Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Katakanlah keju! Pencitraan galaksi menangkap 3 miliar bintang

Tanjung Canaveral, Florida – Sesi pencitraan galaksi telah menangkap lebih dari 3 miliar bintang dan galaksi di salah satu survei langit terbesar yang pernah ada.

Sebuah kamera bertenaga gelap pada teleskop di Chili melakukan pengamatan selama dua tahun, dengan fokus pada langit belahan bumi selatan. NOIRLab dari National Science Foundation merilis hasil survei minggu ini.

Ditampilkan dengan sangat detail, sebagian besar objek Bima Sakti ini adalah bintang. Jumlahnya juga mencakup galaksi-galaksi kecil dan jauh yang mungkin disalahartikan sebagai bintang individu.

Ini seperti mengambil gambar kelompok dan mampu membedakan tidak hanya setiap individu, tetapi juga warna baju mereka, kata ketua peneliti Andrew Saydjari, seorang mahasiswa PhD dalam bidang fisika di Universitas Harvard.

“Meski berjam-jam menatap gambar yang berisi puluhan ribu bintang, saya tidak yakin otak saya telah berputar sebesar angka-angka itu,” kata Sedjari dalam email.

Survei terbaru ini sekarang mencakup 6,5% dari langit malam, menurut para peneliti. Itu termasuk hasil survei yang diterbitkan pada 2017 yang memeringkat dua miliar benda langit, kebanyakan dari mereka adalah bintang.

Dengan ratusan miliar bintang di Bima Sakti, katalog kosmik pasti akan bertambah. Tidak ada pembaruan lebih lanjut untuk survei khusus ini, kata Sedjari, tetapi teleskop yang akan datang akan memproses wilayah langit yang lebih luas.

___

Bagian Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari grup Media Sains dan Pendidikan Howard Hughes Medical Institute. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.

READ  Ahli astrofisika mengungkapkan simulasi alam semesta terbesar yang pernah ada - bagaimana gravitasi membentuk distribusi materi gelap