Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Indonesia dan Rumania sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral

IndonesiaWakil Menteri Luar Negeri Mahendra Sirekar (Foto: Andranus)

Jakarta (VNA) – Indonesia dan Rumania sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, penanggulangan terorisme, dan penanggulangan COVID-19 serta saling mendukung di forum internasional.

Kesepakatan sudah berakhir Diskusi tingkat tinggi Bersama. Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Sirekar Demikian pernyataan tertulis yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri RI pada 2 April lalu oleh Direktur Jenderal AS dan Urusan Eropa Kementerian Luar Negeri RI Noora Swajaya dan Menteri Luar Negeri Rumania Cornel Feruda.

Dalam upaya memperkuat kerjasama ekonomi dan perdagangan, Indonesia dan Rumania Sirekar mengatakan akan mempromosikan kontak langsung antara pelaku bisnis di kedua negara.

Ia berharap pertemuan Working Group on Trade, Industry and Investment (WGTII) yang dijadwalkan pada Oktober 2021 dapat membantu memperkuat kerja sama kedua negara.

Feruda menyoroti kemungkinan besar kerja sama antara kedua negara.

Ia mengatakan Rumania bisa menjadi pintu gerbang produk Indonesia ke UE, sedangkan Indonesia bisa menjadi pintu gerbang produk Rumania untuk pasar ASEAN.

Indonesia dan Rumania menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1950. Perdagangan kedua negara mencapai US $ 153,4 juta pada tahun 2020, meningkat 0,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

READ  Skor Sepak Bola Perguruan Tinggi, Tabel, Peringkat 25 Teratas NCAA, Pertandingan Hari Ini: Arkansas-Ole Miss, Ohio State Aktif