Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Industri luar angkasa telah memulai era Space 4.0 di mana perusahaan swasta akan mengeksplorasi dan menghasilkan uang dari luar angkasa

Menurut laporan SpaceTech Analytics, ada lebih dari 10.000 perusahaan teknologi luar angkasa dengan nilai total US$4 triliun di seluruh dunia. Di Polandia, ada beberapa ratus perusahaan yang terkait dengan industri kedirgantaraan. Antara 2011 dan 2020, jumlah rata-rata satelit yang diluncurkan setiap tahun adalah 280, menurut laporan itu. Diperkirakan jumlah satelit yang akan diluncurkan bisa tiga kali lipat dalam dekade berikutnya. Sudah pada tahun 2030, jumlah satelit yang diluncurkan setiap tahun harus meningkat menjadi hampir 1000.

Perwakilan dari ekonomi luar angkasa baru seperti Instrumen Creotech dan Sistem Vigo muncul di Bursa Efek Warsawa. Perusahaan lain seperti Thorium Space Technology, Scanway atau Blue Dot Solution melihat ke arah ini dengan lebih agresif. Thorium Space Technology telah mengkonfirmasi rencananya untuk go public dan debut di WSE pada tahun 2022. Pada konferensi investasi pertama yang didedikasikan untuk industri kedirgantaraan, kami memiliki kesempatan untuk berbicara dengan perusahaan tentang pekerjaan ini.

Lihat juga: Thorium Space berencana untuk go public dan debut. Sebuah perusahaan dari industri kedirgantaraan memilih untuk terdaftar di Bursa Efek Warsawa

Industri Dirgantara di Polandia – Zaman Antariksa 4.0

Tingkat investasi di sektor luar angkasa di Polandia kecil, seperti yang ditunjukkan oleh Dr. M. Krzysztof Kanawka, dalam hal ini, bahkan Republik Ceko telah melewati kita, terlepas dari kenyataan bahwa Polandia memiliki pasar internal yang besar. Di satu sisi, ini karena kurangnya program luar angkasa nasional.

Badan antariksa mengatakan 10 tahun lalu bahwa sehari tanpa data satelit akan menjadi bencana. Industri luar angkasa sering dicap dengan label berbahaya – penerbangan luar angkasa pariwisata. Tentu saja, ini adalah salah satu cabang yang menerbitkan seluruh bisnis yang kuat, tetapi ini bukan yang paling penting. Pada tahap perkembangan teknologi saat ini, ruang dalam kehidupan kita sangat penting karena sektor-sektor seperti komunikasi, navigasi, dan aliran data.

READ  Pedronka membuka beberapa toko pada hari Minggu. Partai Hukum dan Keadilan akan turun tangan. "Itu adalah penghindaran dari ketentuan hukum."

Ketua Dewan d. Pusat. Sekarang kita berada di era di Polandia, kata Grzegorz Brona dari Creotech Instruments, Space 4.0. Space 1.0 menjelajahi alam semesta dengan bantuan kaca dan mata, yaitu Copernicus. Space 2.0 adalah momen kemunculan satelit pertama seperti Sputnik pada tahun 1957, hingga akhir perlombaan antariksa Amerika Serikat. dan Uni Soviet, yaitu, hingga tahun 1990-an. Itu adalah era hegemoni ibukota negara, di mana pengejaran penguasaan luar angkasa.Space 3.0 adalah usia yang terkait dengan dinosaurus yang kita tinggalkan setelah kita nenek moyang.Satelit komunikasi juga muncul – dan perusahaan swasta mulai menghasilkan banyak uang dari mereka.80% dari pendapatan sektor luar angkasa terkait dengan telekomunikasi.Ini memulai gerakan di antara perusahaan kecil yang melihatnya sebagai Mungkin untuk “pergi ke luar angkasa” untuk tujuan komersial. Ketua Dewan Direksi, Dr. Pusat. Grzegorz Brona dari Creotech Instruments ketika ditanya mengapa sektor luar angkasa berkembang pesat sekarang. Percakapan lengkapnya ada dalam video di bawah ini dengan Space Investor Day.

