Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Inflasi dan suku bunga di Polandia. Anggota Komite Kebijakan Moneter: Pemerintah tidak kondusif untuk memperlambat inflasi

Przemyslav Litoniuk, anggota Dewan Kebijakan Moneter One for One, mengatakan kebijakan pemerintah tidak membantu memperlambat inflasi. “Ini adalah kebijakan yang bertujuan untuk mempertahankan dukungan rakyat,” tambahnya. – Itu tidak mengejutkan saya … pemilihan dalam satu setengah tahun, tetapi saluran untuk menyediakan uang ke pasar saat ini berlipat ganda – dia menekankan.

Przemyslaw Litwinyuk, ketika ditanya tentang tingkat inflasi yang akan naik di Polandia, menjawab: – Beberapa minggu yang lalu saya mengharapkan 17%, tetapi perkiraan ini dibebani dengan ketidakpastian dosis besar. Saat ini, kita berhadapan dengan sejumlah besar faktor yang dapat mengganggu cara indikator ini dihitung dalam semalam.

– Kami tidak bisa memastikan apa pun – tambahnya ketika ditanya apakah inflasi tahun ini bisa mencapai 20%.

Litwinyuk: Kebijakan pemerintah tidak membantu memperlambat inflasi

Tonton wawancara lengkapnya di tvN24 GO >>>

Litwiniuk menilai kebijakan fiskal pemerintah tidak kondusif untuk memperlambat laju inflasi. Kebijakan pemerintah, yang tidak dapat saya komentari, tetapi saya dapat memantau dan melaporkan apa yang kami amati, tidak membantu memperlambat inflasi. Ini adalah kebijakan yang bertujuan untuk mempertahankan dukungan publik. Dia menjelaskan bahwa ini tidak mengejutkan saya, pemilihan dalam satu setengah tahun, tetapi saluran untuk menyediakan uang ke pasar saat ini berlipat ganda.

Dia menambahkan bahwa dewan kebijakan moneter dan tindakan pemerintah tidak koheren.

Anggota MPC juga menanggapi apakah kita sedang menghadapi inflasi sementara saat ini. – Saya kira mungkin ada inflasi di Polandia di masa depan. Pada titik ini, ini adalah faktor sekunder yang belum kita rasakan dalam perekonomian kita. Ia menilai, saat ini kita merasakan apa yang terjadi selama pandemi.

READ  Wassili Papas tentang keajaiban mRNA, pelajaran untuk "Generation Share" dan kejutan BMW Podcast

Dia menambahkan bahwa “jumlah bantuan tidak konsisten atau berlebihan di daerah-daerah tertentu.” – Uang ini menyebabkan efek seperti itu – Evaluasi tamu Marcin Zaborsky.

Ditanya apakah inflasi dalam dua tahun akan mampu berayun sekitar 2,5 persen. Target NBP menjawab bahwa itu tergantung kebijakan anggaran pemerintah. – Jika kita mengamati transfer uang berikutnya untuk tujuan konsumsi, itu akan sangat sulit dan tidak ada kenaikan suku bunga, bahkan tiba-tiba, ke tingkat harga riil, yaitu tingkat yang terkait dengan tingkat inflasi, akan mengubah itu, katanya.

Ditanya berapa lama inflasi Polandia dapat melebihi sepuluh persen, Litwinyuk berkata: “Saya khawatir kampanye pemilihan 2023 akan memperpanjang proses ini hingga 2024, 2025. Namun, jika ada kendala yang bertanggung jawab pada pelonggaran kebijakan anggaran, kami akan dapat mencapai perkiraan ini. dengan target inflasi sebelumnya, terutama karena efek dasar.”

Suku bunga tinggi – proses sangat cepat

Menurutnya, menaikkan suku bunga terlalu cepat. Saya mendukung pengetatan moneter, tetapi tidak dengan kekerasan. “Saya pikir suku bunga harus dinaikkan ke titik di mana para pemangku kepentingan di sektor perbankan, termasuk peminjam, dapat menyesuaikan dengan fenomena ini,” kata Litwinyuk.

