Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Helikopter Mars tidak bersuara selama enam sol, membahayakan penjelajah Perseverance • The Register

Helikopter Mars tidak bersuara selama enam sol, membahayakan penjelajah Perseverance • The Register

NASA mengungkapkan periode enam hari di mana ia tidak dapat berkomunikasi dengan helikopter Ingenuity Mars.

dalam waktu yang lama suratTravis Browne, chief engineer, menjelaskan bahwa setelah penerbangan ke-49 helikopter, kontak radio hilang selama enam sol – tepat di bawah enam hari dan enam jam waktu Bumi.

Pada awalnya, Mars Arcs NASA tidak terlalu peduli. Penjelajah Ketekunan bergerak di belakang singkapan berbatu menciptakan “bayangan kontak”. Brown menulis bahwa sejak Sol 685, helikopter tersebut “sayangnya masuk dan keluar dari mode menginap” yang membuat kontak harian dengan pesawat menjadi sulit. Jadi satu atau dua hari tanpa komunikasi tidak perlu dikhawatirkan.

Tetapi begitu Ketekunan pindah ke lokasi lain dan Kreativitas tidak dapat ditemukan, “situasinya mulai menimbulkan kecemasan,” tulis Brown.

“Kinerja komunikasi yang buruk dipandang sebagai penjelasan yang masuk akal, tetapi ada alasan untuk meragukannya,” tulisnya. “Dalam lebih dari 700 sol yang mengoperasikan helikopter di Mars, tidak sekali pun kami menyaksikan pemadaman radio total. Bahkan di lingkungan komunikasi terburuk, kami selalu melihat beberapa indikasi aktivitas.”

Tapi sinyal yang diterima hari itu, Sol 761, hanyalah sebuah ACK. Keesokan harinya, helikopter kembali menerima perintah, tetapi tidak melakukan apa-apa lagi.

Personel misi memutuskan bahwa bukit yang memisahkan kreativitas dari ketekunan merupakan tantangan bagi radio helikopter. Itu tidak membantu bahwa antena base station (HBS) helikopter Perseverance dipasang rendah di sebelah kanan kendaraan dan tunduk pada efek obstruktif.

Sementara orang-orang NASA mengetahuinya, Ketekunan bergerak menuju tujuan berikutnya — tetapi ini menciptakan masalah baru.

“Sangat penting bahwa Ingenuity tetap berada di depan Ketekunan saat menavigasi saluran sempit Delta Jezero,” tulis Brown, di mana tugas rotorcraft adalah menjelajahi kendaraan beroda terlebih dahulu. Dan NASA menjalankan zona larangan terbang di sekitar Ketekunan.

READ  Pakar umur panjang mendapatkan protein dari dendeng

Dengan rover bergerak dan helikopter berhenti, kreativitas menjadi keharusan.

“Menggambar pada pemeriksaan pra-penerbangan di atas helikopter untuk memastikan keamanan penjelajah dan mengandalkan komunikasi yang solid dari jarak dekat penjelajah, tim menguatkan rencana penerbangan,” tulis Brown.

Dexterity melakukan lebih dari sekadar mengakui unduhan itu. Dia menangkapnya dan membawanya keluar, menghasilkan penerbangan ke-50 dan rekor ketinggian 18 meter.

“Ini akan meremehkan untuk mengatakan bahwa tim helikopter merasa lega melihat telemetri dari penerbangan yang sukses di downlink Sol 763 keesokan paginya,” tulis Brown.

Tapi, tambahnya, hari-hari yang mengkhawatirkan terbentang di depan.

“Sekarang tampaknya debu yang menutupi panel surya kita akan memastikan bahwa Kreativitas kemungkinan besar akan tetap berada dalam keadaan energi transisi ini untuk beberapa waktu,” tulisnya. “Ini berarti, yang membuat timnya kecewa, kami belum selesai memainkan permainan petak umpet berisiko tinggi dengan helikopter kecil yang lucu ini.”

Dexterity terakhir terbang pada 22 April, saat ia melakukan lompatan 188 meter dari ketinggian 12 meter. Pesawat tersebut hanya dirancang untuk terbang lima kali, sehingga sangat melebihi ekspektasi. ®