Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Jupiter dan Saturnus akan terlihat di langit malam sepanjang Oktober

NASA mendesak para pengamat bintang untuk menikmati Malam dengan Raksasa bulan ini – planet besar Jupiter dan Saturnus akan muncul di langit malam selama beberapa minggu ke depan.

Di awal malam, Anda akan menemukan mereka di tenggara, perlahan-lahan bergerak ke barat dengan bintang-bintang sepanjang malam.

“Mereka membentuk segitiga dengan bintang terang Fomalhaut,” badan antariksa AS menjelaskan di situsnya.

Mengamati trio ini, perhatikan bagaimana planet-planet berkilau dengan cahaya yang stabil, sementara bintang berkelap-kelip. Ini bisa menjadi cara mudah untuk mengetahui apakah yang Anda cari adalah planet atau bintang.

Pada akhir bulan lalu, para astronom mengungkapkan bahwa Jupiter akan muncul pada ukuran terbesar dan paling terang dalam beberapa dekade, karena mendekati titik terdekatnya dengan Bumi dalam 59 tahun.

Jaraknya masih sekitar 367 juta mil dari kita, tetapi sejak Oktober 1963 para pengamat bintang memiliki peluang besar untuk melihat mereka di langit malam.

Mencari! NASA mendesak para pengamat bintang untuk menikmati Malam dengan Raksasa bulan ini – planet besar Jupiter dan Saturnus akan muncul di langit malam selama beberapa minggu ke depan. “Mereka membentuk segitiga dengan bintang terang Fomalhaut,” badan antariksa AS menjelaskan di situsnya.

Para astronom mungkin juga dapat mengamati gerakan mundur Mars bulan ini.  Bagan langit di atas menunjukkan jalur Planet Merah selama beberapa bulan pada tahun 2022 dan 2023 saat ia masuk, dan kemudian keluar, dalam gerakan mundur

Para astronom mungkin juga dapat mengamati gerakan mundur Mars bulan ini. Bagan langit di atas menunjukkan jalur Planet Merah selama beberapa bulan pada tahun 2022 dan 2023 saat ia masuk, dan kemudian keluar, dalam gerakan mundur

Pembeli: dasar-dasarnya

Jupiter adalah planet kelima dari matahari dan terbesar di tata surya kita.

Ini adalah bola gas besar yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium dengan beberapa elemen berat.

“Garis-garis dan pusaran yang akrab bagi Jupiter sebenarnya adalah awan badai amonia dan air yang dingin, mengambang di atmosfer hidrogen dan helium,” kata NASA.

READ  Mengapa jutaan nyamuk yang dimodifikasi secara genetik dapat dilepaskan di seluruh AS

“Bintik Merah Besar Jupiter adalah badai raksasa yang lebih besar dari Bumi dan telah meletus selama ratusan tahun.”

Planet ini berukuran dua kali lipat dari gabungan ukuran planet lain, dan Bintik Merah Besar saja sudah cukup besar untuk menampung seluruh Bumi di dalamnya.

Satu pesawat ruang angkasa – pengorbit Juno NASA – saat ini sedang menjelajahi dunia raksasa ini.

fakta dan angka

jarak dari matahari: 750 juta km

orbit: 12 tahun

luas permukaan: 61,42 miliar kilometer persegi

radius: 69.911 km

Massa: 1,898 x 10^27 kg (317,8 m3)

Panjang hari: 0d 9h 56m

bulan: 53 dengan sebutan resmi; Satelit tambahan tanpa batas

Raksasa gas itu mendekati Bumi hampir 60 tahun yang lalu pada 25 September, dan setelah 24 jam mencapai oposisi, yang berarti bahwa planet itu muncul di seberang Matahari dengan yang ada di Bumi.

Pendekatan terdekat ke planet dari Bumi jarang cocok dengan oposisi, yang menurut NASA berarti penampakan tahun ini akan “luar biasa.”

Tumpang tindih antara dua peristiwa, yang tidak akan terjadi lagi sampai tahun 2139, berarti Jupiter akan tampak lebih terang dan lebih besar di langit selama beberapa minggu ke depan.

Ketika datang ke penampakan langit lainnya bulan ini, Mars terus bergerak ke arah timur sepanjang tahun seperti biasanya, relatif terhadap bintang-bintang latar belakang.

Tetapi pada akhir Oktober, planet merah menghentikan gerakan yang tampak ini, dan kemudian tampaknya berbalik arah.

Selama tiga bulan berikutnya, dari November hingga akhir Januari, planet ini bergerak ke barat setiap malam, kemudian menjelang akhir Januari, ia berbalik arah lagi dan melanjutkan perjalanannya ke timur.

NASA mengatakan ini adalah apa yang disebut gerakan retrograde Mars.

“Itu terjadi setiap dua tahun, dan telah melemparkan pengamat awal ke dalam lingkaran setan,” tulis badan antariksa AS.

