Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kereta gunung Swiss baru yang menakjubkan yang dapat melompati rel

Kereta gunung Swiss baru yang menakjubkan yang dapat melompati rel

(CNN) – Menggabungkan gaya dan kenyamanan dengan keunggulan teknis abad ke-21, perjalanan kereta panorama terbaru Swiss akhirnya lepas landas pada 11 Desember – tiga tahun setelah direncanakan dan 150 tahun setelah pertama kali diusulkan.

Golden Pass Express (GPX) yang baru akan langsung menghubungkan tiga tujuan wisata paling penting di negara itu: Montreux, Gstaad, dan Interlaken, rute khusus yang dimungkinkan oleh kereta api baru yang revolusioner yang mampu mengubah skala rodanya dan ketinggian badan gerbongnya . .

Berkat desain kereta baru yang unik, penumpang dapat tetap duduk dengan nyaman selama tiga setengah jam perjalanan, membenamkan diri dalam pemandangan yang selalu berubah melalui jendela panorama yang sangat besar.

Perjalanan yang menakjubkan, dengan beberapa danau terindah di Eropa, lembah terpencil, dan lintasan gunung yang tinggi, melewati perbatasan Swiss tengah, mengikuti jalur perdagangan yang telah ada sejak Abad Pertengahan.

Hasilnya adalah perjalanan yang benar-benar tak terlupakan bagi para pelancong, tetapi selalu menjadi tugas yang menantang bagi insinyur dan operator kereta api.

Sejauh ini, konsep Golden Pass Express sebagian besar merupakan latihan pemasaran untuk tiga perusahaan kereta api yang berpartisipasi, yang menghubungkan lokasi wisata Montreux, Interlaken, dan Lucerne tetapi membutuhkan dua kali pergantian kereta.

Alhasil, GPX tidak menangkap imajinasi wisatawan dengan cara legendaris yang sama Gletser Ekspres.

Mulai Desember salah satu interupsi ini akan dibatalkan, dan Kereta Api Montreux-Oberland-Bernois (MOB) yakin bahwa kereta GPX panoramik barunya akan meningkatkan popularitas rute tersebut, terutama dengan pengunjung internasional yang menginginkan pengalaman yang mulus.

Hanya dalam beberapa detik, kereta dapat beralih dari pengukur meteran MOB ke pengukur standar Swiss 1435 mm, menghilangkan kebutuhan untuk mengganti kereta saat melewati penumpang. Antara Zweisimmen dan Interlaken, kereta berjalan di jalur Bern Lotschberg Simplon (BLS), kereta api swasta terbesar di Swiss.

Kereta yang dapat mengubah ukuran (jarak antara rodanya) bukanlah hal baru – kereta Talgo Spanyol telah dapat beralih antara ukuran standar (1435mm) dan trek Iberia yang lebih luas selama beberapa dekade, tetapi kereta GPX memiliki tingkat kerumitan ekstra yang menjadikannya dunia pertama.

pengalaman mendalam

Kereta baru akan mulai beroperasi pada Desember 2022.

massa

Selain perubahan skala, van lanjutan di bawah setiap gerbong menaikkan tinggi badan agar sesuai dengan platform stasiun BLS yang lebih tinggi.

Perubahan ukuran difasilitasi oleh desain truk dengan dua rangka setengah, yang dapat meluncur ke samping 435 mm relatif satu sama lain. Untuk melakukan ini, mereka dilengkapi dengan dua pasang roda independen tanpa poros di antara kedua sisi gerbong.

READ  Transformasi keuangan Inggris mendorong peningkatan

Gerbong elegan ini merupakan kolaborasi antara pembuat kereta Swiss Stadler, raksasa transportasi global Alstom, yang merancang dan membangun gerbong pengukur variabel, dan studio desain legendaris Italia Pininfarina.

Terutama dikenal karena kreasi otomotifnya, dari Ferrari hingga Peugeot, Pininfarina bukanlah hal baru dalam industri kereta api. Dia bertanggung jawab atas eksterior kereta berkecepatan tinggi Italia ETR500, skema warna eksterior untuk Eurostar, dan pada tahun 1993 Pininfarina dan MOB bekerja sama pada kereta generasi sebelumnya yang dikenal sebagai Crystal Panoramic Express.

“Harus berurusan dengan standar keselamatan baru telah memacu kreativitas kami, bukan kendala,” kata Alfredo Palma, Manajer Proyek Desain Pininfarina.

