Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kantor Kejaksaan Agung Hongaria tertinggal dari rekan-rekannya di Republik Ceko dan Polandia karena perang menurunkan upah pada kuartal pertama

Bank OTP Hungaria Nyrt. Pada kuartal pertama tahun 2022, kinerja pemberi pinjaman di Polandia dan Republik Ceko kurang baik karena eksposur ke Ukraina dan Rusia mengurangi pendapatan mereka.

Dalam sampel bank-bank besar di tiga negara, semua pemberi pinjaman kecuali OTP Bank melihat pertumbuhan laba bersih yang kuat dari tahun ke tahun di tengah kenaikan suku bunga, penerbitan penyisihan kerugian kredit terkait COVID 19 dan pemulihan dari pandemi. Data S&P Global Market Intelligence menunjukkan bahwa sebagian besar juga membukukan peningkatan triwulanan.

Ketidakpastian ekonomi, geopolitik dan peraturan, terutama di Hongaria dan Polandia, dapat berdampak negatif terhadap prospek pendapatan bank di kuartal mendatang. Harga saham OTP Bank turun 48% sejak awal tahun, penurunan terbesar dalam sampel. Pemberi pinjaman lain juga berkinerja buruk pada Indeks Bank EURO STOXX yang lebih luas, yang pada gilirannya turun sekitar 8%.

OTP Bank melaporkan kerugian bersih sebesar HUF 33,4 miliar pada kuartal pertama, setara dengan sekitar $ 100,6 juta pada akhir Maret, setelah meningkatkan biaya risiko pada ketentuan masa depan untuk operasi Rusia dan Ukraina. Total eksposur kredit OTP Bank of Russia untuk 3,25 miliar euro pada akhir 2021. Unit Rusia diharapkan mencapai hasil positif pada akhir 2022, kata bank dalam panggilan kinerja baru-baru ini. Namun, dia memperingatkan bahwa undang-undang tambahan mungkin diperlukan tergantung pada bagaimana situasi di Ukraina berkembang.

Sementara itu, Santander Bank Polska SA cabang Polandia, cabang Polandia Banco Santander SA, membukukan kenaikan laba bersih hampir 396% pada kuartal pertama. dan tingkat tahunan. reformis. Laba bersih pemberi pinjaman Polandia, Polska Kasa Opieki SA atau Bank Pekao dan ING Bank ląski SA, masing-masing naik 263% dan 102%, tahun ke tahun. Ceská sporitelna as dan Komercní banka sebagai dua unit Ceko dari Erste Group Bank AG dan Société Générale SA melihat keuntungan mereka tumbuh masing-masing sebesar 95% dan 86%, dari tahun ke tahun.

READ  BMW M240i xDrive Coupé im Test

Dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2021, Komerční mencatat penurunan laba bersih sekitar 13%, menempati peringkat kedua setelah OTP Bank dalam hal tingkat pertumbuhan. Anak perusahaan Commerzbank AG di Polandia, mBank SA, meningkatkan laba bersihnya menjadi €110,9 dari rugi bersih kuartal keempat sebesar €353,3 juta. Pemberi pinjaman lain dalam sampel menunjukkan pertumbuhan laba bersih triwulanan dua digit, dengan pengecualian cabang Ceko dari KBC Group NV Ceskoslovenská obchodní banka atau SOB, yang meningkatkan pendapatan hampir 4%.

gambar SNL

Sebagian besar bank dalam sampel juga meningkatkan margin bunga bersih mereka, yang menunjukkan perbedaan antara pendapatan bunga yang mereka terima dari pemberi pinjaman dan bunga yang mereka bayarkan kepada kreditur, termasuk deposan.

Pemberi pinjaman Polandia menunjukkan keuntungan marjinal yang solid secara tahunan dan triwulanan yang diuntungkan dari kenaikan 510 basis poin dalam suku bunga utama bank sentral selama delapan bulan terakhir, sementara suku bunga deposito tetap rendah selama periode yang ditinjau.

Margin bunga bersih, atau NIM, telah lebih jauh dibatasi di bank-bank terbesar Ceko karena pinjaman yang lambat dan lingkungan persaingan yang kuat, kata Thomas Wheeler, manajer portofolio untuk perusahaan pialang Ceko Cyrus, S&P Global Market Intelligence.

