Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Karena reaksi banyak pemerintah terhadap pameran Pegasus, India adalah negara terpencil

Perkembangan seputar skandal Pegasus dalam beberapa hari terakhir seharusnya membuat perusahaan Israel, NSO Group, tidak mungkin mengaburkan sifat terpusat dari gudang data pelanggan yang bocor bulan lalu.

Fakta bahwa otoritas keamanan siber Prancis telah secara independen mengesahkan keberadaan Pegasus Di telepon dua jurnalis Prancis yang ada di database Ini membatalkan klaim perusahaan Israel bahwa daftar nomor yang bocor dimaksudkan untuk digunakan oleh pelanggannya untuk “tujuan lain” dan tidak untuk menyebarkan spyware mematikan terhadap warga dan orang asing yang tidak curiga.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan pembukaan penyelidikan kasus Pegasus setelah nomor pribadinya dan sejumlah menteri Prancis muncul dalam daftar yang bocor.

Pemerintah Narendra Modi telah berusaha mendiskreditkan metode pengujian Lab Teknologi AI, meskipun metodologinya telah diverifikasi oleh Citizen Lab di University of Toronto. Sekarang, dengan pemerintah Prancis secara independen mengesahkan hasil Proyek Pegasus, akan ada lebih banyak tekanan pada pihak berwenang India untuk mengumumkan penyelidikan. Ini juga harus meyakinkan sistem peradilan untuk mempertimbangkan penyelidikan independen.

NSO Group, dalam kontak awalnya, mencoba membingungkan berbagai hal dengan mengatakan bahwa database yang bocor itu ditautkan ke pelanggannya hanya untuk mencari “layanan pencarian HLR”. Ini tentang mengidentifikasi dan mengautentikasi koneksi telepon aktif dalam database sebelum layanan apa pun disediakan. NSO mencoba untuk menyiratkan bahwa identifikasi dan otentikasi orang-orang dalam database ini untuk tujuan lain yang sah dan bukan untuk menyediakan spyware.

Faktanya, menggunakan “Layanan Pencarian HLR” atau layanan pendaftaran lokasi rumah hanyalah langkah pertama untuk mengautentikasi pelanggan sebelum menawarkan layanan, perangkat lunak komersial, atau spyware apa pun. Ini adalah layanan publik, dalam cara berbicara. Bahkan sebelum spyware diperkenalkan, otentikasi semacam itu diperlukan, menurut para ahli. Jadi klaim NSO bahwa database Cerita Terlarang yang diakses mencakup orang-orang acak dari berbagai negara hanya untuk beberapa layanan pemantauan HLR komersial bukanlah air. Tak seorang pun, termasuk pemerintah Israel, yakin dengan alasan yang dibuat oleh NSO ini. Jika tidak, mengapa otoritas Israel? Merampok Gedung NSO? Atau mengapa NSO terpaksa menangguhkan layanan spyware-nya ke beberapa negara – seperti yang diklaim oleh beberapa media – padahal NSO bersikeras bahwa database itu hanya menyediakan layanan pencarian HLR komersial.

READ  Seorang diplomat Swiss di Iran ditemukan tewas setelah jatuh dari sebuah gedung apartemen

Jika database hanya terdiri dari beberapa layanan HLR jinak yang disediakan oleh NSO, mengapa pemerintah AS secara serius mengangkat masalah penjualan Pegasus NSO dengan pejabat Israel? Faktanya, semua perkembangan ini mengalir dari database yang bocor dan database adalah sumber dari Galeri Pegasus.

Sejauh menyangkut pemerintah Prancis dan Amerika Serikat, sifat basis data yang bocor itu jelas ditetapkan dengan menguji sampel ponsel oleh AI dan otoritas keamanan siber Prancis, yang menemukan bahwa Pegasus telah digunakan terhadap setidaknya 37 ponsel cerdas, termasuk Di 10 itu di India.

Tulisan di dinding cukup lugas, dan juga lebih baik bagi pihak berwenang India untuk tidak menipu lagi. Pertanyaan terus-menerus oleh pemerintah Modi tentang mekanisme pengujian telepon dan keandalan database yang bocor membuatnya tampak sejalan dengan perusahaan Israel. Ini adalah optik yang mengejutkan dan semakin cepat PMO menyadari hal ini, semakin baik.

Kemungkinan juga bahwa sistem peradilan di India akan melihat penyimpangan yang tidak disesuaikan tersebut. Tentu saja, sebelum menyelidiki pertanyaan yang lebih besar tentang penggunaan Pegasus, pemerintah India terlebih dahulu harus pergi ke pengadilan tentang apakah India membeli spyware dan menghabiskan uang publik untuk itu. Tidak ada jalan keluar dari pertanyaan ini. Fakta ini akan muncul lebih cepat daripada nanti.