Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jepang telah dilanda 155 gempa bumi, menewaskan 24 orang, sebagian besar gempa berkekuatan di atas 3,0 sejak Senin, Kantor Meteorologi

Jepang telah dilanda 155 gempa bumi, menewaskan 24 orang, sebagian besar gempa berkekuatan di atas 3,0 sejak Senin, Kantor Meteorologi

Setidaknya enam orang tewas dalam gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang tengah pada Hari Tahun Baru

Tokyo:

Tim penyelamat Jepang berjuang melawan gempa susulan yang kuat pada hari Selasa untuk menemukan korban selamat dari gempa besar yang melanda pada Hari Tahun Baru, menewaskan lebih dari 20 orang dan meninggalkan jejak kehancuran.

Gempa berkekuatan 7,5 skala Richter yang melanda Prefektur Ishikawa di pulau utama Honshu, memicu gelombang tsunami setinggi lebih dari satu meter, meruntuhkan bangunan, menyebabkan kebakaran besar di pelabuhan dan menghancurkan jalan.

Saat siang hari tiba, skala kehancuran terlihat jelas di Semenanjung Noto, di mana gedung-gedung masih terbakar, rumah-rumah rata dengan tanah, dan perahu-perahu nelayan tenggelam atau terdampar di pantai.

“Ini merupakan guncangan yang kuat,” kata Tsugumasa Mihara, 73 tahun, kepada AFP saat ia dan ratusan orang lainnya mengantri untuk mendapatkan air di kota Shika.

“Sungguh cara yang buruk untuk memulai tahun ini,” katanya.

Polisi mengatakan enam orang tewas namun jumlahnya hampir pasti bertambah. Kyodo News melaporkan 24 orang tewas, termasuk tujuh orang di pelabuhan Wajima yang rusak parah.

“Kerusakan yang sangat serius telah dipastikan, termasuk banyak korban jiwa, bangunan runtuh dan kebakaran,” kata Perdana Menteri Fumio Kishida setelah pertemuan tanggap bencana.

“Kita harus berpacu dengan waktu untuk mencari dan menyelamatkan korban bencana.”

Tayangan berita dari udara menunjukkan kehancuran yang disebabkan oleh kebakaran besar di Wajima, di mana sebuah bangunan tujuh lantai runtuh.

Penyedia energi setempat mengatakan bahwa hampir 45.000 keluarga tidak mendapat aliran listrik di wilayah tersebut, yang menyebabkan suhu mencapai titik beku dalam semalam. Banyak kota yang tidak mempunyai air bersih.

READ  China tutup perbatasan hingga pertengahan 2022 karena Covid-19, berbagai kekhawatiran | berita Dunia

Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan gempa berkekuatan 7,5 skala Richter. Badan Meteorologi Jepang mengukur kekuatan gempa sebesar 7,6 skala Richter, dan mengatakan gempa tersebut adalah salah satu dari lebih dari 150 gempa susulan yang melanda wilayah tersebut pada Selasa pagi.

Warga merasakan beberapa gempa kuat pada Selasa pagi, termasuk gempa berkekuatan 5,6 skala Richter yang mendorong lembaga penyiaran nasional NHK untuk beralih ke program khusus.

“Tolong tarik napas dalam-dalam,” kata pembawa acara sambil mengingatkan pemirsa untuk memeriksa api di dapur mereka.

Peringatan tsunami telah dicabut

Pada hari Senin, gelombang setinggi setidaknya 1,2 meter menghantam kota Wajima, dan serangkaian gelombang tsunami yang lebih kecil dilaporkan terjadi di tempat lain.

Peringatan akan gelombang yang jauh lebih besar terbukti tidak berdasar, dan Jepang pada hari Selasa membatalkan semua peringatan tsunami.

