Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hella Takeover: Apa yang Faurecia rencanakan dengan Hella Lippstadt

Era ahli lampu Hila akan segera berakhir. Setelah hampir 100 tahun kepemilikan keluarga, perusahaan tersebut dijual dari Lippstadt di Westphalia ke pemasok mobil Prancis Faurecia seharga 6,8 miliar euro. Sekitar 60 atau lebih anggota keluarga pendiri Hueck/Röpke memberi perusahaan yang berbasis di Nanterre tawaran untuk paket 60 persen saham mereka. “Tanggung jawab mereka terhadap perusahaan mengharuskan keluarga untuk menyerahkan tongkat estafet manajemen dan pengawasan sejak dini, dengan cara yang aman dan tertib,” kata Jürgen Bernd, perwakilan keluarga di komite pemegang saham.

Faurecia menyatakan bahwa dengan mengakuisisi Hella, tujuannya adalah untuk “menciptakan posisi ketujuh di antara pemasok otomotif global dengan portofolio teknologi mutakhir yang mencakup semua tren industri utama”. Di Eropa itu adalah salah satu dari lima pemasok terbesar.

Faurecia menyerang Bush, Hela seharusnya diuntungkan di Cina dan Jepang

Prancis berharap Hella akan memberi mereka akses yang lebih baik ke pembuat mobil Jerman, sementara Faurecia berharap mendapatkan pangsa pasar dari pesaing seperti Bosch. Hella, pada gilirannya, harus mendapatkan pijakan dengan pabrikan di Cina dan Jepang, yang bekerja sama dengan baik dengan Faurecia. Bersama-sama, Faurecia dan Hella memiliki penjualan sebesar €23 miliar dan hasil operasi (Ebitda) sebesar €3,2 miliar. Pada tahun 2025, penjualan diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 33 miliar euro, dengan Ebitda sebesar lima miliar.

Pada saat yang sama, Patrick Koehler, presiden Faurecia, ingin mengurangi ketergantungan pada mesin pembakaran. Komponen kendaraan bensin dan diesel saat ini mencapai seperempat dari penjualan; Dalam empat tahun seharusnya kurang dari sepuluh persen. “Bersama-sama kita akan memiliki kepemimpinan kritis dalam hal memanfaatkan penggerak strategis untuk transformasi industri otomotif,” kata Koehler.

READ  Miliarder Richard Branson kembali ke Bumi dengan Unity

Kelompok 150.000 Karyawan – “Komitmen Jangka Panjang untuk Situs Hella”

Selain 114.000 karyawan Faurecia, ada 36.000 dari Hella. Hella sendiri mencapai peningkatan penjualan sebesar 13% menjadi €6,5 miliar pada 2020/21 (hingga akhir Mei). Laba operasi yang disesuaikan (EBIT) dipulihkan menjadi €510 (2019/20: 227) juta.

Penggabungan ini diharapkan dapat menghasilkan penghematan sekitar 200 juta euro dalam waktu empat tahun. Prancis menekankan komitmen mereka terhadap kesepakatan bersama dan kesepakatan perburuhan. “Kami telah mendapatkan komitmen jangka panjang untuk situs dan investasi di bidang masa depan,” garis keluarga Hueck dan Röpke mengumumkan.

Tiga departemen di Faurecia akan dikelola dari Lippstadt, dan manajer Hella akan diberikan posisi penting di Faurecia.

Keluarga pendiri Hella, Hueck, menjadi pemegang saham tunggal terbesar Faurecia – sebelum Agnellis

Keluarga akan menerima €3,4 miliar tunai untuk saham mereka di samping saham Faurecia senilai sekitar €600 juta. Dengan sembilan persen, naik menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan Prancis, di depan Agnellis Italia. Produsen mobil Prancis PSA Peugeot telah memberikan sahamnya di Faurecia kepada pemegang saham dalam rangka merger dengan pabrikan Italia-Amerika Fiat Chrysler ke Stellantis. Pemilik Hella sebelumnya juga telah berjanji untuk berpartisipasi dalam peningkatan modal sebesar €800 juta di mana Faurecia bermaksud untuk membiayai kembali sebagian akuisisi tersebut.

Pada musim semi, pemegang saham Hella menugaskan bank investasi Rothschild untuk mencari pembeli. Pada tahun 1923, keluarga Hueck memperoleh sebagian besar dari apa yang saat itu bernama Westfälische Metall-Industrie (WMI), yang membuat lampu dan klakson minyak bumi. “Selama ini, Hella telah tumbuh menjadi dimensi yang tidak hanya membutuhkan kepemimpinan tetapi juga kontrol melalui kompetensi eksternal,” kata Bernd. Jadi itu adalah tanggung jawab keluarga untuk menemukan tempat yang aman bagi Halah.”

READ  Global X FinTech ETF: Suasana hati bisa berlanjut seperti ini!

Akuisisi terbesar kedua di Jerman tahun ini

Pria berusia 72 tahun itu kini menjadi anggota keluarga terakhir yang menyerahkan pengelolaan operasional Hella pada 2017 – 30 tahun kemudian. Kontrak pool, di mana keluarga menyatukan sahamnya setelah IPO pada 2014, sebenarnya berlangsung hingga 2024. Tapi tidak ada penerus yang bisa menyatukan kepentingan keluarga.

Dengan volume 6,8 miliar euro, Hella adalah akuisisi terbesar kedua perusahaan Jerman tahun ini setelah merger raksasa perumahan Vonovia dan Deutsche Wohnen. Tapi berapa banyak pemegang saham Hella di luar keluarga akan menerima tawaran terbuka. Seperti keluarga, Faurecia memberi mereka €60 per saham – dan bahkan sebelum pengambilalihan – dividen 96 sen. Tawaran itu 33 persen lebih tinggi dari harga pada akhir April, ketika “Manajer Magazin” pertama kali melaporkan rencana penjualan. Namun pada hari Jumat, saham Hella dalam indeks kapitalisasi kecil MDax ditutup jauh di atasnya pada €63,18.

Investor mengharapkan peningkatan pasokan

Bloomberg News baru-baru ini melaporkan bahwa spesialis lampu depan dari Lipstadt di North Rhine-Westphalia bisa bernilai hingga delapan miliar euro. Akibatnya, saham naik ke rekor tertinggi 68,72 euro. Namun, dengan harga pembelian aktual yang ditawarkan oleh Faurecia jauh lebih rendah pada €60 per saham, saham Hella kemungkinan akan berada di bawah tekanan pada awalnya.