Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jumlah bebas pajak penghasilan juga lebih tinggi untuk pembayar pajak tarif tetap?

Sistem pajak harus adil. Ini diumumkan oleh perwakilan pemerintah yang menawarkan kesepakatan Polandia. Tujuan ini harus dicapai sejak awal Tingkatkan jumlah bebas pajak menjadi 30.000 PLN per tahun. Saat ini, harga mayoritasnya adalah 3,091 PLN dan sekitar 8,000 PLN. Bagi mereka yang berpenghasilan rendah. Ambang pajak juga bisa diubah. Kedua, yang saat ini membayar pajak 32 persen, akan berjumlah 120 ribu PLN. Sekarang sudah di atas 85 ribu PLN. Namun, masih belum diketahui apakah tarif pajak akan tetap pada level saat ini (17% dan 32%).

Menurut politisi Partai Hukum dan Keadilan, sekitar 18 juta orang Polandia akan mendapat manfaat dari perubahan tersebut. Pemerintah juga ingin memperkenalkan penyelesaian pajak bersama di tahun pernikahan. Biaya pembebasan pajak yang tinggi juga telah disebutkan untuk penerima penghasilan 6 ribu. Hingga 10.000 PLN. Apalagi sudah diumumkan Pembebasan pajak bagi orang yang kembali dari imigrasi, serta pembebasan pajak penghasilan bagi individu yang bekerja di bawah kontrak kerja dengan pendapatan tahunan di kisaran 70 ribu. -130 engkau. PLN. Namun, kami tidak mengetahui detail dari solusi ini. Pengumuman Kementerian Keuangan hanya menunjukkan bahwa itu akan menjadi algoritma khusus yang akan menghitung jumlah penghapusan, yaitu pembebasan pajak, yang dapat dimanfaatkan oleh kelas menengah.

Periksa juga: Pajak di Lada Polandia – banyak wortel, tetapi juga tongkat >>

Siapa jumlah bebas pajak tertinggi?

Hal yang paling mengesankan di sini adalah meningkatkan jumlah bebas pajak. 30 ribu zlotys bebas pajak adalah solusi yang bagus. Namun, tidak diketahui siapa yang harus mempengaruhi perubahan ini – catat Izabela Rutkowska, Penasihat Pajak, Mitra di Savior Tax & Legal.

READ  Bill Gates dan Warren Buffet untuk membangun Natrium. Ini adalah reaktor nuklir tipe baru

Ahli menegaskan bahwa ketentuan jumlah bebas pajak saat ini tidak berlaku bagi wajib pajak yang melakukan kegiatan usaha perorangan yang telah memilih pajak tetap dan melunasinya dengan dasar tarif tetap, 19%. Titik. – Dalam kasus mereka, saat ini tidak mungkin untuk menggunakan jumlah bebas pajak – Isabella Rutkovskaya menegaskan. Jadi mereka membayar pajak penghasilan untuk zloty pertama mereka.

Masalah tersebut juga dicatat oleh Piotr Prokocki, seorang konsultan pajak dan pengacara di Vistra Poland. – Yang tidak diketahui besar adalah solusi teknis untuk digunakan meningkat menjadi 30 ribu. Jumlah PLN bebas pajak. Kami tidak tahu apakah semua wajib pajak pendapatan (termasuk mereka yang menggunakan tarif tetap) layak mendapatkannya. Kami juga tidak tahu apakah itu akan diberikan kepada semua orang dengan jumlah yang sama – tegasnya.

– Jika MF tetap memberlakukan aturan tersebut, liner akan kalah. Mereka yang melunasi pajak secara umum akan dapat mengurangi penghasilan kena pajak sebesar 30.000 PLN. Tarif tetap PLN dan pembayar PIT tidak akan memotong apapun. Ini adalah ketidaktahuan yang besar dan pemerintah harus menyerahkan tagihan tersebut secepat mungkin, seperti yang ditunjukkan oleh lawan bicara kami.

Tapi ini bukanlah akhir. Lapisan juga akan terpengaruh secara negatif oleh perubahan penyelesaian biaya asuransi kesehatan.

Lihat juga: Pengusaha akan memiliki kontribusi kesehatan yang lebih tinggi >>

Perubahan penggantian biaya asuransi kesehatan

Ini mengikuti dari tatanan Polandia bahwa setelah perubahan pajak tidak akan mungkin untuk memotong biaya asuransi kesehatan yang dibayarkan, seperti sekarang. Dana di akun ini ditransfer langsung ke Dana Kesehatan Nasional.

Menurut Dr. Grzegorz Keler, pengacara di SPCG, Dari sudut pandang pengusaha, salah satu solusi yang kurang baik adalah menyesuaikan premi asuransi kesehatan sesuai dengan jumlah pendapatan, yaitu justru meningkatkannya. Selain itu, premi asuransi tidak akan dipotong dari pajak. Jadi pada kenyataannya, pengusaha mungkin melupakan perubahan yang diusulkan. Sehingga tidak mungkin untuk memotong iuran asuransi kesehatan dari pajak juga akan berdampak pada pembayar pajak lainnya.

READ  Membanjirnya likuiditas menyebabkan tingkat suku bunga yang lebih negatif untuk klien swasta

Jika perubahan seperti itu diterapkan, akan sangat menambah beban keuangan bagi kelompok pengusaha yang sangat besar. Ini akan secara drastis meningkatkan pajak yang dikenakan pada orang-orang yang menjalankan bisnis dalam bentuk perseorangan atau kemitraan.

Bagaimana cara melarikan diri dari sistem Polandia?

Banyak pengusaha sudah meminta solusi untuk mengurangi dampak perubahan yang diumumkan pada sistem pajak. Menurut Piotr Prokocki, Sampai faktur diterbitkanTidak ada yang bisa menentukan sejauh mana aturan akuntansi pajak baru akan menaikkan pajak untuk wajib pajak tertentu. Pakar tersebut menekankan bahwa pengusaha harus menahan diri untuk tidak mengambil langkah-langkah untuk mengubah metode pajak.

Berbagai varian untuk dipertimbangkan

Tapi ternyata pembayar pajak sudah menunjukkan ketertarikan untuk “mentransfer” pajak ke negara lain.

Sayangnya, menggunakan solusi semacam itu membutuhkan perubahan domisili pajak, yang dalam kasus kepemilikan perseorangan berarti harus pindah ke negara lain.

Ini dikonfirmasi oleh penasihat pajak Agnieszka Czernik. – Untuk semua orang, terutama pengusaha perorangan yang bertanya kepada saya apa yang harus dilakukan, saya menjawab: satu-satunya pilihan adalah imigrasi – menegaskan lawan bicara kami. Ia juga menambahkan bahwa ada banyak tempat indah di dunia, di Republik Ceko, di Jerman.

Yang harus Anda lakukan adalah pindah ke sana. Tidaklah cukup untuk mendaftarkan perusahaan di Republik Ceko dan membayar biaya umum dan hukum Ceko selama tinggal di Wroclaw, Krakow atau Warsawa. Anda juga harus membuktikan dan membuktikan tempat tinggal di negara tertentu, yang juga terkait dengan pembayaran sewa, utilitas, dll. – kata Agnieszka Czernik.

Lihat lebih lanjut: Ada banyak tempat indah di dunia … untuk menjalankan bisnis >>

READ  Mereka menjual rumah seharga 1.700 zlotys, memberikan 32 ribu zlotys. PLN untuk perpanjangan. Semua karena "kepercayaan pada nasib buruk". Tapi ada tangkapan