Gambar yang diunggah di media sosial menunjukkan mobil dan rumah di Ishikawa bergetar hebat, dan orang-orang ketakutan ketika berada di toko-toko dan stasiun kereta api. Rumah-rumah runtuh dan retakan besar muncul di jalan.

Tayangan televisi menunjukkan tim pemadam kebakaran merangkak di bawah sebuah bangunan komersial besar yang runtuh di Wajima.

Mereka berteriak “Tunggu di sana! Tunggu di sana” sambil berjuang melewati tumpukan kasau dengan gergaji mesin.

Seorang pria lanjut usia mengatakan kepada NHK: “Ada guncangan yang belum pernah saya alami sebelumnya.”

“Di dalam rumah saya, sangat mengerikan… Saya masih hidup. Mungkin saya harus puas dengan itu.”

Rekaman video menunjukkan kebakaran di Wajima melahap deretan rumah, warga dievakuasi dalam kegelapan, ada yang membawa selimut dan ada pula yang membawa anak-anak.

NHK melaporkan bahwa 25 rumah runtuh di kota tersebut, termasuk 14 rumah di mana orang mungkin terjebak di dalamnya.

READ  Atlet Olimpiade Belarusia Kristina Tsimanoskaya menolak untuk pulang "dipaksa". Tokyo mengatakan "aman" di sini

Seorang petugas jaga di Departemen Pemadam Kebakaran Wajima mengatakan mereka masih menerima permintaan penyelamatan dan laporan kerusakan pada hari Selasa.

Jalan-jalan terputus di sebagian besar wilayah karena tanah longsor atau retakan, sementara beberapa kapal terbalik di pelabuhan Suzu, tulis Gubernur Ishikawa Hiroshi Hase di Twitter sebelumnya.

Perintah evakuasi dikeluarkan untuk 62.000 orang, menurut Badan Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana.

Kementerian Pertahanan mengatakan sekitar seribu orang tinggal di pangkalan militer.

Hentikan kereta peluru

Menteri Pertahanan Minoru Kihara mengatakan 1.000 tentara bersiap berangkat ke daerah tersebut, sementara 8.500 lainnya bersiaga. Sekitar 20 pesawat militer dikirim untuk mensurvei kerusakan.

Gempa bumi yang terjadi pada hari Senin mengguncang apartemen di ibu kota, Tokyo, sekitar 300 kilometer jauhnya, tempat resepsi publik Tahun Baru yang dijadwalkan akan dihadiri Kaisar Naruhito dan keluarganya dibatalkan.

Operator jalan raya Jepang mengatakan beberapa jalan raya utama ditutup di sekitar pusat gempa, dan layanan kereta peluru dari Tokyo dihentikan.

Jepang mengalami ratusan gempa bumi setiap tahunnya, sebagian besar tidak menimbulkan kerusakan apa pun.

Laporan pemerintah Jepang tahun lalu menyebutkan jumlah gempa bumi di wilayah Semenanjung Noto terus meningkat sejak 2018.

Jepang terkena gempa bawah laut berkekuatan 9,0 skala Richter di lepas pantai timur laut Jepang pada tahun 2011, yang menyebabkan tsunami yang menyebabkan sekitar 18.500 orang tewas dan hilang.

Bencana ini juga menenggelamkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima, yang menyebabkan salah satu bencana nuklir terburuk di dunia.

Otoritas Nuklir Jepang mengatakan tidak ada kerusakan yang dilaporkan di Pembangkit Listrik Tenaga Atom Shika di Ishikawa atau di pembangkit listrik lainnya setelah gempa hari Senin.

READ  Lebih dari 90 ular ditemukan di bawah sebuah rumah di California, foto menjadi viral | umum

Di Washington, Presiden AS Joe Biden diberi pengarahan tentang gempa bumi yang terjadi pada hari Senin dan menawarkan Jepang “bantuan apa pun yang diperlukan” untuk menangani dampaknya.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan “solidaritasnya” sementara Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menyampaikan belasungkawa dan bantuan.

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)