SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Hujan Deras Berjam-jam, Kaveling Bida Kabil Banjir Lumpur

  • Reporter:
  • Kamis, 28 Juni 2018 | 15:21
  • Dibaca : 377 kali
Hujan Deras Berjam-jam, Kaveling Bida Kabil Banjir Lumpur
Ilustrasi Foto ARRZY ADITYA

NONGSA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengimbau warga dan otoritas Bandara Hang Nadim mewaspadai hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi lebih dari dua jam. Dalam pekan ini sudah dua kali imbauan BMKG mencatat bandara diselimuti hujan, guntur dan udara kabur.

Kemarin, BMKG memperingatkan hujan deras yang terjadi sejak Rabu pagi membuat jarak pandang di sekitar Bandara Hang Nadim Batam semakin pendek, yakni hanya 250 meter.

“Hujan di sekitar Bandara Hang Nadim cukup lebat mengakibatkan jarak panjang hanya 250 meter,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam Suratman, kemarin.

Imbauan serupa juga dikeluarkan pada Senin (25/6). Hari itu BMKG memperkirakan guntur dan hujan melanda Bandara Hang Nadim.

Hujan deras juga disertai dengan petir perlu diwaspadai. Meski seperti itu, menurut Suratman, situasinya masih kondusif untuk penerbangan, bila hanya terjadi sebentar.

“Kalau terjadinya terus menerus, iya (tidak kondusif), tetapi kalau hanya temporer masih kondusif untuk penerbangan,” kata dia.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan hingga kini belum ada penerbangan yang ditunda akibat cuaca buruk. Jadwal penerbangan masih normal.

Sementara itu, hujan deras turun merata di Kota Batam dan juga Kota Tanjungpinang, sepanjang hari kemarin.

BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk pukul 10.05 WIB hingga 12.00 WIB, terkait potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang. Namun dalam beberapa hari terakhir durasi hujan bisa lebih dari dua jam.

Cuaca seperti itu diprakirakan terjadi di wilayah Nongsa, Sei Beduk, Batam Kota, Sagulung, Bengkong dan sekitarnya. Kondisi itu juga dapat meluas ke wilayah Lubuk Baja, Batuampar, Sekupang, Batu Aji dan sekitarnya.

Diterjang Lumpur

Dalam perkembangan lain, hujan deras yang melanda Kota Batam menimbulkan banjir lumpur di bilangan Kaveling Bida Kabil, Kelurahan Telagapunggur. Lumpur mengotor rumah-rumah warga seperti yang ditemukan di RT 03/RW 21 Kavling Bida Kabil.

“Hujan deras lebih dari lima menit saja, datanglah itu lumpur,” ujar Apri, warga setempat, kemarin.

Menurut warga, fenomena lumpur adalah barang baru dan muncul sejak enam bulan terakhir. Diduga lumpur datang akibat aktivitas perusahaan yang menimbun sebagian Danau Indah selain juga karena drainase terlalu kecil.

Sudah begitu, lokasi kompleks perumahan di dataran rendah juga memperparah air dan lumpur turun ke sana. “Semua air dari sejumlah perumahan kumpul di sini,” sambung Apri.

Lurah Kabil Safaat yang langsung datang dengan staf dari Dinas Pekerjaan Umum mengatakan sudah mengeruk dan pembersihan gorong gorong beberapa waktu lalu saat ada keluhan dari masyarakat.

“Tapi karena sudah lama jadi penuh lagi oleh tanah dan meluap lagi airnya,” ujar dia.

Dia menjelaskan beberapa waktu lalu, saat ada Musrembang menawarkan pembangunan yang dibutuhkan, namun warga sekitar lebih memilih untuk membangun semenisasi dan pembangunan fasum lainnya.

Namun pihaknya tahun ini akan mengusulkan ke Pemko untuk membangun gorong gorong.
“Sekarang memang terlalu kecil, solusinya dibongkar lalu dibangun gorong gorong berdiameter 2 meter,” papar dia. dicky sigit rakasiwi

dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com