Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jenazah Alexei Navalny, seorang kritikus Vladimir Putin, telah diserahkan kepada ibunya beberapa hari setelah dia meninggal di penjara Arktik.

Jenazah Alexei Navalny, seorang kritikus Vladimir Putin, telah diserahkan kepada ibunya beberapa hari setelah dia meninggal di penjara Arktik.

Jenazah mendiang pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny telah diserahkan kepada ibunya, lebih dari seminggu setelah dia meninggal di koloni penjara Arktik, kata juru bicaranya pada hari Sabtu.

Navalny, kritikus Presiden Vladimir Putin yang paling menonjol, meninggal pada 16 Februari di salah satu penjara paling kejam di Rusia di Siberia utara, tempat ia menjalani hukuman 19 tahun penjara atas tuduhan yang secara luas dianggap sebagai pembalasan politik atas penentangannya.

“Jenazah Alexei telah diserahkan kepada ibunya. Terima kasih banyak kepada semua yang menanyakan hal ini kepada kami,” kata Kira Yarmysh, juru bicara Navalny, di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Pekan lalu, pihak berwenang Rusia menolak memberikan hak asuh jenazah putranya kepada Lyudmila Navalnaya, setelah dia melakukan perjalanan ke kota Salekhard di wilayah Yamalo-Nenets, pemukiman terdekat dengan koloni penjara tempat Navalny meninggal.

Tim Navalny mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka telah mengajukan gugatan untuk mendapatkan jenazah tersebut, mengklaim bahwa penyelidik setempat mengancam akan menguburkannya di halaman penjara jika ibunya tidak menyetujui pemakaman “rahasia”.

Rencana pemakaman masih belum jelas, kata Yarmysh.

Dia berkata, “Lyudmila Ivanovna masih di Salekhard. Pemakamannya masih tertunda. Kami tidak tahu apakah pihak berwenang akan turun tangan untuk melaksanakannya sesuai keinginan keluarga dan yang pantas diterima Alexei.”

Timnya mengatakan sebelumnya bahwa Kremlin berusaha mencegah pemakaman umum, yang bisa menjadi bentuk dukungan terhadap gerakan Navalny dan penentangannya terhadap Putin.

Pemimpin Rusia, yang terkenal karena tidak menyebut nama Navalny secara terbuka, tidak mengomentari kematian kritikus paling terkemuka itu.

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin bermanfaat hingga pelacakan inventaris waktu nyata, berita terhangat, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan satu klik! Masuk sekarang!

READ  Dua penumpang berbaring di atas satu sama lain selama 4 jam perjalanan dengan pesawat, dan reaksi orang-orang beragam Umum

Cerita ini diterbitkan dari feed kantor berita tanpa modifikasi teks. Hanya judulnya saja yang berubah.