Lihat juga: Perang energi. Apa dampak konflik di Ukraina bagi pasar energi – Piotr Maciążek – Podcast 21% per tahun Bagaimana berinvestasi

Selama Space Investor Day, pemirsa mengajukan pertanyaan kepada perwakilan perusahaan. Scanway, produsen sistem penglihatan untuk industri dan kedirgantaraan, menanggapi margin keuntungan: “Cosmos adalah produk dengan margin tinggi. Saat ini, kita berbicara tentang margin 30%, dan jika kita memiliki produksi sendiri, itu akan menjadi 40%. Dalam beberapa produk, di mana pelanggan adalah entitas besar, marginnya sama tinggi. sebagai 50%. Itu karena kami memiliki jalan di belakang di mana Kami harus mendanai banyak penelitian dan pengembangan. Untuk sektor industri, kami menjaga margin di 20%/25%. “sesuai dengan perwakilan dari CEO perusahaan Jędrzej Kowalewski dan COOO Mikołaj Podgórski.

READ  McDonald's di St Johanner Market akan tetap tutup

Przemysław Kalinowski, Direktur Departemen Pengembangan Teknologi Matriks, menjawab pertanyaan tentang prospek masa depan perusahaan. “Kami berinvestasi dalam teknologi baru. Kami mencoba mengembangkan sirkuit fotovoltaik terintegrasi. Ini adalah sesuatu yang akan membawa pendapatan besar di masa depan, tetapi juga merupakan topik yang didominasi oleh persaingan. Banyak pusat mencoba mengembangkan ke arah ini. , melihat pengembalian dan potensi mereka. Ini adalah teknologi baru, tetapi kami memiliki pengetahuan dan kompetensi, Tetapi kami tidak sendirian. Kami melihat di sini peluang dan elemen kompetitif yang sangat besar.”

Ketua dan Pendiri Thorium Space Pawe Rymaszewski: “Kami adalah entitas kecil dan muda yang tidak memiliki teknologi lama yang masih perlu dikomersialkan, karena kami telah mengembangkan antena datar sejak awal. Waktu yang lama untuk mengubah teknologi, waktu kami singkat. Pasarnya sangat besar. . Kami hanya ingin sepotong kue kami, kami tidak memiliki ambisi untuk menjadi monopoli Karena kami tidak tahan. Orang-orang besar tahu apa yang kami lakukan dan berbicara tentang kolaborasi. Kami mencapai momen yang tepatterlampir. “Risiko selalu ada dengan suku cadang yang tersedia, tetapi ada kemitraan Prancis yang memberi kami keamanan.”

Dokter. M. Sehari tanpa data satelit tidak akan mungkin terjadi, kata Krzysztof Kanawka, tetapi seperti yang dikatakan pakar dari Blue Dot Solutions, Eropa menjauh dari kita. Tingkat investasi Polandia di sektor luar angkasa rendah. Republik Ceko telah menyusul kami, meskipun kami memulai dari level yang berbeda. Polandia juga merupakan negara besar dengan pasar internal yang besar. Belum ada strategi yang dibuat dengan baik seperti Program Luar Angkasa Nasional, yang telah lama ditunggu oleh industri, dan saya berharap beberapa dari hal ini akan segera berhasil. Aktivitas Polandia dalam program Horizon2020 relatif rendah, dan dari sudut pandang entitas, program ini merupakan indikasi yang baik tentang apa yang kuat, apa trennya, dan di mana para pemain kuat berada di Eropa. Perusahaan besar yang menunjukkan hasil yang baik menunjukkan solusi kelompok dan skala besar serta perusahaan yang mulai menetapkan tren baru yang menghuni bidang teknologi baru. Menurut pendapat saya, kesempatan ini, yang terjadi pada tahun 2014-2020, akan cukup digunakan dalam kondisi Polandia kita. Sekarang ada program Horizon Eropa dan saya terus memastikan bahwa itu akan menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat secara langsung dalam kualitas proyek atau keberadaan entitas Polandia dalam proyek yang disetujui. Ini adalah indikasi yang baik bahwa ada banyak potensi dalam diri kami, di Polandia, dan kami masih memiliki banyak hal untuk ditingkatkan dalam hal ini. (…) Saya ingin menilai secara pribadi kehadiran di Polandia dari beberapa ratus perusahaan yang bekerja di sektor kedirgantaraan. ”

READ  Tampilan komputer - begitu jeleknya mobil Apple (seharusnya)

Lihat juga: Hasil Apple melebihi ekspektasi Wall Street, sekali lagi iPhone adalah smartphone paling populer di China