Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jonathan Franzen mempersembahkan novel barunya “Crossroads” | NDR.de – Budaya

Status: 17/10/2021 08:57

Jonathan Franzen adalah salah satu penulis paling sukses di AS. Pada hari Sabtu ia mempersembahkan novel barunya “Crossroads” kepada audiens di Hamburg – tetapi “hanya” itu disiarkan langsung dari Amerika Serikat.

oleh Jens Büchsenmann

Sejak buku larisnya The Corrections, penulis yang berbasis di California, Jonathan Franzen, telah membedah keluarga seperti Philip Roth atau John Updike. Ini tentang hubungan satu sama lain, tentang suami, tentang orang tua dan anak-anak mereka, dan tentang tumbuh di daerah Amerika. Novel barunya “Crossroads,” yang baru-baru ini diterbitkan, adalah tentang kisah keluarga yang juga memiliki sesuatu yang khas tentangnya.

Franzen menelepon langsung dari Amerika Serikat

Jonathan Franzen terhubung langsung dari AS untuk membaca di Rolf-Liebermann-Studio di lapangan Norddeutscher Rundfunk di Hamburg Rotherbaum. Pada saat yang sama, semua non-peserta dapat mengalami acara tersebut melalui siaran langsung di jaringan rumah sastra di Jerman, Austria dan Swiss.

Hari sudah gelap di Jerman utara ketika Letnan Kolonel Jan Ehlert tiba di tempat penulis – seperti yang Anda lihat di layar lebar – pada sore California yang cerah. Saat Franzen sedang duduk di depan kamera di dapurnya, jam muncul tepat sebelum pukul dua siang.

Informasi tambahan

Buku ini merupakan pengantar trilogi yang akan muncul secara bersamaan dalam bahasa Inggris asli dan dalam beberapa bahasa lainnya. lagi

Franzen membaca bagian dari novel dalam bahasa Inggris, dan aktor Bernt Hahn membaca beberapa bagian dari “Crossroads” dalam bahasa Jerman. Ini kisah Francis, naksir Ross Hildebrandt, pendeta dan pria keluarga. Dia diam-diam bertemu janda di rumahnya, merokok kontrol pertamanya di sana – dan kemudian, takut ditemukan, gagal mencapai tujuannya untuk mendekati Francis.

READ  Siapa di luar siapa di final?

Kesenian besar penulis dimanifestasikan dalam gaya narasi Franzen: untuk menemukan kata-kata untuk para pahlawan, yang sering ia pahami hanya saat menulis. Untuk Marion, misalnya, istri Ross, yang jauh lebih saleh darinya dan yang menulis khotbah untuknya.

Penulis Jonathan Franzen langsung pergi dari Amerika Serikat ke Hamburg untuk membaca di studio Rolf Liebermann.  © NDR

Suara saya: Jonathan Franzen mempersembahkan novel baru “Crossroads” (4 menit)

“Crossroads” – sebuah novel keluarga?

Dalam “Crossroads,” Franzen menyajikan novel menarik yang memonitor dan dengan cermat menceritakan sebuah keluarga di Amerika. Namun, penulis tidak ingin menggunakan kategori “novel keluarga”. Entah itu Shakespeare atau orang Yunani kuno, keluarga selalu menjadi awal cerita, menurut penulisnya. Ini bukan “novelis keluarga”. Hanya Buddenbrooks, yang menyukainya, yang benar-benar pantas mendapatkan nama itu.

Dua puluh tahun yang lalu, kritikus menulis novelnya “The Corrections” bahwa itu tentang kisah keluarga yang disfungsional – sesuatu yang masih tidak disukai Franzen hari ini. Ketika diskusi sampai pada titik ini, menjadi jelas bahwa jarak dari Santa Cruz ke Hamburg secara teknis tidak relevan. Supervisor dan penulis Ehlert, Franzen, cukup dekat.

Menurut Franzen, Hildebrandts of New Prospect/ Michigan-nya, adalah sebuah keluarga dengan empat anak yang saling menjaga satu sama lain terlepas dari semua bencana dan rasa malu. Gila, itu hal untuk psikiater dan psikolog.

Antusiasme penonton

Setelah percakapan dan bagian-bagian dibacakan dalam bahasa Jerman dan Inggris, jelaslah bahwa para pembaca pertama dari novel mewah ini – dan mereka yang ada di sana dalam siaran langsung – telah menyaksikan sebuah peristiwa sastra yang hebat.

Dengarkan percakapan dengan Jonathan Franzen lagi di studio Sunday di NDR Kultur.

Topik ini ada dalam program:

Budaya NDR | Boulevard Klasik | 17.10.2021 | 14:20

NDR.logo