“Di setiap proyek, baik itu otomotif, transportasi, atau arsitektur, tujuan kami adalah menciptakan objek yang indah sambil mengatasi rintangan teknis atau organisasi. Dengan MOB, kami telah menciptakan kereta yang memberikan pengalaman perjalanan yang imersif, selaras sempurna dengan keindahan alam. alam sekitarnya.”

Dengan biaya $93,5 juta (89 juta franc Swiss) hanya untuk 23 kendaraan, ini merupakan solusi yang mahal untuk masalah sejak 150 tahun yang lalu, ketika layanan langsung antara Montreux dan Interlaken pertama kali diusulkan.

Namun, biaya ini akan dibandingkan dengan manfaat nyata dari penyediaan layanan langsung yang lebih nyaman – dan kemungkinan besar Anda akan menarik penumpang tambahan. Banyak dari penumpang ini akan menjadi pengunjung internasional dari Amerika Utara dan Asia, yang terbiasa membayar tarif premium untuk menikmati lanskap pegunungan Swiss terbaik melalui jalur kereta api yang tak terhitung jumlahnya.

tantangan teknologi

GPX Rougemont

Kereta api ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pariwisata di Swiss.

massa

Terlepas dari penundaan yang disebabkan oleh masalah manufaktur dan pandemi Covid-19, MOB dan mitranya – BLS, kanton Bern, Fribourg dan Vaud serta Kantor Transportasi Federal Swiss – percaya bahwa investasi tersebut akan memberikan kontribusi langsung bagi perekonomian kawasan.

“Dengan Golden Pass Express, kami menghadapi tantangan teknis yang luar biasa saat kami beralih dari skala sempit ke skala standar,” kata George Oberson, MOB General Manager.

“Kami juga ingin kereta wisata ini indah dan elegan. Itu sebabnya kami menugaskan Pininfarina, salah satu firma desain paling terkenal di dunia.”

Penumpang dapat memilih dari tiga kelas – kelas dua, kelas satu atau, untuk 28 orang yang beruntung per penerbangan, kursi kulit mewah di kelas Prestige. Penumpang Kelas Utama dan Prestige dapat memesan layanan makanan dan minuman produksi lokal di kursi untuk menyempurnakan penerbangan.

READ  Amerika Serikat mengevakuasi 4 warganya dari Afghanistan untuk pertama kalinya sejak penarikan

Awalnya, kereta GPX baru akan berangkat dari Montreux ke Interlaken dan sebaliknya hanya sekali sehari, berangkat dari Montreux pada pukul 09:35 dan Interlaken pada pukul 09:08.

Mulai 11 Juni 2023, layanan akan meningkat menjadi empat perjalanan pulang pergi per hari, berangkat dari Montreux pada pukul 07.35, 09.35, 12.35, dan 14.35 dan kembali pada pukul 09.08, 11:00: 08:00 dan 14:08 dan 16:08

Pemandangan menakjubkan

Kereta dimulai dari Montreux di tepi Danau Jenewa.

Kereta dimulai dari Montreux di tepi Danau Jenewa.

FABRICE COFFRINI/AFP via Getty Images

Apa yang bisa diharapkan wisatawan dari perjalanan GPX, dan bagaimana perbandingannya dengan kereta wisata pemandangan lainnya?

Menuju ke timur, perjalanan dimulai di tepi Danau Jenewa di kota cantik Montreux – rumah bagi Festival Jazz yang terkenal di dunia serta generasi musisi dan seniman. Objek wisata selama lebih dari 150 tahun, tetap sangat populer dengan pengunjung internasional dan basis ideal untuk menjelajahi Swiss barat dan tengah.

Dari stasiun pusat kota, kereta MOB dengan cepat mendaki lereng gunung, pemandangan danau yang indah bergeser dari satu sisi ke sisi lain saat kereta melewati serangkaian putaran 180 derajat melalui kebun anggur untuk mencapai ketinggian.

Pada akhirnya, ketika tidak bisa mendaki lebih jauh, antrean menukik ke Terowongan Jaman sepanjang 2,5 kilometer, yang akhirnya muncul ke Lembah Hungryn yang megah di pedesaan Gruyeres – terkenal dengan sapi perah serta keju dan cokelat yang dibuat dari susunya.

