Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Indeks iklim bisnis Ifo terus menurun di bulan September

Foto: Gedung perkantoran bertingkat tinggi, melalui Kantor Berita DTS

Munich (kantor berita DTS) – Indeks Iklim Bisnis Ifo turun pada bulan September dari 99,6 menjadi 98,8 poin dalam retrospeksi. Ini diumumkan oleh Ifo Institute for Economic Research di Ludwig Maximilian University di Munich pada hari Jumat.

Indeks yang sangat dihargai turun kurang dari yang diharapkan oleh para ahli, yang telah memperkirakan 98,9 menjadi 99,0 poin – dan untuk ketiga kalinya berturut-turut. Perusahaan tidak hanya kurang puas dengan situasi bisnis mereka saat ini, mereka juga lebih skeptis tentang bulan-bulan mendatang. Masalah dengan pembelian bahan baku dan produk antara memperlambat ekonomi Jerman. “Industri mengalami stagnasi bottleneck,” kata Ifo.

Di sektor manufaktur, indeks iklim usaha turun lebih tajam. Penurunan yang lebih kuat terakhir diamati pada Mei 2020. Juga dikatakan di Munich bahwa optimisme besar dalam ramalan musim semi hampir menghilang. “Buku pesanan masih terisi dengan baik, tetapi pesanan baru memudar.”

Di sektor jasa, iklim usaha telah membaik terhadap tren umum. Menurut Ifo, “ini karena ekspektasi perusahaan yang lebih percaya diri.” Namun, mereka menilai situasi saat ini agak lebih buruk. Dalam industri perhotelan dan pariwisata, tingkat kepercayaan tertentu telah kembali setelah skeptisisme yang signifikan pada bulan sebelumnya.

Namun di bidang logistik, prospek sudah tertutup sejalan dengan industri. Dalam perdagangan, indikator tetap hampir tidak berubah. Sementara para pedagang agak lebih puas dengan situasi mereka saat ini, pesimisme sedikit meningkat mengenai bulan-bulan mendatang. Sebagian besar pedagang melaporkan masalah pengiriman dengan pembelian.

Di industri konstruksi juga, iklim bisnis telah meningkat melawan tren – dan bahkan secara signifikan. Penilaian situasi saat ini naik ke level tertinggi sejak Maret 2020. Prospeknya juga cerah secara signifikan. Indeks Iklim Bisnis Ifo adalah indikator utama yang paling penting dari pembangunan ekonomi di Jerman.

READ  uang kepada pemerintah daerah. draf resolusi

Ini didasarkan pada sekitar 9.000 laporan bulanan dari perusahaan yang terlibat dalam manufaktur, jasa, ritel dan konstruksi. Perusahaan diminta untuk menilai situasi bisnis mereka saat ini dan membagikan perkiraan mereka untuk enam bulan ke depan.