Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kepala BBC Tim Davie berbicara di tengah perselisihan dengan Gary Lineker;  Rishi Sunak juga bereaksi |  berita Dunia

Kepala BBC Tim Davie berbicara di tengah perselisihan dengan Gary Lineker; Rishi Sunak juga bereaksi | berita Dunia

Direktur jenderal BBC Tim Davie mengatakan dia tidak akan mengundurkan diri di tengah kritik atas pengecualian pembawa acara Match of the Day Gary Lineker karena mengkritik pemerintah Inggris yang dipimpin oleh Rishi Sunak atas rencananya untuk menghentikan migran melintasi Selat dengan perahu kecil.

“Semua orang ingin menyelesaikan situasi dengan tenang,” kata Davey kepada BBC dalam sebuah wawancara.

Lineker terpaksa “mundur” dari tugasnya di acara utama Liga Premier setelah menuduh pemerintah Inggris menggunakan retorika era Nazi untuk menangani imigrasi ilegal.

Pratinjau akhir pekan menunjukkan Fokus Sepak Bola dan hasil menunjukkan Skor Akhir juga telah ditarik dari jadwal, sementara liputan BBC Radio 5Live telah terganggu, lapor AFP.

Ketika ditanya apakah dia harus mengundurkan diri karena krisis, Davey menjawab, “Sama sekali tidak.”

“Menurut saya, tugas saya adalah melayani pembayar biaya lisensi dan menghadirkan BBC yang benar-benar berfokus pada keluaran yang luar biasa dan tidak memihak pada tingkat kelas dunia, dan saya berharap dapat menyelesaikan situasi ini dan berharap dapat mewujudkannya.”

“Untuk lebih jelasnya, kesuksesan bagi saya adalah kembalinya Gary ke dunia penyiaran dan bersama-sama kami memberikan liputan olahraga kelas dunia kepada penonton yang, seperti yang saya katakan, saya minta maaf tidak dapat kami sampaikan hari ini,” kata Davie.

BBC mengatakan Lineker, pencetak gol terbanyak keempat Inggris sepanjang masa, telah melanggar pedoman ketidakberpihakan dan perusahaan akan mencari “posisi yang disepakati dan jelas tentang penggunaan media sosialnya” sebelum kembali ke layar.

READ  Apa Operasi Unicorn, yang diaktifkan setelah kematian Ratu Elizabeth II?

Apa kontroversi tentang Gary Lineker?

Kontroversi dipicu oleh tanggapan Lineker terhadap video di mana Menteri Dalam Negeri Suela Braverman mengungkapkan rencana untuk mencegah migran menyeberangi Selat dengan perahu kecil.

Lineker, bintang bayaran tertinggi BBC, men-tweet: “Ini adalah kebijakan yang sangat keras yang diarahkan pada yang paling rentan dengan bahasa yang tidak berbeda dengan yang digunakan oleh Jerman pada tahun 1930-an.”

Pemerintah Konservatif menyebut perbandingan Lineker dengan Nazi ofensif dan tidak dapat diterima, dan beberapa anggota parlemen mengatakan dia harus dipecat.

Dalam pernyataannya, Sunak menggandakan rencana pemerintah untuk mencegah orang melakukan perjalanan berbahaya melintasi Selat Inggris dengan perahu kecil, mengatakan itu adalah satu-satunya cara untuk “mematahkan sekali dan untuk semua siklus kesengsaraan ini”.

BBC mengatakan pada hari Jumat bahwa Lineker akan “mengambil langkah mundur” dari “pertandingan hari ini” sampai memiliki “posisi yang disepakati dan jelas dalam penggunaan media sosialnya”.

Lineker belum berkomentar secara terbuka, dan pada hari Sabtu dia pergi ke kampung halamannya di Leicester untuk menonton pertandingan Leicester City melawan Chelsea di Liga Premier Inggris. Ia disambut sorak sorai penonton saat tiba di pertandingan yang dimenangi Chelsea 3-1 itu.

Rishi Sunak berharap menemukan solusi

Sementara itu, Perdana Menteri Sunak berharap kebuntuan antara Lineker dan BBC dapat “diselesaikan pada waktunya”. Keputusan BBC menyebabkan malapetaka dengan program olahraga yang dijadwalkan di siaran televisi dan radio BBC.

“Gary Lineker adalah pesepakbola yang fantastis dan pembawa acara yang berbakat. Saya berharap situasi saat ini antara Gary Lineker dan BBC dapat diselesaikan pada waktunya, tetapi itu adalah hak mereka, bukan pemerintah,” kata Sunak dalam sebuah pernyataan.

READ  Lebih dari 4 Juta Pengungsi Ukraina Melarikan Diri dari Perang, Kata PBB

Jadwal Olahraga Sabtu BBC Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara juga telah direvisi.

(Dengan masukan dari AFP dan Reuters)