Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

India menggambarkan pembunuhan di Rafah sebagai sesuatu yang “tragis” dan menegaskan kembali pembentukan negara Palestina di tengah gerakan Eropa |  berita Dunia

India menggambarkan pembunuhan di Rafah sebagai sesuatu yang “tragis” dan menegaskan kembali pembentukan negara Palestina di tengah gerakan Eropa | berita Dunia

India pada hari Kamis menegaskan kembali posisi tegasnya dalam konflik Israel-Palestina menyusul pengakuan Palestina baru-baru ini oleh Irlandia, Norwegia dan Spanyol. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Randhir Jaiswal menyoroti dukungan bersejarah India terhadap pembentukan negara Palestina dan solusi dua negara.

Juru bicara Middle East Airlines Randhir Jaiswal (arsip foto)

Ketika ditanya tentang keputusan terkoordinasi Spanyol, Irlandia dan Norwegia yang secara resmi mengakui Palestina, Jaiswal, pada konferensi pers mingguan, berkata: “Seperti yang Anda ketahui, India adalah salah satu negara pertama yang mengakui Negara Palestina pada akhir abad lalu. .” Kami telah lama mendukung solusi dua negara yang mencakup pembentukan negara Palestina yang berdaulat, layak dan mandiri dalam batas-batas yang diakui dan disepakati bersama, serta hidup berdampingan dengan Israel secara damai.

Buka akses eksklusif ke berita terkini pemilu India, hanya di Aplikasi HT. Unduh sekarang! Unduh sekarang!

Baca: Perang Gaza mungkin berlanjut hingga akhir tahun 2024, Israel memperingatkan di tengah serangan Rafah

Negara-negara Eropa berharap pengakuan mereka terhadap Palestina akan merangsang upaya internasional untuk mencapai perdamaian.

“Kami ingin mengakui Palestina pada akhir proses perdamaian. Namun kami mengambil langkah ini bersama Spanyol dan Norwegia untuk menjaga keajaiban perdamaian tetap hidup,” kata Perdana Menteri Irlandia Simon Harris dalam sebuah pernyataan, dan mendesak Israel untuk “menghentikan upaya kemanusiaan.” bencana” di Gaza.

Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Ede memuji langkah tersebut, menyebutnya sebagai “hari istimewa bagi hubungan Norwegia-Palestina,” sementara Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan pengakuan tersebut “penting” untuk perdamaian.

Sanchez menekankan bahwa langkah ini “tidak merugikan siapa pun, terutama Israel,” dan ini adalah satu-satunya cara untuk menjamin masa depan kedua negara yang hidup berdampingan “dalam perdamaian dan keamanan.”

READ  Pengembalian yang Tidak Memenuhi Syarat dan Pengasingan Sukarela: Garis Waktu Kejatuhan dan Kebangkitan Politik Nawaz Sharif

Israel telah berulang kali mengecam keputusan tersebut, dengan mengatakan pihaknya mendukung Hamas, kelompok militan Islam yang memimpin serangan mematikan pada 7 Oktober terhadap Israel yang menyebabkan perang di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

“Sanchez, ketika Anda mengakui negara Palestina, Anda terlibat dalam hasutan genosida terhadap orang-orang Yahudi dan kejahatan perang,” tulis Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz pada hari Selasa.

India juga menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas hilangnya nyawa warga sipil di kamp pengungsi Rafah baru-baru ini.

“Hilangnya nyawa warga sipil secara tragis di kamp pengungsi Rafah adalah masalah yang sangat memprihatinkan. Kami secara konsisten menyerukan perlindungan warga sipil dan menghormati hukum kemanusiaan internasional dalam konflik yang sedang berlangsung,” kata Jaiswal, seraya menekankan bahwa pihak Israel telah menerima tanggung jawab dan mengumumkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Serangan Israel terhadap kota Rafah di Jalur Gaza selatan memicu kecaman luas. Pejabat kesehatan setempat melaporkan bahwa penggerebekan tersebut menewaskan sedikitnya 45 warga Palestina, termasuk beberapa pengungsi yang tinggal di tenda-tenda yang dibakar pada hari Minggu.

Insiden tersebut menimbulkan gelombang kemarahan dan solidaritas di media sosial, di mana tagar “Semua Mata Tertuju Rafah” mendapat perhatian besar dan dibagikan oleh puluhan juta orang di seluruh dunia.

Beri tahu kami suara pertama Anda dalam video pendek dan dapatkan kesempatan untuk ditampilkan di akun media sosial HT. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut!
Dapatkan pembaruan terkini tentang Berita India, Pemilu 2024, Pemungutan Suara Langsung Pemilu Lok Sabha 2024, Pemilu Karnataka 2024 Langsung di Bengaluru, Sejarah Pemilu 2024 serta berita terbaru dan berita utama teratas dari India dan seluruh dunia.