Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Inilah penampakan Falcon 9 setelah 8 penerbangan ke luar angkasa dalam setahun

SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 ke-20 tahun ini pada hari Rabu, dan roket pendorong telah meningkat misi pembawa 2 Menyelesaikan penerbangan sukses lainnya ke orbit.

Peluncuran ini terus melanjutkan kemajuan SpaceX menuju penggunaan kembali tahap roket pertama yang layak. Roket ini, yang disebut B1060, untuk pendorong ke-1060, sebelumnya telah terbang ke luar angkasa tujuh kali. Peluncuran pertamanya adalah misi satelit GPS III Angkatan Luar Angkasa AS pada 30 Juni 2020. Dengan penerbangan Rabu, roket tersebut kini telah meluncurkan delapan misi dalam satu tahun kalender.

Ini adalah rata-rata satu tugas setiap 1,5 bulan. Namun, sejak awal Januari, rudal ini telah melakukan lima misi, sehingga mendekati kecepatan satu peluncuran per bulan. Ini belum pernah terjadi sebelumnya untuk roket Falcon 9 atau pesawat ruang angkasa lain yang mengorbit dalam sejarah. Misalnya, setiap pesawat ulang-alik NASA biasanya terbang sekali atau dua kali setahun, membutuhkan pengisian ulang yang signifikan di antara setiap penerbangan.

Sebaliknya, dengan Falcon 9, SpaceX telah dapat belajar dari lusinan peluncuran ulang booster, dan ini memungkinkan perusahaan untuk merampingkan pengisian yang diperlukan di antara misi. “Semakin sedikit pekerjaan yang diperlukan di antara penerbangan, sebagaimana dibuktikan dengan mempersingkat waktu antara lampu ulang,” pendiri SpaceX Elon Musk berkata di Twitter Rabu.

Penggunaan kembali Falcon 9 yang cepat juga menghasilkan beberapa visual yang luar biasa. Misi Transporter 2 yang diluncurkan pada hari Rabu membawa lusinan satelit kecil, tetapi total massa muatannya cukup rendah sehingga booster dapat membawa cukup bahan bakar untuk kembali ke lokasi pendaratan di dekat lokasi peluncuran. Ini berarti fotografer kami, Trevor Mahleman, dapat memperoleh foto yang sangat baik untuk peluncuran dan pendaratan.

Lebih jauh, Mahlemann dapat membandingkan seperti apa B1060 setahun yang lalu, ketika ia mengambil foto peluncuran GPS III, dengan seperti apa booster itu hari ini. Kita dapat mengatakan bahwa rudal yang terkontaminasi tidak pernah terlihat lebih baik.

Gambar daftar oleh Trevor Mahelman

READ  Simulasi pemijahan bintang yang menakjubkan adalah yang paling realistis yang pernah ada