SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

HASIL RAPID TES DI KEPRI: 8 Orang Positif Covid-19, 6 di Tanjungpinang dan 2 di Batam

  • Reporter:
  • Minggu, 29 Maret 2020 | 15:53
  • Dibaca : 6401 kali
HASIL RAPID TES DI KEPRI: 8 Orang Positif Covid-19, 6 di Tanjungpinang dan 2 di Batam
Ilustrasi.

TANJUNGPINANG – Provinsi Kepri mengumumkan delapan orang positif korona atau Covid-19 berdasarkan hasil rapid tes. Enam orang di Tanjungpinang dan dua orang di Batam. Rapid tes dilakukan sejak Jumat (27/3).

Angka ini mungkin masih akan bertambah karena masih menunggu data dari Karimun. Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan penambahan 6 orang positif Covid-19 di Tanjungpinang masih berhubungan dengan kunjungan ke Malaysia dalam rangka mengikuti kegiatan keagamaan.

Tjetjep mengatakan 5 orang dari 6 orang positf covid 19 ini tidak diisolasi di RSUP karena kondisinya sehat. Kelima orang ini dirawat di rumah singgah di belakang RSUP Kepri.

“5 orang ini kondisi sehat, tapi positif berdasarkan rapid test. Mereka akan dikawal Satpol PP dan aparat kepolisian. Tidak boleh dijenguk,” kata Tjetjep, Minggu (29/3).

Tjetjep mengatakan saat ini Kepri sudah menggunakan dua metode tes untuk menganalisis Covid-19 di Kepri. Metode pertama yaitu menggunakan metode swab dan yang kedua metode rapid test. Sehingga nanti akan ada dua laporan positif yang dilaporkan yaitu menggunakan swab dan rapid test.

Jika angka positif di Kepri bertambah jumlahnya dalam volume besar, warga Kepri diharapkan tidak terlalu takut tapi tetap waspada.

Kepri sudah mulai melakukan rapid test sejak Jumat (27/3) di Batam, Karimun dan Tanjungpinang. Kepri mendapat bantuan 3.600 rapid test dari pusat dan sudah disebarkan ke kabupaten kota sebanyak 1.500.

“Rapid test ini menggunakan sampel darah. Hasilnya bisa diperoleh dalam waktu 10 menit,” kata Tjetjep.

Tjetjep mengatakan biasanya hasil dari rapid test dan swab hasilnya tidak beda. Meskipun demikian semua pasien yang sudah dinyatakan positif lewat rapid test akan tetap dilakukan metode swab.

“Rapid test ini sangat bagus. Karena kita bisa lakukan isolasi dulu menunggu hasil swab. Sekarang metode swab hasil laboratorium lama,” kata Tjetjep.

Untuk itu warga Kepri diimbau untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan dan dihimbau jangan keluar rumah kalau tidak mendesak. rinto situmorang

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com