Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kematian global akibat COVID melebihi 5 juta dalam waktu kurang dari dua tahun

Lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia telah meninggal karena Covid-19 kurang dari dua tahun setelah patogen baru didokumentasikan, meskipun ada vaksin yang mengurangi tingkat kematian di seluruh dunia.

Satu juta kematian terakhir yang tercatat datang lebih lambat dari dua sebelumnya. Butuh lebih dari 110 hari untuk beralih dari 4 juta kematian menjadi 5 juta, dibandingkan dengan kurang dari 90 hari untuk mencapai angka 3 dan 4 juta. Angka tersebut kembali ke apa yang terlihat selama tahun pertama epidemi, ketika virus masih berjalan.

Namun, Covid terus membunuh ribuan orang setiap hari. Miliaran lainnya tetap tidak divaksinasi baik karena mereka kekurangan vaksinasi atau tidak mau menerimanya, membuat mereka rentan terhadap infeksi yang menjadi lebih serius dari waktu ke waktu. Penularan virus terus berlanjut, didorong oleh munculnya tipe delta yang lebih menular.

AS sendiri bertanggung jawab atas 14% dari 1 juta kematian terakhir – tertinggi dari negara lain mana pun. Rusia menyumbang 10% dari total, sementara Indonesia dan Brasil menyumbang 8%.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa epidemi belum berakhir. Dunia telah melalui tiga gelombang besar infeksi Covid, dan tingkat kematian secara bertahap menurun dengan setiap gelombang berturut-turut.

Banyak negara mulai membuka kembali ekonomi mereka, melonggarkan pembatasan epidemi dan terlibat kembali dengan seluruh dunia karena mereka menerima bahwa virus itu sekarang endemik. Namun, kekebalan yang diperoleh dari vaksinasi akan diuji dalam beberapa bulan mendatang, karena vaksinator di belahan bumi utara menghadapi musim dingin penuh pertama mereka sejak menerima suntikan.

Setiap negara, dan terkadang wilayah individu di dalam negara, menghadapi situasi uniknya sendiri. Kasus meningkat lagi, bahkan di tempat-tempat yang sangat divaksinasi seperti Inggris dan Belgia.

READ  Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan untuk memfasilitasi pasokan komponen vaksin ke India dan lainnya

Di negara-negara di mana tingkat vaksinasi tertinggal, situasinya bahkan lebih buruk. Ketika kematian akibat virus Covid melonjak ke tingkat rekor di Rusia, orang tua yang tidak divaksinasi di Moskow telah diminta untuk tinggal di rumah. Rumania kehabisan tempat tidur perawatan intensif, sementara Latvia kembali ke keadaan krisis penuh, dengan restoran, tempat pangkas rambut, dan sekolah ditutup.

ikut serta dalam Buletin mint

* Masukkan email yang tersedia

* Terima kasih telah berlangganan buletin kami.

Jangan lewatkan cerita apapun! Tetap terhubung dan terinformasi dengan Mint. Unduh aplikasi kami sekarang!!