– Saya pikir ini adalah proses yang sangat cepat, yang sedang kita hadapi hari ini (menaikkan harga – red). Ketidakefektifannya dibuktikan dengan fakta bahwa hal itu tidak berpengaruh pada kebijakan simpanan bank. Dia menambahkan, kenaikan suku bunga deposito karena tekanan politik, bukan mekanisme kebijakan moneter.

Menurut Litvinok, “Kampanye untuk kenaikan suku bunga yang tajam dalam beberapa bulan terakhir mungkin merupakan kampanye pemilihan dan bukan merupakan elemen dari kebijakan moneter yang sehat.”

Adam Glapinsky untuk masa jabatan kedua

Ketika ditanya tentang penunjukan Adam Glapinski untuk masa jabatan baru sebagai kepala NBP, Litwinyuk menjawab bahwa “sulit untuk mengomentari keputusan staf” karena MPC tidak mempengaruhi pemilihannya.

READ  INNO GENE SA: Informasi tentang pengoperasian seluruh laboratorium genom oleh anak perusahaan CEGC

Disebut juga Kunjungan Adam Glapinski ke markas PiS Di Jalan Nowogrodzka di Warsawa. – Fakta bahwa seseorang melewati ambang batas partai politik sebagian besar berisiko tertular COVID, tetapi tidak (kehilangan) independensi – dia menilai.

Di Polandia, konsep independensi dalam hal bank sentral perlu didekati kembali dan bersyarat. Misalnya, saya lebih kesal dengan daftar mantan anggota MPC yang bekerja penuh waktu di NBP – katanya. – Saya pikir itu adalah masalah apakah orang-orang ini telah mempertahankan kriteria independensi, dan melamar pekerjaan di NBP nanti – katanya.

Bunga deposito

Litwiniuk juga mencatat rendahnya suku bunga deposito bank. Bank-bank berjuang dengan kelebihan likuiditas, sebagian besar terkait dengan satu bank – Bank Gospodarstwa Krajowego – menurut penilaiannya. – Ada alat yang terkait dengan cadangan wajib, suku bunga. Kami telah menaikkan tingkat provisi menjadi 3,5%, tetapi tingkat bunga tetap menarik bagi bank, katanya.

Dia menambahkan bahwa jika tingkat suku bunga diubah, “kami akan berdampak pada kebijakan simpanan.” NBP menikmati suku bunga, operasi pasar bebas dan reputasi yang baik. Hal itu dinilai berdampak pada perekonomian dengan alat tersebut.

Anggota MPC juga berbicara tentang membantu peminjam. – Seseorang dapat mengharapkan pemerintah untuk membatasi bantuannya kepada peminjam, kata anggota MPC, dan bahwa mereka akan menanganinya dengan ketat, dan tidak pada semua orang.

– Bekerja dalam bentuk pernyataan politik mengumumkan beberapa transfer dan dana besar berkontribusi untuk membangun spiral upah dan harga. Seperti yang kita ketahui, ada jalan panjang dari periklanan hingga implementasi – tambahnya.

Inflasi dan suku bunga di Polandia

Selama pertemuan di bulan Mei, Dewan Kebijakan Moneter memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan utama sebesar 75 basis poin – menjadi 5,25 persen. Tingkat NBP headline berada pada level tertinggi sejak November 2008. Ini adalah kenaikan suku bunga kedelapan berturut-turut. Kursus dimulai pada Oktober 2021.

READ  Indeks iklim bisnis Ifo terus menurun di bulan September

Keputusan MPC berdampak pada WIBOR yang sekaligus diterjemahkan menjadi besaran cicilan pinjaman. Karena siklus kenaikan terus-menerus, dalam beberapa kasus pembayaran hipotek bulanan serendah Tiga perempat lebih tinggi dari September tahun lalu.

Pada hari Jumat, Kantor Pusat Statistik mengumumkan bahwa inflasi di Polandia pada April 2022 sebesar 12,4%. Ini merupakan level tertinggi sejak Mei 1998 yang mencapai 13,3%.

Inflasi di Polandia – April 2022Pintu

Sumber gambar utama: tvN24