Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jean Deuzade, 60 tahun Fotografi: Retrospektif

Pada kesempatan seratus tahun kelahiran Jean Deuzade, NS Toulouse Dia mendedikasikan retrospektif besar untuk fotografer penting ini.

Kota Toulouse, yang memiliki sebagian besar koleksi Dieuzaide dan ingin menghidupkannya kembali, menghadirkan lebih dari 200 karya dan arsip, terkadang tidak diterbitkan, yang mengungkapkan bakat seorang seniman yang mampu melampaui kenyataan dan mengambil peran sebagai manusia yang penting untuk pengakuan fotografi.

Pameran ini menampilkan 148 karya dan 81 dokumen, sebagian besar dari koleksi Jean Dieuzaide yang disimpan di arsip kotamadya Toulouse. Makalah kontak, komunikasi yang diperluas, buku, majalah, dan film menempatkan karya dan kondisi untuk pengembangannya ke dalam perspektif dalam konteks seni dan budaya “Tiga Puluh Tahun” 1945 hingga 1975, dan dekade-dekade berikutnya. Françoise Denuel Dia adalah kurator pameran.

Jean Deuzade, 60 Tahun Fotografi: Sebuah Retrospektif oleh Françoise Deneuil

Jean Deuseade telah lama dihadirkan sebagai fotografer realitas, saksi kebahagiaan sesaat, pembuat gambar yang mewujudkan harmoni dunia, menyampaikan keluhuran tindakan manusia. Jauh dari bayang-bayang pengawasan, keindahan perahu dan jaring, kemegahan gereja-gereja Ibrani dan aula bergerak mereka, antusiasme yang waspada terhadap jejak waktu di atas kertas, persahabatan para pelayan harian yang diwujudkan dalam urapan dan penguasaan pengrajin.

Deuzide melarikan diri darinya, dan cenderung untuk menaklukkan di luar tempat ia menggabungkan dengan semangat, dedikasi, dan antusiasme yang sama untuk menerbitkan karya zig-zag yang mengungkapkan artis, ambang akhir laporan, membatalkan ketegasan, menggantungnya dari layar, dan menyebut memikirkan hal-hal sebagai peluangnya, sudut bidikan, adalah distribusinya. Dalam pengembaraannya menuju pantai yang berubah, ia menghilangkan spiritualitasnya, didorong oleh keajaiban stadion yang berkilauan. Di tepi lanskap, tandai area atmosfer di mana bentuk abstrak dari jalur yang tidak pasti digambar, tempat yang tidak mungkin di mana tanda manusia ditulis. Di kejauhan dari sains, di laboratorium bengkelnya, Deozide terhubung kembali dengan mitos kuno, mendirikan katedral modern, memainkan hasil eksperimennya antara bayangan dan cahaya, tikungan dan hamparan.

READ  Alizee Cornet sebagai pasangan: pendampingnya juga... agennya!

Seniman, Deozide, adalah bagian dari dinamika Tiga Puluh Tahun yang gemilang, yang transformasinya ia dominasi. Ini membentuk fakta yang lahir dari sebuah judul, dari transformasi elemen industri, mekarnya bunga, dan pembentukan dialog sensitif antara moralitas dan metafisika.

Françoise DenuelKurator Pameran, 2021.

Jean Deuzade, 60 tahun fotografi: La Retrospective

4 Desember 2021 – 6 Maret 2022

Jacobins Abbey Place des Jacobins, Ale Maurice Brin (pintu masuk melalui kapel)

31000 Toulouse

www.toulouse.fr