Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jika Anda Ingin Hal Itu …: Mobil Elektronik – Apakah Baterai Besar Benar-benar Bagus?

Siapa yang mau …
Mobil Elektronik – Apakah Baterai Besar Benar-Benar Bagus?

Mobil listrik tergoda oleh baterai dan jangkauan yang lebih besar. Ini membuatnya menarik bagi banyak pengemudi. Tetapi setiap sel lithium tambahan juga memiliki efek negatif pada keseimbangan ekologis.

Ketika mobil listrik pertama dengan baterai lithium muncul di pasaran lebih dari 10 tahun yang lalu, harganya juga sangat mahal karena mahalnya harga baterai. Bagi sebagian besar pengemudi, rasio kisaran harga juga salah. Banyak Stromer generasi pertama dapat menempuh jarak 100 kilometer hanya dengan sekali pengisian baterai. Sementara itu, harga baterai traksi telah turun tajam, dan banyak model terkini dengan jendela dengan jarak jauh yang sesuai tersedia dengan harga terjangkau.

Dalam banyak kasus, pelanggan dapat memilih dari ukuran baterai yang berbeda dan dengan demikian berkisar dari satu seri. Ada banyak argumen yang mendukung baterai sebesar mungkin, tetapi pada saat yang sama ia memiliki banyak kerugian. Menemukan keseimbangan yang sempurna tidaklah mudah.

Seberapa besar tas ransel ramah lingkungan

Di sini Volkswagen mendemonstrasikan bagaimana ia dapat menutup siklus hidup aki mobil elektronik.

(Foto: Volkswagen)

Mungkin aspek terpenting dari masalah ukuran adalah tas ramah lingkungan paket baterai. Mobil elektronik terutama dipromosikan sebagai alternatif mobilitas ramah lingkungan untuk mesin pembakaran, karena selama mereka mengisi bahan bakar sesering mungkin dengan listrik netral iklim, emisi karbon dioksida saat mengemudi juga sangat rendah. Tetapi ketika memikirkan tentang keseimbangan karbon dioksida, tas ransel ramah lingkungan baterai harus selalu diperhitungkan. Semakin besar ini, semakin besar dampak terkait terhadap lingkungan dan iklim.

Menurut perhitungan ADAC, sekitar 100 kilogram gas rumah kaca CO2 diproduksi per kilowatt-hour kapasitas dalam produksi baterai saja. Dalam kasus Kona Electric, misalnya, yang ditawarkan Hyundai dengan baterai 39 atau 64 kWh, emisi CO2 tambahan sekitar 2.500 kg sudah dihasilkan saat membuat varian baterai yang lebih besar, yang menurut ADAC, sesuai dengan rata-rata. Jumlah listrik di rumah dengan dua orang dalam dua tahun adalah dalam campuran listrik Jerman.

Selain itu, e-car dengan baterai besar memiliki kinerja yang lebih buruk dalam hal konsumsi, karena peningkatan kapasitas baterai juga berarti lebih berat secara signifikan, yang pada gilirannya meningkatkan konsumsi energi dan juga berdampak negatif pada jejak karbon.

Penambangan bahan baku

216476994.jpg

Penambangan litium di Bolivia.

(Foto: dpa)

Tapi polusi karbon dioksida bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan untuk lingkungan. Ekstraksi bahan mentah yang dibutuhkan untuk memproduksi baterai berdampak negatif terhadap lingkungan. Bahan penambangan seperti lithium menurunkan permukaan air di area pertambangan dan tidak pernah merobek lubang tanam di lanskap.

Di sisi lain, memiliki baterai yang lebih besar juga memberikan beberapa keuntungan dari segi penggunaan. Siapapun dengan e-car jarak jauh juga akan sering menggunakannya, karena kendaraan dengan jarak dekat tidak cocok untuk banyak skenario aplikasi atau harus dikenakan biaya yang banyak. Jika baterainya besar, maka Anda lebih fleksibel dalam banyak hal. Dan mobil elektronik dengan baterai besar biasanya memiliki teknologi pengisian daya, yang memungkinkan baterai terisi lebih cepat. Baterai besar juga bermanfaat bagi jiwa pengemudi, karena mengurangi rasa takut akan jangkauan potensial dan stres.

