Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jeff Bezos menggugat NASA. Ini tentang kontrak untuk pendarat bulan

“Perang salib” perusahaan berlangsung beberapa bulan yang lalu, ketika SpaceX secara resmi memenangkan kompetisi, yang seharusnya menerima dana $ 2,9 miliar untuk pembuatan pendarat bulan. Blue Origin tidak setuju dengan keputusan tersebut, merujuk pada NASATapi itu tidak berpengaruh. Sejauh ini perusahaan memutuskan untuk pergi “pisau” dan mengajukan kasus di pengadilan federal.

Ini mungkin berarti penangguhan pekerjaan pada pendarat bulan SpaceX, dan sebagai akibatnya – penundaan dimulainya misi berawak ke Bulan, yang direncanakan pada tahun 2024.

Project Blue Origin jauh lebih mahal – perkiraan biayanya adalah $5,9 miliarYang $3 miliar lebih banyak dari Elon Musk. Masalahnya adalah bahwa NASA seharusnya memberikan dua proyek, dan hanya pada akhir kompetisi memutuskan untuk memberikan satu. Blue Origin, misalnya, mengacu pada penghapusan daya saing di awal proyek.

Seperti yang ditunjukkan NASA, pada akhirnya, Kongres AS memutuskan untuk mendanai hanya seperempat dari apa yang diminta badan antariksa itu. Dan kemudian ubah aturan pada menit terakhir dan pilih hanya satu proyek.

Menurut Blue Origin, dalam hal ini, NASA harus membatalkan atau mengubah ketentuan program agar transparan. Agensi tersebut juga dituduh melakukan negosiasi yang tidak adil dengan SpaceX di balik kemunculan Blue Origin dan Dynetics (perusahaan ketiga yang berpartisipasi dalam kompetisi). ini Namun, tuduhan ini dicabut beberapa minggu lalu.

READ  VW membuat rekor keuntungan - dalam hal apa grup menginvestasikan uang?