Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Keasaman otak terkait dengan berbagai gangguan neurologis: ScienceAlert

Keasaman otak terkait dengan berbagai gangguan neurologis: ScienceAlert

Dalam upaya penelitian global, para ilmuwan telah menemukan hubungan antara masalah metabolisme otak dan berbagai gangguan neurologis, kejiwaan dan neurodegeneratif, mulai dari autisme hingga penyakit Alzheimer dan banyak lagi.

Meskipun gejalanya beragam, kondisi-kondisi ini – serta depresi, epilepsi, skizofrenia, disabilitas intelektual, dan gangguan bipolar – semuanya melibatkan gangguan dan gangguan kognitif pada tingkat tertentu. Sering terlibat Sifat genetik atau metabolik, menunjukkan dasar biologis yang sama.

Kolaborasi ekstensif yang dilakukan oleh Konsorsium Internasional untuk Proyek pH Otak, yang melibatkan 131 ilmuwan dari 105 laboratorium di tujuh negara, telah mengidentifikasi perubahan pH otak dan tingkat laktat pada hewan sebagai penanda utama ketidakseimbangan metabolisme ini.

“Kami ditampilkan sebelumnya Perubahan seperti itu biasanya diamati pada lima model tikus yang menderita skizofrenia, gangguan bipolar, dan autisme. Menulis di makalah yang mereka terbitkan.

“Namun, penelitian mengenai fenomena ini pada model hewan masih terbatas, sehingga sifat umum penyakit pada model hewan lainnya tidak pasti.”

Temuan mereka mungkin mengarah pada cara-cara baru untuk mendiagnosis dan mengobati gangguan kompleks ini, yang mempengaruhi sebagian besar populasi dunia.

“Penelitian ini dapat menjadi titik awal untuk mengidentifikasi target terapi umum pada berbagai gangguan neuropsikiatri.” Dia berkata Ahli fisiologi molekuler dan seluler Masayuki Matsushita dari Universitas Ryukyus di Jepang.

Perubahan laktat bisa Pengaruh transmisi informasi di neuron Dengan mengganggu keseimbangan fungsional antara jaringan otak yang merangsang dan menghambat. Peningkatan kadar laktat di otak dapat menyebabkan pH rendah, yang… Bukti menunjukkan Ini adalah ciri umum lainnya pada sebagian besar kelainan yang dipelajari di sini.

Dengan memeriksa seluruh sampel otak dari berbagai model hewan, termasuk tikus, tikus dan anak ayam, beberapa di antaranya dimodifikasi secara genetik untuk meniru berbagai penyakit neuropsikiatri dan neurodegeneratif, tim menemukan perubahan yang konsisten pada pH otak dan tingkat laktat.

READ  Wabah meningitis jamur menewaskan 7 orang; CDC mendesak pengujian

“Ini adalah studi sistematis pertama dan terbesar yang mengevaluasi pH otak dan tingkat laktat pada berbagai model hewan yang mengalami gangguan neuropsikiatri dan degenerasi saraf.” Dia berkata Penulis pertama Hideo Hagihara, seorang ilmuwan medis di Universitas Kesehatan Fujita di Jepang.

Perlu dicatat bahwa sekitar 30 persen… 2.294 Hewan yang diteliti, dalam 109 model berbeda, menunjukkan perubahan signifikan pada pH dan kadar laktat. Artinya, kelainan ini umum terjadi pada banyak kondisi neurologis dan kejiwaan.

Model hewan yang mengalami depresi yang disebabkan oleh stres, diabetes, atau radang usus besar – yang semuanya menyebabkan risiko depresi lebih tinggi – menunjukkan pola yang konsisten berupa penurunan pH otak dan peningkatan kadar laktat.

Hal ini menunjukkan bahwa berbagai faktor genetik atau lingkungan yang dapat memicu perbedaan ini, seperti peradangan, dapat memengaruhi metabolisme otak dan berkontribusi pada perkembangan kondisi neuropsikiatri.

Respons yang beragam terlihat pada model autisme, beberapa menunjukkan peningkatan pH dan penurunan kadar laktat, sementara yang lain menunjukkan pola sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa mungkin terdapat subset yang berbeda Ketidakseimbangan metabolisme pada individu dengan gangguan spektrum autisme.

Dalam tes perilaku, tim mengamati hubungan kuat antara kadar laktat yang tinggi dan kinerja memori kerja yang buruk, yang menurut mereka menunjukkan bahwa ketidakseimbangan metabolisme dapat secara langsung memengaruhi kemampuan kognitif pada berbagai gangguan neurologis dan kejiwaan.

Disfungsi mitokondria adalah Hal ini terkait dengan banyak gangguan neuropsikiatri Defisit memori kerja seringkali merupakan gejala umum. Disfungsi mitokondria pada neuron Dapat mengakibatkan konsumsi lebih sedikit laktat Untuk menghasilkan energi, karena akumulasinya dapat menyebabkan buruknya fungsi pembelajaran dan memori.

Tapi produksi laktat ada Diperlukan untuk pembentukan memori Selain itu, kadar yang rendah juga dapat menyebabkan disfungsi.

READ  Seorang wanita dengan penyakit otot langka bernyanyi untuk melatih paru-parunya

Secara keseluruhan, para penulis mengatakan hasil mereka menunjukkan bahwa perubahan pH otak dan tingkat laktat, meskipun perubahan tersebut memberikan manfaat. Mereka mungkin berfungsi sebagai biomarker untuk gangguan neuropsikiatri yang menyertai gangguan kognitif.

“Studi di masa depan akan fokus pada mengungkap strategi pengobatan yang efektif pada beragam model hewan dengan perubahan pH otak,” kata Miyakawa. Dia berkata.

“Hal ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan pengobatan yang disesuaikan untuk subkelompok pasien yang ditandai dengan perubahan spesifik dalam metabolisme energi otak.”

Penelitian ini dipublikasikan di ehidup.