Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jair Bolsonaro menjadi presiden Brasil pertama yang kalah dalam pemilihan ulang |  berita Dunia

Jair Bolsonaro menjadi presiden Brasil pertama yang kalah dalam pemilihan ulang | berita Dunia

Jair Bolsonaro Dia kalah dalam pemilihan presiden dari Lulu pada hari Senin, menjadi presiden pertama sejak 1990-an yang dipilih keluar dari kantor. Ketika Bolsonaro ditolak di kotak suara, semua presiden yang mencoba masa jabatan kedua sebelum dia dipilih oleh para pemilih.

Baca lebih banyak: Lula mengalahkan petahana Jair Bolsonaro tapi… marginnya paling dekat sejak 1989

Fernando Henrique Cardoso pada tahun 1998, Lula sendiri pada tahun 2006, dan Dilma Rousseff pada tahun 2014, memenangkan masa jabatan empat tahun kedua. Pejabat pemilu mengumumkan pemilihan Lula, yang menerima 51 persen suara melawan 49 persen Jair Bolsonaro.

Pemimpin sayap kanan Jair Bolsonaro, yang juga dijuluki “Trump of the Tropics,” meraih kemenangan empat tahun lalu dan sangat populer, tetapi pemimpin pedas itu telah dikritik karena penanganan bencana pandemi Covid yang telah meninggalkan lebih banyak korban. dari 680.000 orang tewas di Brasil.

Baca lebih banyak: Dijadwalkan Jadi Presiden Baru Brasil, Siapa Lula da Silva?

Di bawah Jair Bolsonaro, Brasil telah mengalami pelemahan ekonomi, serangan terhadap institusi demokrasi dan deforestasi terburuk di hutan hujan Amazon dalam 15 tahun. Banyak yang khawatir Jair Bolsonaro mungkin tidak menerima kekalahannya dalam pemilihan setelah panutan politiknya untuk mantan Presiden AS Donald Trump.

Sementara hasil pemilu menunjukkan Brasil yang terpecah, Lula akan menghadapi tantangan besar sejak dia menjabat.


READ  Dua pria India dihukum karena perampokan geng di Singapura: lapor