Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Juli mungkin merupakan bulan terpanas di dunia dalam “ratusan tahun”, kata seorang pakar NASA

Juli mungkin merupakan bulan terpanas di dunia dalam “ratusan tahun”, kata seorang pakar NASA

Tren panas ekstrem kemungkinan akan tercermin dalam laporan bulanan badan-badan AS.

Washington:

Gavin Schmidt, kepala ilmuwan iklim NASA, Kamis mengatakan bahwa Juli 2023 kemungkinan akan menjadi bulan terpanas di dunia dalam “ratusan, bahkan ribuan tahun.”

Bulan ini telah terlihat rekor harian dipecahkan menurut alat yang dijalankan oleh Uni Eropa dan Universitas Maine, yang menggabungkan data Bumi dan satelit ke dalam model untuk membuat perkiraan mentah.

Meskipun mereka sedikit berbeda satu sama lain, tren panas ekstrem tidak salah lagi dan kemungkinan akan tercermin dalam laporan bulanan yang lebih kuat yang dirilis oleh badan-badan AS nanti, kata Schmidt dalam pengarahan NASA dengan wartawan.

“Kami melihat perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia – gelombang panas di AS di Eropa dan China memecahkan rekor, kiri, kanan, dan tengah,” tambahnya.

Selain itu, efeknya tidak bisa semata-mata dikaitkan dengan pola cuaca El Niño, yang “baru saja muncul”.

Meskipun El Niño memainkan peran kecil, “apa yang kami lihat adalah pemanasan umum, hampir di mana-mana, terutama di lautan. Kami telah melihat rekor suhu permukaan laut, bahkan di luar daerah tropis, selama beberapa bulan.”

“Dan kami akan berharap itu terus berlanjut, dan alasan kami pikir itu akan berlanjut adalah karena kami terus memasukkan gas rumah kaca ke atmosfer.”

Apa yang terjadi sekarang meningkatkan kemungkinan bahwa 2023 akan menjadi tahun terpanas dalam catatan, yang Schmidt saat ini menetapkan “peluang 50-50” berdasarkan perhitungannya, meskipun dia mengatakan ilmuwan lain telah menetapkannya setinggi 80 persen.

“Tapi kami perkirakan tahun 2024 akan menjadi tahun yang lebih hangat, karena kita akan memulainya dengan peristiwa El Nino yang sedang berkembang sekarang, dan puncaknya pada akhir tahun ini.”

READ  Seekor laba-laba terlihat di peti mati ratu selama pemakaman

Peringatan Schmidt datang saat kebakaran yang mengerikan dan peringatan kesehatan mengguncang dunia minggu lalu, serta memecahkan rekor suhu.

(Kecuali untuk tajuk utama, cerita ini tidak diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari umpan sindikasi.)