SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Kepala Dinas di Batam Bisa Kantongi Rp23 Juta

  • Reporter:
  • Rabu, 29 Maret 2017 | 13:26
  • Dibaca : 574 kali
Kepala Dinas di Batam Bisa Kantongi Rp23 Juta
ilustrasi

BATAM KOTA – Penghasilan pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemko Batam kini bisa bertambah setiap bulannya. Hal ini seiring dengan penghapusan honor dalam setiap kegiatan di lingkungan Pemko Batam yang dialihkan sebagai insentif kinerja bagi seluruh PNS. Insentif tertinggi, seorang PNS bisa membawa pulang uang hingga Rp23 juta tiap bulannya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Batam, Abdul Malik mengatakan, untuk PNS eselon II atau setingkat kepala dinas bisa mendapat Rp11-23 juta. “Disesuaikan beban kerja masing-masing, yang dapat Rp 23 juta itu yang mengelola anggaran Rp300 miliar ke atas,” ujarnya di Batam Centre, Selasa (28/3).

Sementara untuk eselon III bisa mendapat insentif beban kerja itu dari Rp8-18 juta. Sedangkan untuk eselon IV mulai dari Rp4 juta sampai Rp10 juta. “Untuk honorer gaji saja,” katanya.

Pemberian insentif beban kerja itu, sambungnya, merupakan pecutan agar PNS terus meningkatkan kinerja masing-masing. Agar pemberian insentif tepat sasaran, Pemko Batam sudah mengatur pemberian insntif sesuai capaian kerja. “Ini kebijakan Wali Kota yang sudah dibuat aturannya,” kata Malik.

PNS yang menerima 100 persen insentif itu adalah mereka yang mampu mencapai kinerja 75-100 persen. Jika capaian hanya 50-74 persen insentif akan dibayarkan 75 persen saja. “Kalau kinerjanya 25-49 dibayar 50 persen. sedangkan kinerjanya 25 persen dibayar 40 persen,” ujarnya.

Aturan ini tentu diharapkan diiringi peningkatan kinerja masing-masing PNS di lingkungan Pemko Batam. Adapun anggaran yang digunakan merupakan anggaran untuk honor kegiatan. Karena dianggap tak merata, kini dijadikan sebagai tambahan insentif beban kerja. “Dulu yang menikmati hanya pemegang kegiatan,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, penghapusan honor kegiatan dinilai tepat untuk mensejahterakan PNS secara keseluruhan. “Kalau honor kegiatan, cuma panitia atau yang terlibat kegiatan saja yang dapat,” kata Rudi.

Hal ini juga sebagai upaya penghematan anggaran karena untuk honor kegiatan ini bisa mencapai puluhan miliar, pihaknya mampu menghemat separuh anggaran honor kegiatan yang kini dijadikan sebagai insentif PNS. “Ini bentuk keadilan juga untuk semua PNS Batam,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com