Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kebakaran Maui membunuh 53 orang dan orang-orang melompat ke laut.  Lahaina yang bersejarah terbakar habis

Kebakaran Maui membunuh 53 orang dan orang-orang melompat ke laut. Lahaina yang bersejarah terbakar habis

Korban tewas akibat kebakaran hutan di Maui naik menjadi 53 Kamis karena kobaran api yang bergerak cepat yang mengurangi resor Lahaina menjadi reruntuhan yang membara sudah 80% terkendali, kata para pejabat.

Pulau yang merupakan bagian dari negara bagian Hawaii AS itu dikejutkan oleh setidaknya tiga kebakaran besar yang terjadi pada Selasa malam, memotong sisi barat pulau dan kota bersejarah Lahaina, dengan lebih dari 270 bangunan hancur atau rusak.

Banyak orang menderita luka bakar, menghirup asap dan cedera lainnya. Upaya pencarian dan penyelamatan terus berlanjut, dan ribuan orang telah melarikan diri ke tempat penampungan darurat atau meninggalkan pulau itu.

Kebakaran hutan mengejutkan sebagian besar penduduk dan pengunjung Lahaina, memaksa beberapa orang melompat ke laut untuk menghindari api yang bergerak cepat. Ribuan turis berusaha meninggalkan Maui, banyak dari mereka tinggal di bandara menunggu penerbangan.

Vixay Funksilinkham, seorang turis dari Fresno, California, mengatakan dia terjebak di Front Street Lahaina di dalam mobil sewaan bersama istri dan anak-anaknya saat api mendekat, memaksa keluarga tersebut untuk meninggalkan mobil dan melompat ke Samudera Pasifik.

“Kami mengapung sekitar empat jam,” kata Funxelinkham dari bandara sambil menunggu penerbangan dari pulau, menjelaskan bagaimana mereka meraih potongan kayu untuk mengapung.

“Itu adalah liburan yang berubah menjadi mimpi buruk. Saya mendengar ledakan di mana-mana, jeritan, dan beberapa tidak muncul. Saya merasa sangat sedih.”

Korban tewas naik 17 Kamis, menjadi 53, Maui County mengatakan dalam sebuah pernyataan.Dilaporkan juga bahwa Api Lahaina 80% terkendali, dengan petugas pemadam kebakaran mengamankan perimeter area hutan belantara yang terbakar.

Api Pulehu, sekitar 20 mil (30 km) timur Lahaina, 70% dapat diatasi. Kabupaten Maui mengatakan tidak ada perkiraan kebakaran Upcountry di blok timur tengah pulau itu.

READ  Perdagangan dengan Pakistan tidak mungkin dilakukan saat mendukung terorisme lintas batas: sumber pemerintah India

Kebakaran Lahaina membuat seluruh lingkungan menjadi abu di sisi barat pulau. Lahaina adalah salah satu daya tarik utama Maui, menarik dua juta turis setiap tahun, atau sekitar 80% pengunjung pulau itu.

Turis dan penduduk setempat melarikan diri dengan sedikit atau tanpa barang bawaan mereka karena api menyebar dengan cepat karena kondisi kering, penumpukan bahan bakar, dan angin kencang.

“Di sekitar saya sangat panas, saya merasa seperti baju saya akan terbakar,” kata Nicoangelo Knickerbocker, 21, seorang penduduk Lahaina, dari salah satu dari empat tempat penampungan udara terbuka di pulau itu.

Knickerbocker mendengar mobil dan pom bensin meledak, dan segera setelah itu melarikan diri dari kota bersama ayahnya, hanya membawa pakaian yang mereka kenakan dan anjing keluarga.

Foto: AP

“Sepertinya perang sedang terjadi,” katanya.

Sebagian besar pengungsi di penampungan peringatan perang Kamis pagi, tiba dengan kaget, “dengan tatapan kosong,” kata Dr. Gerald Tarrão Montano, seorang dokter anak yang secara sukarela bekerja shift enam jam pada Rabu malam.

“Beberapa tidak menyadari bahwa mereka telah kehilangan segalanya,” katanya, meminta sumbangan berupa pakaian, perlengkapan, makanan, susu formula bayi dan popok.

Kebakaran itu merupakan bencana terburuk yang melanda Hawaii sejak 1960, satu tahun setelah menjadi negara bagian AS, ketika tsunami merenggut 61 nyawa.

Foto: AP

Nasib beberapa kekayaan budaya Lahaina masih belum jelas. Seorang saksi Reuters mengatakan pohon beringin bersejarah setinggi 60 kaki (18 meter), yang menandai tempat istana Raja Kamehameha III dari Hawaii abad ke-19 pernah berdiri, masih berdiri, meskipun beberapa cabangnya tampak hangus.

“Kita perlu membangun kembali seluruh kota Lahaina, saya rasa,” kata Gubernur Green kepada KHON TV 2.

READ  AS dalam pembicaraan dengan India tentang memikirkan kembali senjata Rusia dan ketergantungan energi
Foto: AP

Presiden AS Joe Biden telah menyetujui deklarasi bencana untuk Hawaii, yang memungkinkan individu dan pemilik bisnis yang terkena dampak untuk mengajukan perumahan federal dan hibah pemulihan ekonomi.

Para pejabat mengatakan penyebab kebakaran hutan di Maui belum ditentukan, tetapi Layanan Cuaca Nasional mengatakan vegetasi kering, angin kencang, dan kelembapan rendah memicu kebakaran tersebut.

Kebakaran hutan terjadi setiap tahun di Hawaii, menurut Thomas Smith, profesor geografi lingkungan di London School of Economics and Political Science, tetapi kebakaran tahun ini terjadi lebih cepat dan lebih besar dari biasanya.

Pulau Besar Hawaii juga terkena dampak setidaknya dua kebakaran hutan besar.

Foto: AP

Adegan kehancuran yang berapi-api telah menjadi sangat akrab di tempat lain di dunia musim panas ini. Kebakaran hutan, sering kali disebabkan oleh rekor suhu, telah memaksa evakuasi puluhan ribu orang di Yunani, Spanyol, Portugal, dan bagian Eropa lainnya. Di Kanada bagian barat, serangkaian kebakaran hebat yang tidak biasa telah mengirimkan kepulan asap ke sebagian besar wilayah Amerika Serikat, mencemari udara.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia, didorong oleh penggunaan bahan bakar fosil, meningkatkan frekuensi dan intensitas peristiwa cuaca ekstrem tersebut, setelah mereka telah lama memperingatkan bahwa negara-negara harus mengurangi emisi untuk mencegah bencana iklim.

Diposting di:

11 Agustus 2023