan enam unit kapal berkapasitas 287 kursi, PT Putra Abadi dengan tiga unit kapal berkapasitas 116 kursi dan PT Batam Putra Tempatan dengan satu unit kapal berkapasitas 60 kursi.

Terminal Domestik Sekupang dilayani oleh empat perusahaan nasional yaitu PT Lestari Indoma Bahari dengan 12 unit kapal berkapasitas 3.300 kursi, PT Batam Bahari Sejahtera dengan lima unit kapal berkapasitas 1.203 kursi. Lalu PT Marinatama Gemanusa dengan delapan unit kapal berkapasitas 1.193 kursi dan PT Mikonatalia dengan enam unit kapal berkapasitas 1.239 kursi.

“Pelayaran nasional yang dilayani di pelabuhan ini yaitu tujuan Tanjungbalai Karimun, Tanjungpinang, Tanjungbatu, Sei Guntung, Moro, Pulau Buru, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Kuala Tungkal dan Buton,” kata Yusfa.

Sedangkan pelayaran rakyat di Pelabuhan Domestik Sekupang dilayani tujuh perusahaan, yaitu PT Budiman Indah dengan 10 unit kapal berkapasitas 835 kursi, PT Ayodhia Bahari dengan empat unit kapal berkapasitas 310 kursi, PT Prima Rahmat Abadi dengan enam unit kapal berkapasitas 540 kursi.

Serta PT Awang Pass dengan satu unit kapal berkapasitas 80 kursi, PT Seatech Win dengan tiga unit kapal berkapasitas 238 kursi, PT Tri Mitra Batam dengan dua unit kapal berkapasitas 118 kursi, dan PT Batam Lestari Bahari dengan tiga unit kapal berkapasitas 214 kursi.

Pelabuhan Rakyat Domestik Sekupang melayani pelayaran tujuan Tanjungbatu, Sei Guntungm Moro, Pulau Burum Kijang, Kuala Tungkal, tembilahan dan Muara Sabak.

muhammad ilham/dicky sigit rakasiwi/tengku bayu/fadhil/ant

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com