Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kampanye unik TikTok Star Jagmeet Singh di Kanada

Jagmeet Singh adalah pemimpin non-kulit putih pertama dari partai politik federal Kanada.

Montreal:

Setelah konferensi persnya selesai, Jagmeet Singh mengeluarkan ponselnya dan mengumpulkan penonton untuk video Instagram dan memimpin mereka bernyanyi, melompat dan berputar di tempat saat syuting.

Berkampanye menjelang pemilihan cepat minggu depan, pemimpin Partai Demokrat Baru sayap kiri Kanada yang berusia 42 tahun itu ingin mewujudkan cara baru dalam berpolitik. Dan dengan sangat bergantung pada media sosial, ia berharap dapat menarik pemilih muda yang pernah membantu mendorong Perdana Menteri Justin Trudeau ke tampuk kekuasaan.

Beberapa jam kemudian, ia tampak melakukan rap di TikTok, di mana videonya biasanya melebihi satu juta penayangan.

“Orang-orang, di mana mereka? Mereka ada di media sosial. Saya mencoba menggunakan semua alat yang mungkin untuk terhubung dengan mereka,” kata Singh.

Selain kiri dalam spektrum politik Liberal yang dipimpin oleh Trudeau, partainya dapat menemukan dirinya memiliki pengaruh yang signifikan di House of Commons jika pemilih mengembalikan pemerintahan minoritas Liberal lainnya ke Ottawa.

Saat ini, Demokrat Baru dikreditkan dengan 20 persen niat suara, sementara Liberal dan Konservatif Trudeau, yang dipimpin oleh pemimpin yang sedang naik daun Erin O’Toole, masing-masing mendapat dukungan kurang dari 35 persen – di bawah ambang batas mayoritas kursi di Parlemen.

‘Angin perubahan’

“Singh, dengan kehadirannya di media sosial, mewujudkan pemuda dan angin perubahan yang membantu Trudeau beberapa tahun yang lalu, dan yang membedakannya dari yang lain adalah penggunaan TikToknya,” Felix Mathieu, profesor politik di Universitas Winnipeg , kepada AFP.

Di bidang kebijakan, peraturan partainya menggemakan liberal dalam banyak hal, tetapi sementara Trudeau, menurut Mr Singh, “pembicara besar dan pelaku kecil”, terutama tentang perubahan iklim, ia berjanji untuk mewujudkannya.

READ  Coronavirus | India mencatat 2.75.000 kasus baru dan 1.620 kematian pada 18 April 2021

Dia telah berjanji untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca pada tahun 2030, menaikkan pajak pada orang kaya, membatalkan utang mahasiswa, dan memeriksa kenaikan harga perumahan.

“Saya bukan Justin Trudeau. Saya tidak seperti dia. Saya menjalani kehidupan yang berbeda,” kata Singh saat mengunjungi komunitas adat di Saskatchewan yang menderita akibat kebijakan federal masa lalu yang melucuti bahasa dan budaya mereka.

“Saya pernah merasakan sakit, bagaimana rasanya menjadi kurang dari (karena penampilannya). Saya mengerti sakitnya tidak dihargai.”

Lahir di Ontario dari orang tua yang melarikan diri dari penganiayaan di negara asal mereka, India, Singh menjadi pemimpin non-kulit putih pertama dari partai politik federal Kanada dan mudah dikenali dari turbannya yang berwarna cerah.

“Itu membantunya menonjol saat dia menjalankan pemilihan dengan peti perang yang lebih kecil dari peti Liberal, misalnya,” kata Mathieu. “Tapi apakah ini akan menghasilkan lebih banyak suara, tidak jelas”,

“Sebagian besar pengikutnya belum cukup umur untuk memilih,” tambah Mathieu di TikTok.

Pada 20 September, tidak seperti pemungutan suara sebelumnya, “tidak akan ada pemungutan suara di kampus-kampus karena pandemi dan itu buruk bagi NDP,” kata Genevieve Teller, seorang profesor politik di Universitas Ottawa.

Kampanye media sosialnya, Emily Coates, dari NDP mengatakan, “telah mendorong jutaan orang untuk menonton dan berpartisipasi dalam konten kami.”

Dia mengatakan itu meningkatkan dukungannya di antara pemilih yang memenuhi syarat, tetapi juga menarik pasukan sukarelawan yang pergi berkampanye untuknya.

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)