Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Inflasi dolar pada level tertinggi 50 tahun, 20 tewas dalam penyerbuan makanan dalam 10 hari

Inflasi dolar pada level tertinggi 50 tahun, 20 tewas dalam penyerbuan makanan dalam 10 hari

Tingkat inflasi rata-rata Pakistan selama setahun terakhir adalah 27,26 persen, menurut data pemerintah

Islamabad:

Tingkat inflasi tahun-ke-tahun Pakistan mencapai 35,37 persen pada bulan Maret – tingkat tertinggi dalam hampir lima dekade – karena pemerintah bergegas memenuhi persyaratan Dana Moneter Internasional untuk meluncurkan bailout yang sangat dibutuhkan.

Tingkat inflasi secara bulanan adalah 3,72 persen, menurut data pemerintah yang dirilis pada hari Sabtu, sedangkan tingkat inflasi rata-rata tahun lalu adalah 27,26 persen.

Salah urus keuangan dan ketidakstabilan politik selama bertahun-tahun telah mendorong ekonomi Pakistan ke ambang kehancuran, diperburuk oleh krisis energi global dan banjir dahsyat yang akan menggenangi sepertiga negara itu pada tahun 2022.

Negara membutuhkan pembiayaan miliaran dolar untuk melunasi utang yang ada, sementara cadangan devisa menyusut dan rupee merosot.

Warga miskin Pakistan menanggung beban gejolak ekonomi, dan setidaknya 20 orang telah tewas sejak awal bulan puasa Ramadhan di tengah kerumunan orang di pusat distribusi makanan.

“Cara inflasi naik, saya pikir situasi seperti kelaparan telah memicu,” kata Shahida Wezarat, seorang analis yang berbasis di Karachi.

Setidaknya 12 orang tewas pada hari Jumat dalam serangan massal di kota Karachi, Pakistan selatan, di sebuah pabrik yang membagikan sedekah Ramadan.

Negara Asia Selatan — rumah bagi lebih dari 220 juta orang — terlilit utang dan harus memberlakukan reformasi pajak yang keras dan menaikkan harga utilitas jika berharap membuka tahap lain dari bailout Dana Moneter Internasional senilai $6,5 miliar dan menghindari gagal bayar.

Kementerian Keuangan mengatakan bahwa inflasi diperkirakan akan tetap pada tingkat “tinggi”, “karena friksi pasar yang disebabkan oleh pasokan relatif dan kesenjangan permintaan untuk bahan dasar, depresiasi nilai tukar dan penyesuaian kenaikan harga bensin dan solar baru-baru ini. .”

READ  Tonton: Seorang pria Brasil membuat helikopter menggunakan suku cadang mobil bekas dan lepas landas

(Kecuali untuk tajuk utama, cerita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari umpan sindikasi.)