Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ikan air tawar terbesar di dunia, ikan pari, beratnya 660 pon dan ditangkap di Kamboja

Dinamakan Borami – yang berarti “bulan purnama” dalam bahasa Khmer – karena bentuk gelembungnya, wanita setinggi empat meter (13 kaki) itu kemudian dikodekan secara elektronik ke sungai untuk memungkinkan para ilmuwan memantau gerakan dan perilakunya. .

“Ini adalah berita yang sangat menarik karena ini adalah ikan (air tawar) terbesar di dunia,” kata ahli biologi sungai Jeb Hogan, mantan pembawa acara “Monster Fish” di National Geographic Channel dan sekarang menjadi bagian dari Keajaiban Mekong program konservasi.

“Ini kabar baik karena berarti Mekong sepanjang ini masih sehat…. bahwa ikan besar ini masih hidup (di sini) adalah tanda harapan.”

Borami terperangkap minggu lalu di pulau Ko Preh, sebelah utara Sungai Kamboja. Dia mengambil rekor dari ikan lele raksasa seberat 645 pon (293 kilogram) yang ditangkap di Thailand utara pada tahun 2005.

Seorang nelayan, ikan pari – spesies yang terancam punah – menghubungi keajaiban Mekong, yang membantu menandai pari dan membiarkannya kembali ke sungai.

Para peneliti dan pejabat sedang bersiap untuk melepaskan ikan pari air tawar raksasa ke Sungai Mekong.

Mekong, menurut River Commission-nya, memiliki populasi ikan terbesar ketiga di dunia – penangkapan ikan yang berlebihan, polusi, intrusi air asin dan sedimentasi menyebabkan stok ikan turun.

Menurut Keajaiban Mekong, terlepas dari langkah-langkah keamanan, termasuk pembatasan penangkapan ikan dan penjaga sungai, ikan pari sangat rentan terhadap perubahan ini, dengan kematian massal yang terjadi.

READ  Air Force One tidak berubah warna. Joe Biden menolak gagasan itu. Alasan biaya dan keamanan