Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hujan meteor di bulan Juli: kapan dan bagaimana menontonnya

Hujan pertama, hujan meteor Delta Aquarius, diperkirakan akan mencapai puncaknya sekitar pukul 06:00 EDT (10 pagi UTC) Jumat, menurut BumiLangit. Radiasinya – titik dari mana jejak meteor muncul – naik pada tengah hari, mencapai puncaknya sekitar pukul 2 pagi waktu setempat dan turun ke langit saat fajar.
Ketika bumi berputar mengelilingi matahari, ia bertemu Orbit komet yang tidak seimbang, yang permukaan esnya meninggalkan debu dan bebatuan saat mendidih dari panasnya matahari. Ketika batuan ruang angkasa ini jatuh ke atmosfer kita, “perlawanan – atau hambatan – dari udara di atas batu membuatnya sangat panas,” menurut NASA. “Apa yang kita lihat adalah ‘bintang jatuh’. Garis terang ini sebenarnya bukan batu, melainkan udara panas dan bercahaya saat batu panas menembus atmosfer.
Diduga asalnya Komet 96P Machholz, hujan meteor delta selatan terjadi kapan saja antara 12 Juli dan 23 Agustus setiap tahun. Ini dapat dilihat paling baik oleh orang-orang di belahan bumi selatan dan garis lintang selatan di belahan bumi utara, menurut NASA. Namun, langit gelap tanpa bulan sangat penting, EarthSky menegaskan. Itu hanya cocok untuk bulan 1% penuh selama puncak.
Meteorit, yang cenderung berjumlah 10 hingga 20 per jam dan terbang dengan cepat 25 mil (41 kilometer) per detikpaling terlihat antara pukul 02.00 dan 03.00 di semua zona waktu ketika konstelasi Aquarius si Pembawa Air yang lebih redup—titik pancaran pancuran—tertinggi di langit, menurut BumiLangit. Sekitar 5% hingga 10% meteor Delta Aquariid meninggalkan tetesan yang tidak bergerak, bercahaya, dan jejak gas terionisasi yang tersisa selama satu atau dua detik setelah meteor berlalu.
Jika Anda keluar sekitar 30 menit sebelum mandi, mata Anda bisa menyesuaikan dengan kegelapan, menurut NASA. Bagi mereka di belahan bumi selatan, radiasi lebih dekat ke atas; Orang-orang di belahan bumi utara harus melihat bagian selatan langit. Anda tidak perlu menggunakan teleskop. Untuk tampilan yang sempurna, NASA menyarankan untuk mencari area yang jauh dari cahaya buatan dan berbaring telentang, mengamati langit sebanyak mungkin.

Cara menonton meteor Alpha Capricorn

Setelah puncak Delta Aquariids, puncaknya akan menjadi hujan meteor Alpha Capricornids, yang terjadi pada hari Sabtu dan Minggu sementara bulan hanya 5% penuh, menurut Masyarakat Meteor Amerika.

Hujan ini tidak terlalu kuat dan jarang mengeluarkan lebih dari lima meteor per jam, menurut masyarakat. Namun, Alpha Capricornids cenderung menghasilkan bola api terang selama puncaknya dan dapat dilihat dengan baik oleh orang-orang di kedua sisi khatulistiwa.

READ  Dr. Marty McCurry: Setengah dari semua orang Amerika yang tidak divaksinasi kebal terhadap virus corona

Acara luar angkasa lainnya tahun ini

Menurut EarthSky, ada lebih banyak hujan meteor yang bisa Anda tangkap selama sisa tahun 2022 panduan hujan meteor 2022:
  • 13 Agustus: Perseid
  • 9 Oktober: Draconid
  • 21 Oktober: Orionid
  • 5 November: Taurid Selatan
  • 12 November: Utara Torres
  • 18 November: Leonid
  • 14 Desember: Geminid
  • 22 Desember: Ursid
Anda juga akan dapat melihat lima bulan purnama lagi pada tahun 2022, menurut kalender petani kuno:
  • 11 Agustus: Sturgeon Moon
  • 10 September: Harvest Moon
  • 9 Oktober: Bulan Pemburu
  • 8 November: Bulan Berang-berang
  • 7 Desember: Bulan Dingin

Akan ada lagi gerhana bulan total dan gerhana matahari sebagian pada tahun 2022, menurut kalender petani tua. Gerhana matahari sebagian pada 25 Oktober akan terlihat oleh orang-orang di Greenland, Islandia, Eropa, Afrika timur laut, Timur Tengah, Asia Barat, India, dan Cina Barat.

Panduan Pemula untuk Bintang (Gambar milik CNN Underscored)

Gerhana bulan total pada 8 November dapat dilihat di Asia, Australia, Pasifik, Amerika Selatan, dan Amerika Utara antara pukul 3:01 pagi ET dan 8:58 pagi ET. Tetapi bagi orang-orang di Amerika Utara bagian timur, bulan akan terbenam selama waktu itu.

Kenakan kacamata gerhana yang sesuai untuk melihat gerhana matahari dengan aman, karena sinar matahari dapat merusak mata.