Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Italia – Presiden Lega Salvini menolak untuk menjual Bank Monte dei Paschi ke Unicredit

“Solusinya bisa berupa merger, bukan penjualan Unicredit,” kata Matteo Salvini, ketua partai sayap kanan Lega, Minggu di sela-sela konferensi ekonomi di Cernobbio di Danau Como.

Salvini mengatakan kementerian keuangan harus mempromosikan merger dengan bank-bank Italia yang mengkhususkan diri dalam pinjaman untuk usaha kecil dan menengah. Dia menyarankan untuk menggabungkan Monte dei Paschi di Siena, Banca Carige dan bank-bank kecil lainnya sebagai solusi pilihannya. Salvini mengatakan pengambilalihan UniCredit atas Monte dei Paschi di Siena dapat menelan biaya 7.000 pekerjaan dan menutup 300 cabang. Lega adalah mitra dalam koalisi multi-partai yang dipimpin oleh mantan presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi, sebagai perdana menteri.

UniCredit, perusahaan induk dari Hypopherinsbank, mengumumkan pada akhir Juli bahwa mereka sedang bernegosiasi dengan negara bagian untuk membeli Monte dei Paschi di Siena. Italia memiliki hampir dua pertiga dari rumah keuangan tertua di dunia yang masih aktif sejak bailout miliaran dolar pada 2017 dan berencana untuk mengurangi saham pada 2022. Pemerintah telah mengindikasikan akan menyuntikkan modal, mengambil risiko hukum dan memberikan keringanan pajak kepada pembeli. agar akuisisi tersebut menarik bagi Unicredit.

(Reuters)

READ  Membagi Saham: Jatuh Cepat? - Tren Keuangan