OTP Bank adalah satu-satunya bank yang mengalami penurunan triwulanan dan tidak ada peningkatan dari tahun ke tahun dalam margin bunga bersihnya, meskipun tetap secara signifikan lebih tinggi daripada kebanyakan bank dalam sampel. bank Dia berkata Pada basis triwulanan, margin unit Rusia menurun, dan NIM juga menurun dalam operasi intinya di Hongaria, serta di Serbia, Slovenia, dan Kroasia, meskipun diperkirakan akan stabil di kuartal mendatang.

gambar SNL

Nilai aset keuangan Bank OTP meningkat menjadi 290,5 juta euro dari 63,9 juta euro pada kuartal sebelumnya dan 33,1 juta euro pada tahun sebelumnya, karena ketentuan untuk operasi Ukraina dan Rusia. Polski PKO Bank Polski SA, yang memiliki eksposur langsung ke Ukraina, membuat ketentuan tambahan untuk eksposur di Eropa Timur, tetapi depresiasi keseluruhan aset keuangan turun kuartal ke kuartal karena mampu membebaskan cadangan di wilayah lain.

READ  Mungkin mereka enggan “berita” untuk membicarakan inflasi. Tapi karena TVP-nya ingin dewasa

Pekao Bank dan Santander Bank Polska, serta pemberi pinjaman Ceko eská spořitelna, keduanya melaporkan penurunan aset keuangan secara triwulanan dan tahunan. Depresiasi unit ING Groep NV dari ING Bank ląski meningkat secara triwulanan dan tahunan. Komerční juga mencatat penurunan triwulanan yang lebih tinggi, sementara penurunan di bank Ceko lainnya, SOB, tetap negatif.

gambar SNL

cakrawala

Program bantuan pemerintah yang direncanakan untuk pemegang pinjaman hipotek mungkin memiliki dampak yang signifikan pada hasil keuangan bank Polandia pada tahun 2022. Menurut perkiraan pemerintah terbaru, biaya program untuk bank dapat mencapai PLN 8,9 miliar tahun ini. Asosiasi Bank Polandia memperkirakan bahwa penangguhan pembayaran hipotek, yang merupakan bagian dari program yang direncanakan, dapat merugikan bank itu sendiri sebesar PLN 16 miliar pada tahun 2022.

Bank Polandia juga menghadapi kontribusi yang lebih tinggi untuk dana jaminan bank lokal, serta biaya simpanan pelanggan yang lebih tinggi, menurut mBank dan Standard & Poor’s Global Market Intelligence Pekau.

OTP Bank dan pemberi pinjaman Hungaria lainnya menghadapi pukulan keuntungan dari rencana pemerintah untuk mengenakan pajak sementara pada perusahaan yang beroperasi di negara itu. Jovan Sekmic, kepala analis di Raiffeisen Research, mengatakan kepada S&P Global Market Intelligence bahwa pajak baru dapat menghilangkan hampir 40% dari pendapatan dasar sektor perbankan.

Harapannya, beban pajak perbankan melonjak empat hingga lima kali lipat dibandingkan sistem saat ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan penurunan yang signifikan dalam profitabilitas sektor ini dalam dua tahun ke depan. OTP Bank mengatakan kepada S&P Global Market Intelligence bahwa mereka tidak dapat mengomentari pajak yang direncanakan Hungaria sampai peraturan diumumkan.

Sementara itu, bank Ceko akan menghadapi tantangan pinjaman, terutama di sektor hipotek ritel, menurut Weiler.

READ  PKP InterCity menawarkan tarif dinamis. Apa artinya itu bagi penumpang?

Masalah lain adalah efek yang lebih lemah [economic] Meningkatkan kualitas portofolio pinjaman. Lingkungan makro yang memburuk akan segera diterjemahkan ke dalam peningkatan cadangan, yang akan mengurangi keuntungan, kata analis.

Bank juga harus bersaing dengan biaya operasional yang lebih tinggi karena kenaikan inflasi, kata Patrik Rosumerscu, kepala ekonom di UniCredit cabang Ceko. Standard & Poor’s Internasional Intelijen pemasaran. Kekhawatiran biaya juga digaungkan oleh Pekao Polandia dan mBank.