Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kenaikan harga listrik. Perdana Menteri: Alasannya adalah spekulasi dan ketergantungan banyak negara pada Gazprom

Hari kedua dan terakhir dari KTT Dewan Eropa di Brussel, yang berakhir pada hari Jumat, dikhususkan untuk, antara lain, harga energi di Uni Eropa. Kepala Negara dan Pemerintah ingin Komisi Eropa menyelidiki operasi pasar gas dan listrik dan sistem perdagangan emisi karbon dioksida di Uni Eropa.

Pada pertemuan puncak itu, Polandia diwakili oleh Perdana Menteri Mateusz Morawiecki, yang, setelah kembali ke negaranya, melakukan konferensi pers. Seperti yang dia akui, harga gas telah naik “beberapa kali” baru-baru ini, yang menyebabkan kenaikan lain – kali ini biaya penggunaan listrik.

Lihat: Ursula von der Leyen: Tidak akan ada mekanisme bersyarat terhadap Polandia dan Hongaria sebelum keputusan CJEU

Kenaikan harga listrik telah menjadi masalah di Eropa. Kepala pemerintahan mengatakan bahwa itu mempengaruhi harga marjinal produk di banyak industri, dan ini, pada gilirannya, berarti bahwa daya saing Polandia dan industri Eropa lainnya melemah, yang mengarah pada penurunan peluang ekspor.

Morawiki: Dikte Putin tentang harga gas adalah kenyataan

Dia menyatakan bahwa kenaikan itu memiliki “dua sumber utama”. Dia adalah orang pertama yang menyebutkan “ketergantungan yang berlebihan dari beberapa negara di pasar gas di Rusia.” Saya telah memperingatkannya berkali-kali, jadi saya sangat puas bahwa saya benar tentang harga dan aturan politik yang digunakan Vladimir Putin. Ini adalah fakta – dikonfirmasi.

Perdana Menteri mengatakan bahwa Polandia “melaporkan selama KTT Uni Eropa tentang perlunya melakukan penyelidikan terhadap kegiatan Gazprom yang mungkin menaikkan harga gas.” – Kami meminta Komisi Eropa untuk langkah-langkah untuk mencegah pertumbuhan lebih lanjut – katanya.

Moraviki juga berbicara tentang alasan kedua kenaikan harga energi. Menurutnya, ini adalah “spekulasi di pasar untuk hak emisi karbon dioksida.”

READ  Proyek Restrukturisasi Sektor Energi - Pengumuman oleh Jacek Sasin

– Beberapa tahun yang lalu hak-hak ini berharga 5 euro, lalu 10 atau 15 euro. Dia mencatat bahwa kenaikan harga mereka telah menjadi drastis dalam 12-18 bulan terakhir, yang pada saat yang sama merupakan hasil dari beberapa jenis harapan, tetapi juga hasil dari spekulasi.

Kepala pemerintahan memperingatkan “menghilangnya pekerjaan” di Uni Eropa

Seperti yang ditambahkan perdana menteri, spekulasi yang disebutkan di atas terdiri dari fakta bahwa “perusahaan tidak hanya menjadi entitas di pasar untuk tunjangan emisi karbon dioksida, tetapi juga lembaga eksternal.”

Harga hak-hak ini telah dinaikkan menjadi lebih dari 60 euro, yang pada gilirannya berkisar antara 20 dan 25 persen. Efek pada peningkatan biaya megawatt per jam – menurut itu.

Lihat: Perdana Menteri: Momok krisis energi sebagai ujian bagi Uni Eropa

Morawiecki percaya bahwa kenaikan harga listrik akan memungkinkan untuk melihat “hilangnya pekerjaan” di Uni Eropa dan masalah “mendasar” lainnya di kuartal mendatang.

Kepala pemerintahan Polandia juga merujuk pada perselisihan yang sedang menunggu antara Polandia dan lembaga-lembaga Uni Eropa, tetapi juga antara hukum, keadilan dan oposisi mengenai hubungan antara hukum Uni Eropa dan hukum nasional.

– Beberapa orang tampaknya lupa bahwa kami bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004 berdasarkan Konstitusi, yang memberikan beberapa hak istimewa kepada perjanjian internasional, bahkan yang sangat luas, yang sebenarnya merupakan bagian dari kehidupan ekonomi kami, tetapi pada saat yang sama tidak demikian. tak terbatas – katanya.

Morawiecki: Orang Polandia adalah salah satu masyarakat yang paling pro-Eropa

Dia menambahkan bahwa bidang-bidang seperti olahraga, kesehatan dan keselamatan masyarakat, termasuk keamanan perbatasan, tidak tercakup dalam “tema UE”.

READ  Mobil terbang dari Slovakia! Produksi dimulai tahun depan :: Magazyn :: RMF FM

– Ini cukup jelas, tetapi saya menyadari fakta bahwa harus diingat baru-baru ini bahwa Federasi bekerja dalam batas-batas kekuasaan yang diberikan – tegas Moraviki.

Lihat: Survei CBOS: 90 persen. responden mendukung keanggotaan UE

Dia menekankan bahwa Polandia adalah salah satu masyarakat yang paling pro-Eropa, dan negara kita tidak hanya percaya pada Uni Eropa, tetapi juga pada komunitas transatlantik.

– Saya percaya pada perjanjian negara-negara demokratis demi menstabilkan situasi di dunia, memastikan perdamaian dan, tentu saja, kondisi ekonomi terbaik untuk pengembangan warga kita – kata Perdana Menteri.

Pada pertemuan puncak tentang imigran. “Sebagian besar menerima posisi Polandia”

Mateusz Morawiecki juga mengatakan bahwa selama perdebatan tentang imigrasi, posisi Polandia pada situasi di perbatasan dengan Belarus “mendapat dukungan penuh.”

– Saya senang suara peringatan kami bukanlah suara tangisan di hutan belantara, melainkan teori yang berlaku selama bertahun-tahun. Kepala pemerintahan menekankan bahwa tesis belum populer, tetapi pasti berlaku di Dewan Eropa.

Lihat: Penjaga perbatasan: Polandia adalah negara transit, para migran sedang menunggu untuk dipindahkan ke Jerman dan Prancis

Dia juga menambahkan, “Polandia selalu memegang posisi bahwa perbatasan luar Uni Eropa harus dilindungi secara memadai.” – Dan posisi seperti itu telah diadopsi oleh sebagian besar negara – kata Morawiecki.

Dia menyatakan bahwa “tidak ada suara yang mempertanyakan siapa penulis sebenarnya dari upaya untuk mengacaukan situasi di perbatasan timur Polandia.” – Sesuai dengan harapan kami, Dewan Eropa tidak akan menerima upaya apa pun oleh negara ketiga untuk secara efektif memanfaatkan gerakan migrasi untuk menekan perbatasan UE – kata Moraviki.

hlk / wka / Polsatnews.pl / Berita Polsat / PAP

READ  2 saham pertumbuhan untuk sepuluh tahun ke depan

Baca lebih lajut