Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hujan meteor Geminid menerangi langit malam

Hujan meteor Geminid menerangi langit malam

  • Oleh Maddie Molloy
  • BBC News Iklim dan Sains

Sumber gambar, Berikan Sebelumnya

Komentari foto tersebut,

Geminid dapat dilihat setiap tahun pada pertengahan Desember

Hujan meteor Geminid, yang terkenal dengan garis-garis cahaya warna-warni di langit malam, telah memukau para pengamat bintang di seluruh dunia.

Meteor bisa dilihat di seluruh dunia dengan mata telanjang asalkan langit tidak terlalu mendung atau terkena polusi cahaya.

Dalam kondisi ideal, pemirsa bisa melihat puluhan meteor setiap jamnya.

NASA menggambarkan hujan meteor Geminid sebagai salah satu “hujan meteor tahunan terbaik dan paling dapat diandalkan” tahun ini.

Sumber gambar, Carl Jacollet

Komentari foto tersebut,

Hujan meteor terlihat di atas Gereja St Aldhelm di Dorset

Sumber gambar, Dennis Boone

Komentari foto tersebut,

Hujan meteor Geminid terlihat di dekat Hay-on-Wye, Wales

Apa sebenarnya penyebab hujan ini?

Kita melihat meteor ketika Bumi melewati jejak puing-puing komet atau asteroid. Ketika puing-puing ini menghantam atmosfer planet kita, ia akan terbakar dan menciptakan seberkas cahaya yang menakjubkan.

Geminid ditenagai oleh puing-puing langit yang ditinggalkan oleh asteroid berbatu yang dikenal sebagai 3200 Phaethon.

“Bintang jatuh tidak ada hubungannya dengan bintang di dunia nyata,” kata Dr. Maggie Adrien Pocock, ilmuwan luar angkasa dan salah satu pembawa acara The Sky at Night. “Hanya puing-puing kecil yang terbakar,” katanya.

Sumber gambar, Pengamat cuaca John Hall

Komentari foto tersebut,

Hujan meteor Geminid terlihat di Elham, Kent

Sumber gambar, Pengamat cuaca BBC Seely Bailey

Komentari foto tersebut,

Hujan meteor terlihat di Hampshire

Dr Aderin-Pocock mengatakan karena hujan meteor ini disebabkan oleh asteroid dan bukan komet, maka hujan meteor ini “sangat mencolok karena asteroidnya berbatu” sedangkan komet itu es.

“Sejumlah besar bintang jatuh ini akan berwarna karena perbedaan unsur di dalam molekulnya,” katanya.

Royal Observatory di Greenwich mengatakan warnanya meliputi putih, kuning, hijau, merah, dan biru. Warna-warna tersebut sebagian disebabkan oleh adanya jejak mineral seperti natrium dan kalsium dalam puing-puing tersebut.

Nama Geminid berasal dari konstelasi Gemini, konstelasi tempat munculnya meteor-meteor tersebut.

Dr Minjae Kim, peneliti astronomi dan astrofisika di Universitas Warwick, mengatakan: “Meteor ini hanyalah peristiwa indah di langit malam, karena banyak bintang jatuh tampaknya berasal dari area yang sama di langit.”

Bagaimana Anda melihat Gemini?

Dr Aderin-Pocock menjelaskan bahwa cara terbaik untuk melihat meteor adalah dengan hanya melihat ke langit, dan menambahkan bahwa “meskipun Anda sebenarnya tidak perlu melihat ke arah Gemini, Anda mungkin dapat melihat lebih banyak jika melakukannya.”

“Jadi, jika Anda menemukan Orion, lihatlah sedikit ke kiri dan Anda akan melihat Gemini, dan di sanalah meteor-meteor ini akan keluar,” kata Dr. Adrian Pocock.

Anda tidak memerlukan peralatan khusus untuk melihat pancuran air dan mungkin lebih mudah melihatnya hanya dengan mata telanjang.

Ada baiknya juga untuk pergi ke tempat yang terbuka dan gelap sebisa mungkin, karena polusi cahaya di perkotaan dapat merusak pemandangan.

Meski penampakannya baru terlihat selama beberapa hari, namun puncak hujan meteor terjadi pada Kamis malam.

Jangan khawatir jika Anda tidak dapat melihat Gemini pada puncaknya karena hujan terus turun selama beberapa hari, namun dalam jumlah yang lebih kecil.

Dr Kim menyarankan untuk mengunduh aplikasi pengamatan bintang untuk membantu Anda mengetahui di mana mencarinya.

“Jika Gemini bisa ditemukan terlebih dahulu, hujan meteor akan lebih mudah terlihat,” ujarnya.

Sumber gambar, Gambar Getty

Komentari foto tersebut,

Anda seharusnya dapat melihat meteor dengan mata telanjang jika cuacanya bagus

Tips lain yang Dr Kim tawarkan adalah memberi waktu pada mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan, dan mengajak teman bersama Anda – sehingga Anda dapat mengawasi berbagai bagian langit.

Presenter cuaca BBC, Simon King, mengatakan terdapat cukup awan pada Kamis malam sehingga masyarakat di seluruh Inggris dapat melihat hujan meteor tersebut.

“Pada Jumat malam cuaca akan mendung di sebagian besar wilayah Inggris kecuali di Inggris bagian timur yang langitnya cerah.

“Sabtu malam tidak terlihat bagus dengan langit mendung di seluruh Inggris, tetapi Minggu malam mungkin merupakan kesempatan terbaik bagi banyak orang.

“Langit diperkirakan akan cerah setidaknya untuk beberapa waktu di seluruh Inggris dan Wales, terutama wilayah selatan dan timur.”

Apakah Anda akan mencari hujan meteor? Bagikan foto meteor Geminid Anda dengan cara berikut:

READ  Uji coba roket mega moon Artemis I NASA ditunda