Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kejutan pesta ulang tahun di nomor 10

Kejutan pesta ulang tahun di nomor 10

ITV melaporkan bahwa Boris Johnson menghadiri pesta kejutan pada hari ulang tahunnya, 19 Juni.

London:

Pada hari Selasa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menolak tuduhan baru bahwa ia telah melanggar aturan penguncian Covid yang diberlakukan olehnya dengan menghadiri pesta ulang tahun kejutan di Downing Street ketika pertemuan sosial dilarang di dalam ruangan.

Johnson, yang pada 2019 memenangkan mayoritas Konservatif terbesar dalam lebih dari 30 tahun, berusaha untuk meningkatkan jabatan perdana menteri setelah tuduhan bahwa dia dan stafnya terlibat di jantung negara bagian Inggris selama pandemi terburuk dalam satu abad.

Pengungkapan perayaan, termasuk pesta-pesta riuh di Downing Street, kantong-kantong anggur di supermarket, ayunan anak-anak yang rusak, lemari es anggur, dan lelucon oleh staf tentang bagaimana pesta-pesta tersebut disajikan kepada wartawan, telah merusak peringkat persetujuan Johnson.

ITV melaporkan bahwa Johnson menghadiri pesta kejutan pada hari ulang tahunnya, 19 Juni. Hingga 30 orang menghadiri acara di Ruang Kabinet 10, kantor dan kediamannya, menurut ITV.

Sebuah kue disajikan kepada perdana menteri sementara Carey, sekarang istrinya, memimpin para pemeran dalam paduan suara selamat ulang tahun, menurut ITV.

Sekretaris transportasi Johnson, Grant Shapps, mengatakan dia memahami kekhawatiran pemilih tentang laporan semacam itu, tetapi jelas bahwa Johnson tidak mengatur penyajian kue ulang tahun.

“Saya memahami kekhawatiran tentang jenis pelaporan yang kami lihat di halaman depan,” kata Shapps kepada Sky. “Kesalahan dibuat.”

“Hanya untuk memperjelas, jelas bahwa Perdana Menteri tidak mengatur penyajian kue; beberapa orang maju dan berpikir bahwa akan tepat pada hari ulang tahunnya untuk menyajikan kue.”

Johnson menawarkan berbagai penjelasan tentang klaim masa lalu para pihak: pertama dia mengatakan tidak ada aturan yang dilanggar, tetapi kemudian dia meminta maaf kepada orang-orang Inggris atas kemunafikan pertemuan semacam itu.

READ  Presiden Lanka Minta Oposisi Bergabung dengan Pemerintah

Penyelidikan resmi oleh pejabat Kantor Kabinet Sue Gray ke dalam upacara penutupan akan dipublikasikan akhir pekan ini. Shapps mengatakan Gray mengetahui detail pesta ulang tahun itu.

ITV mengatakan salah satu peserta adalah desainer interior Lulu Little, yang sedang merenovasi apartemen Johnson di gedung tersebut. ITV juga mengatakan telah mengetahui bahwa teman-teman keluarga telah dijamu di rumah Perdana Menteri malam sebelumnya.

Kantornya membantah tuduhan ini.

“Ini sama sekali tidak benar,” kata juru bicara itu kepada ITV. “Sesuai dengan aturan pada saat itu, Perdana Menteri menjamu beberapa anggota keluarga di luar malam itu.”

Lytle berkata bahwa dia tidak diundang ke perayaan ulang tahun apa pun tetapi berada di Downing Street hari itu dan sebentar memasuki Ruang Kabinet seperti yang diminta.

Pemimpin Partai Buruh Oposisi Keir Starmer mengatakan Johnson harus pergi.

“Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa kita memiliki seorang perdana menteri yang menganggap aturan yang telah dia tetapkan tidak berlaku untuknya.”

“Kita tidak bisa melanjutkan pemerintahan yang kacau dan tidak memiliki kemudi ini. Perdana menteri adalah gangguan nasional dan dia harus pergi.”

(Kecuali untuk headline, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)