Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hujan meteor Perseid 2021: Cara melihat peristiwa langit

Ini akan memuncak dari tengah malam pada 11 Agustus hingga fajar pada 13 Agustus, tetapi sebenarnya itu akan diperpanjang dari 23 Juli hingga 22 Agustus, menurut surat kabar Inggris The Guardian. kalender petani kuno.
Karena bulan sabit akan terbenam lebih awal, langit akan menjadi sangat gelap – memberikan kesempatan menonton yang ideal, Menurut NASA.

NASA mengatakan pengamat bintang di belahan bumi utara akan memiliki kesempatan lebih baik untuk melihat meteor daripada di belahan bumi selatan.

Hingga 40 meteor akan tersedia per jam untuk orang-orang yang lokasi pengamatannya terletak di belahan bumi utara yang jauh dari polusi cahaya, menurut NASA. Peluang Anda berkurang drastis menjadi hanya beberapa jam jika Anda mencoba melihat hujan meteor kota.

NASA menambahkan bahwa orang yang tinggal di 30 derajat lintang selatan di belahan bumi selatan tidak akan dapat melihat hujan sama sekali, dan mereka yang berada di atas garis di belahan bumi selatan hanya dapat melihat beberapa meteor per jam.

Untuk kesempatan melihat terbaik, berikan mata Anda setidaknya 20 menit untuk menyesuaikan diri dengan langit malam, Menurut EarthSky. Mereka menambahkan bahwa mereka menyisihkan setidaknya satu jam untuk melihat langit karena meteor datang dalam gelombang.
Fragmen tersebut berasal dari komet Comet Swift-Tuttle, juga dikenal sebagai Comet109P, yang membutuhkan waktu 133 tahun untuk mengorbit Matahari, kata NASA.
Menurut EarthSky, ada lebih banyak hujan meteor yang bisa Anda tangkap selama sisa tahun 2021. Panduan hujan meteor 2021:

8 Oktober: Naga

21 Oktober: Orionid

4-5 November: Selatan Torres

11-12 November: Utara Torres

17 November: Leonid

13-14 Desember: Gemini

22 Desember: Ursid

READ  Seorang pejabat kesehatan senior negara bagian mengatakan jemaah yang divaksinasi harus siap untuk memakai masker di dalam ruangan lagi.

Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Tahun ini, akan ada gerhana matahari dan bulan lagi, menurut kalender petani kuno.

19 November akan melihat gerhana bulan sebagian, dan pengamat langit di Amerika Utara dan Hawaii dapat melihatnya antara pukul 1 pagi ET dan 7:06 pagi ET.

Tahun ini akan berakhir dengan gerhana matahari total pada 4 Desember. Itu tidak akan terlihat di Amerika Utara, tetapi mereka yang berada di Kepulauan Falkland, ujung selatan Afrika, Antartika, dan Australia tenggara akan dapat melihatnya.

Planet yang terlihat

Pengamat langit akan memiliki banyak kesempatan untuk melihat planet-planet di langit kita selama pagi dan sore hari yang ditentukan sepanjang tahun 2021, menurut Kalender petani panduan planet.
Hubble menangkap gambar menakjubkan dari galaksi yang berperang

Sebagian besar dari mereka dapat dilihat dengan mata telanjang, kecuali Neptunus yang jauh, tetapi teropong atau teleskop akan memberikan tampilan terbaik.

Merkurius akan muncul sebagai bintang terang di langit pagi dari tanggal 18 Oktober hingga 1 November. Ini akan bersinar di langit malam dari 31 Agustus hingga 21 September, dan dari 29 November hingga 31 Desember.

Venus, tetangga terdekat kita di Tata Surya, akan muncul di langit barat saat senja di malam hari hingga 31 Desember. Ini adalah objek paling terang kedua di langit kita, setelah bulan.

Mars tampak kemerahan di langit pagi antara 24 November dan 31 Desember, dan akan terlihat di langit malam hingga 22 Agustus.

Jupiter, planet terbesar di tata surya kita, adalah objek paling terang ketiga di langit kita. Itu akan ditampilkan di langit pagi hingga 19 Agustus. Carilah di malam hari dari 20 Agustus hingga 31 Desember, dan mulai awal Agustus akan mencapai puncaknya hingga 2 September.

Panduan Pemula untuk Bintang (CNN Digarisbawahi)

Hanya cincin Saturnus yang dapat dilihat melalui teleskop, tetapi planet itu sendiri masih dapat dilihat dengan mata telanjang di malam hari hingga 31 Desember. Dia berada di puncaknya selama empat hari pertama bulan Agustus.

READ  Astrofisika menyarankan tempat baru untuk Planet Sembilan untuk bersembunyi

Teropong atau teleskop akan membantu Anda mendeteksi cahaya kehijauan Uranus di pagi hari hingga 3 November dan di malam hari dari 4 November hingga 31 Desember. Ini akan menjadi yang terbaik antara 28 Agustus dan 31 Desember.

Tetangga terjauh kita di Tata Surya, Neptunus, akan terlihat melalui teleskop pada pagi hingga 13 September dan pada malam hari dari 14 September hingga 31 Desember.

Puncaknya antara 19 Juli dan 8 November.