Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin dalam daftar penumpang pesawat yang jatuh: agen Rusia

Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin dalam daftar penumpang pesawat yang jatuh: agen Rusia

Dalam gambar dari video yang dirilis pada 21 Agustus 2023, Yevgeny Prigozhin, pemilik perusahaan militer Wagner Group, berbicara ke kamera di lokasi yang tidak diketahui. | Sumber gambar: ap

Kantor berita negara Rusia hari ini, Rabu, melaporkan bahwa Yevgeny Prigozhin, ketua kelompok Wagner yang memimpin pemberontakan melawan tentara Rusia pada Juni lalu, termasuk dalam daftar penumpang pesawat yang jatuh.

“Pesawat yang jatuh di wilayah Tver termasuk Yevgeny Prigozhin di antara penumpangnya,” menurut badan penerbangan Rusia “Rosaviatsia”. RIA Novosti dan Interfax mengeluarkan laporan serupa.

Ada 10 orang di dalamnya, termasuk 3 awak.Kementerian Darurat Rusia baru-baru ini mengumumkan bahwa, menurut informasi awal, semua penumpang di dalamnya telah tewas.

Sekitar pukul 17.00 GMT, kementerian mengumumkan bahwa “pesawat pribadi Embraer Legacy yang terbang dari Moskow ke St. Petersburg jatuh di dekat desa Kozkino di wilayah Tver.”

Dia sedang melakukan pencarian.

Video di saluran Telegram yang terkait dengan Wagner menerbitkan rekaman – yang tidak dapat dikonfirmasi secara independen oleh AFP – menunjukkan puing-puing pesawat terbakar di sebuah lapangan.

Pada bulan Juni, Prigozhin memimpin pemberontakan jangka pendek melawan tentara konvensional Rusia, ketika ribuan tentara bayaran mengangkat senjata dan berbaris dari Rusia selatan menuju Moskow dengan tujuan menggulingkan para pemimpin militer negara tersebut.

Pemberontakan berakhir dengan kesepakatan yang ditengahi oleh pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko, di mana Prigozhin diperkirakan akan pindah ke negara tetangga Belarusia bersama beberapa anak buahnya.

Sejak itu dia menolak menyerahkan komando Wagner, namun lebih banyak menghindari perhatian publik.

Pada hari Senin, sebuah video muncul di Afrika, berjanji untuk menjadikannya “lebih bebas”.

READ  Tonton: Pendukung Donald Trump 'menikmati' kejatuhan Joe Biden. tanggapan mereka | berita Dunia