Pegunungan yang menjulang tinggi menjulang di atas lembah hijau yang subur saat angin MOB bertiup melintasi tanah pertanian yang terawat dengan baik dan desa-desa pegunungan yang elegan.

Setelah meninggalkan stasiun persimpangan Montbovon, jalur mulai menanjak lagi, melewati Chateau d’Oex untuk mencapai resor Gstaad yang terkenal di dunia – taman bermain musim dingin tua untuk orang kaya dan terkenal.

Komuter dapat terhubung ke kereta api yang melaju di sisi utara Eiger ke Jungfraujoch, stasiun kereta api tertinggi di Eropa.

Komuter dapat terhubung ke kereta api yang melaju di sisi utara Eiger ke Jungfraujoch, stasiun kereta api tertinggi di Eropa.

Nicholas Ratzenbock/AFP melalui Getty Images

Setelah melintasi perbedaan bahasa antara kanton Vaud yang berbahasa Prancis dan kanton Bern, di mana Swiss dan Jerman mendominasi, rel kereta api melewati negara tinggi yang jarang penduduknya ke atas garis sebelum melewati serangkaian putaran di Zweisimmen.

Sebelumnya, penumpang GPX akan beralih dari kereta MOB panoramik mereka ke kereta BLS yang lebih besar dan lebih tradisional untuk melanjutkan perjalanan mereka, tetapi sekarang mereka dapat bersantai di kursi mereka saat kereta melewati peralatan pengubah ukuran yang rumit di baris berikutnya.

READ  Dewan Keamanan melunakkan pernyataannya tentang Ukraina, membuka jendela

Seperti namanya, Zweisimmen berdiri di pertemuan dua lengan Sungai Simme – Gross Simme dan Klein Simme. Rute kami mengikuti Unified River ke utara dan kemudian ke timur melalui Simmental yang indah sejauh 35 kilometer, untuk mencapai tepi Danau Thun di Spiez.

Spiez adalah persimpangan kereta api utama tempat rute kami melintasi jalur utama internasional dari Basel dan Bern ke Italia melalui terowongan Lötschberg dan Simplon.

Daytrippers dapat berganti ke sini untuk menikmati perjalanan wisata melintasi jalan pegunungan Lötschberg yang murni ke Brig di Lembah Rhone sebelum langsung kembali ke Montreux.

Perjalanan yang tak terlupakan

Kota Gstaad terletak di jalan GPX.

Kota Gstaad terletak di jalan GPX.

FABRICE COFFRINI/AFP via Getty Images

Namun GPX terus berlanjut di sepanjang Danau Thun, secara bertahap turun ke tepi air untuk mencapai tujuannya dan objek wisata asli di Swiss – Interlaken.

Dalam tradisi literal dari banyak nama tempat di Jerman, Interlaken persis seperti itu – sebuah kota yang terletak di sebidang tanah kering yang sempit di antara dua danau terbesar di Swiss – Danau Thun dan Danau Brienz.

Destinasi populer dalam dirinya sendiri, itu juga merupakan titik awal untuk beberapa perjalanan paling berkesan di Swiss – tidak terkecuali perjalanan tiga tahap melintasi sisi utara Eiger ke Jungfraujoch – stasiun kereta api tertinggi di Eropa dengan ketinggian 3.454 meter (11.332 kaki) .

Anda juga dapat melanjutkan perjalanan panorama Zentralbahn ke Luzern melalui Meiringen dan Brunig Pass. Meiringen adalah “harus melihat” untuk penggemar Sherlock Holmes, dekat Air Terjun Reichenbach, di mana pahlawan dan musuh Arthur Conan Doyle jatuh ke kematian mereka.

Seperti kebanyakan kereta api berpemandangan indah di Eropa, MOB sangat bergantung pada pariwisata. Selama tiga tahun terakhir, telah terpukul keras oleh pembatasan perjalanan internasional dan tidak adanya pengunjung dari pasar utama di Asia. Menurut survei terbaru, jumlah penumpang diperkirakan tidak akan kembali ke level sebelum Covid hingga paling cepat tahun 2024.

Namun, dengan kereta GPX baru yang menakjubkan, MOB telah menciptakan daya tarik tambahan pada rute Golden Pass yang tidak diragukan lagi akan memungkinkan banyak pengunjung baru untuk merasakan permata perjalanan yang diremehkan ini.

Kredit gambar teratas: MOB