READ  Varian Omicron ditemukan dalam air limbah di Altamonte Springs

Tampaknya Mars yang berubah arah adalah ilusi yang disebabkan oleh gerakan planet kita di orbitnya, melewati planet merah di orbitnya.

Bumi dan Mars berada di jalur yang hampir melingkar mengelilingi matahari, seperti mobil di arena pacuan kuda, tetapi planet Bumi kita berada di jalur dalam tercepat.

Kira-kira setiap 26 bulan, kami melewati Mars, yang bergerak lebih lambat di orbitnya. Selama periode ketika kita melewati Mars, dan sebelum kita berbelok di orbit untuk menjauh darinya, kita melihat Mars mundur, dan tampaknya berubah arah, meskipun masih bergerak maju di orbitnya.

Astronom amatir diminta untuk mencatat bagaimana posisi Mars terhadap Betelgeuse, Aldebaran, dan Pleiades berubah selama berminggu-minggu.

“Anda akan menyaksikan apa yang dulunya merupakan sumber keingintahuan yang kuat bagi para astronom, tetapi sekarang kita tahu itu hanya pertanda dua planet lewat di malam hari,” tambah NASA.

Pada akhir bulan lalu, para astronom mengungkapkan bahwa Jupiter akan muncul pada ukuran terbesar dan paling terang dalam beberapa dekade, karena mendekati titik terdekatnya dengan Bumi dalam 59 tahun.

Pada akhir bulan lalu, para astronom mengungkapkan bahwa Jupiter akan muncul pada ukuran terbesar dan paling terang dalam beberapa dekade, karena mendekati titik terdekatnya dengan Bumi dalam 59 tahun.

Bintang: Di awal malam, Anda akan menemukan Jupiter dan Saturnus (ditampilkan) di sebelah tenggara langit, perlahan-lahan bergerak ke arah barat dengan bintang-bintang sepanjang malam

Bintang: Di awal malam, Anda akan menemukan Jupiter dan Saturnus (ditampilkan) di sebelah tenggara langit, perlahan-lahan bergerak ke arah barat dengan bintang-bintang sepanjang malam

Meteor Orionid juga aktif sepanjang Oktober dan November, dengan puncaknya pada malam 20 Oktober.

Ini adalah hujan sedang, biasanya menghasilkan 10-20 meteor per jam pada puncaknya, di bawah langit yang cerah dan gelap.

Kabar buruknya, tahun ini bulan akan penuh 20 persen pada malam puncak, sehingga akan sedikit mengganggu saat terbit dua jam sebelum fajar.

Namun, itu tidak boleh merusak pemandangan sepenuhnya.

Nama pancuran ini berasal dari fakta bahwa Anda dapat melacak jejak meteornya ke area di langit dekat Orion.

Meteorit ini adalah pecahan debu yang ditinggalkan oleh Komet Halley di jalur yang memanjang di sepanjang orbitnya. Mereka cenderung cerah dan bergerak cepat, sering meninggalkan jejak statis yang dapat bersinar di langit selama beberapa detik setelah Anda melewatinya.

READ  Hubble menangkap bintang raksasa panas di ambang kehancuran - bersinar dengan kecemerlangan sejuta matahari

Tidak diperlukan peralatan khusus untuk memantau hujan meteor.

Pastikan Anda cukup hangat, dan lihat dari tempat yang aman dan gelap, jauh dari cahaya terang. Maka yang harus Anda lakukan adalah mencari dan menikmati pertunjukannya, ”kata badan antariksa AS.

Saturnus: dasar-dasarnya

Saturnus adalah planet keenam dari matahari dan planet terbesar kedua di tata surya kita setelah Jupiter.

Itu dianggap sebagai “permata tata surya” dengan cincin insolasinya.

Ini bukan satu-satunya planet dengan cincin, tetapi tidak ada yang menakjubkan atau serumit Saturnus.

Seperti Jupiter, Saturnus adalah bola besar yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium, dengan beberapa elemen berat.

Intinya meluas hingga mencakup 60 persen dari radius dunia.

Ini mirip dengan bagian planet lainnya, tetapi terbuat dari zat yang mirip dengan gas, cairan mineral, batu, dan es.

Saturnus menemukan planet terjauh dari Bumi dengan mata telanjang, dan telah dikenal sejak zaman kuno.

Planet ini dinamai dewa pertanian dan kekayaan Romawi, yang juga ayah dari Jupiter.

Sementara Saturnus adalah tempat yang tidak mungkin bagi makhluk hidup untuk berakar, hal yang sama tidak berlaku untuk beberapa dari banyak bulannya.

Satelit seperti Enceladus dan Titan, rumah bagi lautan pedalaman, dapat mendukung kehidupan.

fakta dan angka

jarak dari matahari: 1,434 miliar km

orbit: 29 tahun

luas permukaan: 42,7 miliar kilometer persegi

radius: 58232 km

Massa: 5,683 x 10^26 kg (95,16 Megaohm)

Panjang hari: 0 hari 10 j 42 d

bulan: 82 dengan sebutan resmi; Satelit tambahan tanpa batas