Baterai besar lebih tahan lama

Selain itu, ukuran mempengaruhi proses penuaan pada traksi baterai. Efek kritis pada kinerja jangka panjang adalah jumlah siklus pengisian, karena kapasitas daya menyusut sedikit dengan setiap pengisian. Ini juga dikenal sebagai degradasi. Semakin tinggi siklus pengisian daya, semakin besar hilangnya kapasitas dan karenanya penuaan baterai. Jika baterai menawarkan jangkauan 400 km, maka akan menghabiskan setengah dari masa pakai baterai dengan jangkauan hanya 200 km.

Penggantian baterai yang menghabiskan banyak biaya menjadi semakin tidak mungkin seiring dengan bertambahnya ukuran baterai, terutama karena baterai yang lebih besar selalu menyediakan buffer yang lebih besar saat kapasitas turun. Jika kapasitas baterai yang sudah kecil berkurang secara signifikan, ini dapat menyulitkan atau bahkan tidak mungkin untuk digunakan di musim dingin, karena suhu dingin membuat jangkauan baterai semakin menyusut, yang membatasi kemungkinan penggunaan baterai yang sangat rusak.

Tidak ada rumus umum

DB2019AL02541_medium.jpg

Produksi baterai Volkswagen di Braunschweig.

(Foto: Volkswagen)

Namun, tidak ada rekomendasi umum tentang ukuran baterai yang benar. Ini juga tergantung pada situasi kehidupan pribadi Anda dan penggunaannya. Jika Anda ingin menggunakan sumber daya sesedikit mungkin dan melindungi iklim sebaik mungkin, Anda harus memilih kendaraan listrik kecil dengan baterai kecil. Kereta bayi L7e yang ringan, seperti Microlino dua tempat duduk, yang akan diluncurkan tahun ini, sangat cocok di sini. Sebagai alternatif dari kurcaci listrik, ada model mobil seperti Fiat 500 versi dasar atau Mazda MX-30, yang menawarkan ukuran baterai sedang dan jarak tempuh sekitar 200 km.

Jendela rentang ini harus menyediakan ruang yang cukup untuk penghuni biasa. Model dengan baterai yang lebih kecil juga direkomendasikan bagi mereka yang ingin menggunakan kendaraan listrik terutama sebagai city car kedua. Di sisi lain, jika Anda hanya ingin memiliki mobil yang juga dapat digunakan untuk perjalanan yang lebih lama atau bahkan perjalanan liburan, Anda disarankan untuk membeli baterai yang lebih besar. Maka Anda tidak membutuhkan mobil kedua dengan mesin pembakaran untuk berjalan lama. Namun, jika Anda jarang membutuhkan mobil dalam perjalanan jauh, Anda bisa langsung menyewanya saat diperlukan dan menggunakan kendaraan listrik dengan baterai kecil untuk penggunaan sehari-hari. Penghematan yang diperoleh saat membeli Stromer dengan baterai kecil sudah cukup untuk banyak persewaan mobil.

Berbicara tentang biaya: Dalam hal ukuran baterai, anggaran yang tersedia selalu penting. Sebagai aturan umum, kisaran yang lebih besar juga membutuhkan lebih banyak uang. Raksasa jangkauan masih jauh di atas 50.000 euro, meskipun ada bonus inovasi. Jika baterai kecil cukup untuk Anda, Anda dapat online dengan lebih dari 10.000 euro berkat bonus lingkungan. Dengan baterai yang lebih kecil, hambatan finansial untuk memasuki mobilitas yang dianggap lebih ramah iklim juga menurun.

READ  Gedung perkantoran menara di Monopolis di Lodz sudah berdiri. Pada hari Rabu, penutup luar ditempatkan di atas gedung