Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kebocoran merusak upaya NASA untuk meluncurkan roket bulan;  Percobaan berikutnya dalam beberapa minggu

Kebocoran merusak upaya NASA untuk meluncurkan roket bulan; Percobaan berikutnya dalam beberapa minggu

CAPE CANAVERAL, Florida (AP) – Roket New Moon NASA menyebabkan kebocoran bahan bakar berbahaya lainnya pada Sabtu, memaksa pengontrol peluncuran untuk membatalkan upaya kedua mereka minggu ini untuk mengirim kapsul kru ke orbit bulan dengan boneka uji. Penerbangan perdana sekarang off selama berminggu-minggu, jika tidak berbulan-bulan.

Upaya Senin sebelumnya untuk meluncurkan roket Space Launch System setinggi 322 kaki (98 meter), roket paling kuat yang pernah dibuat NASA, juga terganggu oleh kebocoran hidrogen, meskipun lebih kecil. Itu di atas kebocoran yang ditemukan selama latihan hitung mundur awal tahun ini.

Setelah kemunduran baru-baru ini, manajer misi memutuskan untuk menarik rudal dari platform ke hanggar untuk perbaikan lebih lanjut dan peningkatan sistem. Beberapa pekerjaan dan pengujian dapat dilakukan di platform sebelum memindahkan rudal. Either way, beberapa minggu kerja akan diperlukan, menurut para pejabat.

Dengan pemadaman peluncuran dua minggu yang menjulang hanya dalam beberapa hari, rudal itu sekarang ditutup hingga akhir September atau Oktober. NASA akan menangani penerbangan astronot SpaceX prioritas tinggi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional yang dijadwalkan awal Oktober.

Administrator NASA Bill Nelson menekankan bahwa keselamatan adalah prioritas utama, terutama pada penerbangan uji seperti ini di mana semua orang ingin memeriksa sistem roket “sebelum kita menempatkan empat manusia di atasnya.”

“Ingat saja: Kami tidak akan menembak sampai semuanya baik-baik saja,” katanya.

NASA sudah menunggu bertahun-tahun untuk mengirim kapsul awak di atas roket mengelilingi bulan. Jika demo enam minggu berhasil, astronot bisa terbang mengelilingi bulan pada 2024 dan mendarat di sana pada 2025. Terakhir kali orang berjalan di bulan adalah 50 tahun yang lalu.

READ  NASA meninjau rencana untuk mengembalikan sampel Mars untuk menggunakan helikopter

Direktur Peluncuran Charlie Blackwell Thompson dan timnya baru saja mulai memuat hampir satu juta galon bahan bakar ke dalam roket SLS saat fajar ketika kebocoran besar terjadi di bagian mesin di bawah.

Pengendali tanah mencoba menghubungkannya dengan cara mereka menangani kebocoran kecil sebelumnya: menghentikan dan mengalirkan kembali hidrogen cair ultra-dingin dengan harapan menjembatani celah di sekitar steker di jalur suplai. Mereka sudah mencobanya dua kali, dan mereka juga mencuci helium melalui saluran. Tapi kebocoran terus berlanjut.

gambar mini video youtube

Blackwell Thompson akhirnya menghentikan hitungan mundur setelah tiga hingga empat jam upaya sia-sia.

Direktur Misi Mike Sarafin mengatakan kepada wartawan bahwa terlalu dini untuk mengetahui apa yang menyebabkan kebocoran, tetapi mungkin karena tekanan berlebihan yang tidak disengaja pada saluran hidrogen di pagi hari ketika seseorang mengirim perintah ke katup yang salah.

“Ini bukan kebocoran yang dapat dikelola,” kata Sarafin, menambahkan bahwa hidrogen yang bocor melebihi batas mudah terbakar dua atau tiga kali.

Selama upaya Senin, serangkaian kebocoran hidrogen kecil muncul di sana dan di tempat lain di roket. Teknisi memperketat perlengkapan selama hari-hari berikutnya, tapi Blackwell-Thompson memperingatkan dia tidak akan tahu apakah semuanya ketat sampai pengisian bahan bakar hari Sabtu.

Molekul hidrogen sangat kecil – terkecil yang pernah ada – dan bahkan celah atau celah terkecil pun dapat memberikan jalan keluar. Pesawat ulang-alik NASA, sekarang pensiun, telah terganggu oleh kebocoran hidrogen. Roket New Moon menggunakan jenis mesin utama yang sama.

Masalah terbesar pada hari Senin adalah bahwa sensor menunjukkan bahwa salah satu dari empat mesin roket terlalu panas, meskipun para insinyur kemudian memverifikasi bahwa itu cukup dingin. Tim peluncuran berencana untuk mengabaikan sensor yang rusak kali ini dan mengandalkan alat lain untuk memastikan setiap mesin utama didinginkan dengan benar. Tapi hitungan mundurnya tidak sampai sejauh itu.

READ  Betapa sulitnya evolusi primata memberi manusia suara yang tidak dimiliki kera | telah berevolusi

Ribuan orang yang memadati pantai selama akhir pekan Hari Buruh yang panjang, berharap melihat roket Sistem Peluncuran Luar Angkasa, kecewa.

Penerbangan uji senilai $ 4,1 miliar adalah langkah pertama dalam program Artemis NASA untuk menjelajahi bulan regeneratif, dinamai saudara kembar Apollo dalam mitologi Yunani.

Setelah bertahun-tahun di belakang jadwal dan miliaran anggaran, Artemis bertujuan untuk membangun kehadiran manusia yang berkelanjutan di bulan, dengan kru akhirnya menghabiskan berminggu-minggu pada suatu waktu di sana. Ini dianggap sebagai tempat pelatihan untuk Mars.

Dua belas astronot berjalan di Bulan selama program Apollo, terakhir kali pada tahun 1972.

___

Departemen Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari Divisi Pendidikan Sains Institut Medis Howard Hughes. AP bertanggung jawab penuh atas semua konten.