Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

India dengan sepenuh hati menyambut signifikansi khusus Global Selatan: Perdana Menteri Modi pada KTT BRICS 2023

India dengan sepenuh hati menyambut signifikansi khusus Global Selatan: Perdana Menteri Modi pada KTT BRICS 2023

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan pada tanggal 23 Agustus bahwa India dengan hangat menyambut baik pentingnya negara-negara di Dunia Selatan di bawah kepresidenan BRICS di Afrika Selatan (Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan).

Perdana Menteri Modi mengatakan, “Kami dengan hangat menyambut langkah untuk memberikan arti penting khusus kepada negara-negara Selatan di bawah kepemimpinan BRICS di Afrika Selatan.”

Perdana Menteri Modi bahkan mengatakan bahwa India telah mengusulkan keanggotaan permanen G20 di Uni Afrika, dan dia yakin bahwa mitra BRICS kami akan mendukung hal tersebut di G20.

Baca juga: Pakistan di BRICS? Tiongkok berupaya melakukan ekspansi; India dengan tegas menentang aneksasi Islamabad

Perdana Menteri Modi bahkan menyebutkan bahwa India sepenuhnya mendukung perluasan BRICS, dan menambahkan bahwa India boleh bergerak maju dengan konsensus mengenai BRICS.

Berbicara pada sesi pleno KTT BRICS di Johannesburg, Perdana Menteri Modi mengatakan, “India sepenuhnya mendukung perluasan BRICS dan menyambut baik langkah untuk melanjutkan masalah ini berdasarkan konsensus.”

“Selama hampir dua dekade, BRICS telah melakukan perjalanan yang panjang dan luar biasa. Dalam perjalanan ini, banyak pencapaian yang telah kami torehkan,” imbuhnya.

“Kita harus membuat masyarakat kita siap menghadapi masa depan agar BRICS siap menghadapi masa depan,” katanya pada KTT Pemimpin BRICS tahunan di Johannesburg.

Dia memuji Afrika Selatan atas inisiatifnya sebagai ketua KTT BRICS. Perdana Menteri Modi berkata, “Kami menyambut baik langkah ini untuk memberikan arti penting khusus bagi negara-negara Selatan dalam BRICS yang diketuai oleh Afrika Selatan. Hal ini bukan sekedar cita-cita, tapi juga kebutuhan zaman sekarang. India juga menganggap penting masalah ini di bawah kepresidenan Kelompok Dua Puluh. Satu tanah, satu keluarga, satu masa depan – kami berusaha maju bersama semua negara sesuai dengan moto ini. Pada KTT Global South Voice pada bulan Januari tahun ini, 125 negara berpartisipasi dan berbagi kepentingan dan prioritas mereka.

READ  PM Modi bertemu Presiden Prancis Macron untuk pembicaraan di Paris: 'Pertemuan dua teman'

PM Modi antara lain mengatakan bahwa India telah memberikan saran mengenai isu-isu seperti jaringan penelitian perkeretaapian, kolaborasi erat antara usaha kecil dan menengah, database online BRICS, dan perusahaan rintisan (start-up) untuk memberikan jalan baru bagi agenda BRICS.

“Untuk memberikan jalan baru bagi agenda BRICS, India telah mengajukan proposal mengenai isu-isu seperti jaringan penelitian perkeretaapian, kerja sama yang erat antara UKM, database online BRICS, dan perusahaan rintisan. Saya senang bahwa banyak kemajuan telah dicapai dalam hal ini. masalah,” katanya.

Perdana Menteri Modi menambahkan, “Kami sudah mengerjakan konstelasi satelit BRICS, namun ke depan, kami harus mempertimbangkan pembentukan konsorsium eksplorasi ruang angkasa di dalam grup BRICS.”

Dengan masukan agensi.