Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kartu merah AS untuk China atas penindasan Xinjiang, Tibet, dan Hong Kong | berita Dunia

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi telah berbicara dengan Amerika Serikat untuk mengangkat semua masalah bendera merah dengan China.

Wendy Sherman, menurut juru bicara Departemen Luar Negeri, telah mengangkat isu genosida Xinjian, pelanggaran hak asasi manusia di Tibet dan kampanye anti-demokrasi Beijing di Hong Kong.

Sherman menyampaikan keprihatinan Washington atas keengganan Republik Rakyat China untuk bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam mencapai tahap kedua asal mula penyakit virus corona (COVID-19).

Pejabat senior AS telah menyatakan keprihatinan tentang asal usul Covid-19 pada saat badan intelijen AS diharapkan melaporkan asal mula epidemi dan peran Institut Virologi Wuhan dalam penyebaran penyakit.

Selama kunjungan Sherman ke China, Menteri Luar Negeri AS akan datang ke India pada Selasa malam untuk memperdalam hubungan bilateral dengan New Delhi. Ini termasuk menstabilkan Afghanistan, agresi China di kawasan Indo-Pasifik, memerangi terorisme, dan memperkuat kerja sama pertahanan.

“Wakil Menteri Luar Negeri juga mengangkat isu warga AS dan Kanada yang ditahan di Republik Rakyat China (RRC) atau terkena larangan keluar, dan mengingatkan pejabat RRT bahwa orang tidak tawar-menawar,” juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan tentang pembicaraan itu. Itu diadakan di Tianjin, sebuah kota 100 kilometer dari ibu kota Beijing, menambahkan bahwa diskusi itu “terus terang dan terbuka”.

Diplomat kedua AS juga menekankan pentingnya kerja sama di bidang-bidang yang menjadi perhatian global, seperti krisis iklim, pengendalian narkoba, non-proliferasi, masalah regional termasuk tentang Semenanjung Korea, Iran, Afghanistan, Burma, dan Departemen Luar Negeri. Dia berkata.

Ia menambahkan bahwa kedua pemimpin juga membahas cara untuk mendefinisikan istilah untuk manajemen yang bertanggung jawab atas hubungan AS-China.

READ  Center membela kebijakan vaksin, mengatakan laporan ketidaksetaraan 'tidak berdasar'

Sherman sedang dalam kunjungan dua hari ke China, di mana dia juga bertemu dengan pejabat terkemuka. Dia menyatakan belasungkawa tulus Amerika Serikat atas nyawa yang hilang dalam banjir dahsyat di Provinsi Henan minggu ini.